Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruBuah yang Bagus untuk Jantung, Ini Pilihannya!

Buah yang Bagus untuk Jantung, Ini Pilihannya!

Buah yang bagus untuk jantung kaya dengan nutrsi penting untuk menjaga fungsi dan kerja organ vital ini. Dengan menjaga fungsi jantung, maka akan membuat seluruh organ tubuh lainnya akan ikut terjaga kesehatannya.

Menjaga kesehatan jantung juga bisa kita lakukan dengan mengonsumsi buah secara rutin. Selain itu, tentunya juga harus kita barengi dengan melakukan olahraga secara rutin dan tidak merokok.

Namun tidak semua jenis buah baik untuk kesehatan jntung. Ada beberapa jenis buah yang memang baik untuk jantung dan perlu kita konsumsi secara rutin untuk menjaga jantung tetap sehat.

Daftar Buah yang Bagus untuk Jantung

Mengenai apa saja jenis buah yang bagus untuk jantung bisa Anda temukan pada ulasan berikut ini. Anda juga bisa menjadikannya sebagai daftar menu konsumsi harian untuk menjaga kesehatan Anda!

Buah Apel

Buah apel termasuk salah satu jenis buah yang dapat melindungi jantung. Selama ini buah apel juga terbukti menjadi salah satu jenis buah yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Malaria

Apel yang setiap hari kita konsumsi selama satu bulan akan menghindarkan orang yang mengonsumsinya tersebut dari resiko terbentuknya sumbatan pada area pembuluh darah sampai dengan 40 persen.

Buah Sitrus

Sitrus juga termasuk jenis buah yang bagus untuk jantung. Beberapa jenis buah yang tergolong ke dalam buah sitrus seperti buah jeruk, lemon, jeruk limau, jeruk nipis dan juga pomelo.

Kandungan serat dan juga antioksidan flavonoid yang cukup besar dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan buah ini juga baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Selain itu, buah ini juga sangat baik kita konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Berfungsi mencegah terbentuknya plak yang nantinya dapat menyumbat pembuluh darah pada jantung.

Buah Anggur Merah

Jenis buah yang bagus untuk jantung lainnya adalah anggur merah. Senyawa resveratrol pada buah ini banyak kita temukan pada bagian kulitnya. Senyawa ini pula yang berguna memberikan warna merah keunguan pada buah anggur.

Baca Juga : Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Jantung dan Bikin Awet Muda

Kandungan senyawa resveratrol pada buah anggur merah sendiri memiliki sifat antioksidan yang cukup tinggi. Ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada jantung.

Selain itu, jika kita konsumsi secara rutin maka buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta membantu mengatasi peradangan sekaligus.

Buah Pisang

Kandungan vitamin C, vitamin B6 dan kalium pada buah pisang sangat tinggi. Khasiat kandungan tersebut pada buah pisang ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan garam atau natrium dalam jumlah yang rendah. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi tersebut juga sekaligus dapat membantu dalam proses pengendalian tekanan darah.

Karena itu, mengonsumsi buah yang bagus untuk jantung sangat baik supaya tekanan darah selalu stabil. Dengan demikian, resiko terkena penyakit jantung akan berkurang dan dapat kita cegah.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan dan Berkhasiat Cegah Penyakit Jantung, Kanker Hingga Diabetes

Buah Beri

Beberapa jenis buah yang tergolong ke dalam buah beri antara lain strawberry, raspberry, dan juga blueberry. Dalam buah ini terdapat kandungan antioksidan berupa antosianin yang mampu memberi warna merah dan biru.

Antosianin menjadi senyawa yang mampu menjaga kelenturan pembuluh darah, menstabilkan tekanan darah, serta mengurangi terjadinya peradangan. Sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dengan khasiat tersebut, buah beri menjadi salah satu buah yang sangat baik dalam proses pemulihan setelah sakit jantung. Sekaligus mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung kembali pada penderita sakit jantung.

Buah Delima

Dalam sejumlah penelitian menemukan bahwa, mengonsumsi buah atau jus buah delima setiap hari selama kurang lebih 3 bulan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke jantung.

Hal ini terjadi karena buah delima mengandung banyak antioksidan, antosianin, dan polifenol sekaligus. Semua kandungan tersebut dapat menjaga kelenturan pembuluh darah serta mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Itulah berbagai jenis buah yang bagus untuk jantung. Konsumsi secara rutin berbagai buah tersebut dan dapatkan manfaat sehatnya untuk jantung Anda. Variasikan menu buahnya agar manfaatnya lebih optimal. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -