Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruBug iOS 15 Muncul Setelah Beberapa Hari Rilis, Ada Apa?

Bug iOS 15 Muncul Setelah Beberapa Hari Rilis, Ada Apa?

Bug iOS 15 berhasil lolos dari pengujian beta. Seperti yang kita ketahui, beberapa hari yang lalu Apple resmi meluncurkan iOS 15. Akan tetapi sejumlah pengguna melaporkan adanya sejumlah temuan bug pada sistem operasi tersebut. Bahkan laporan ini cukup viral di berbagai media sosial terkait dengan penyimpanan dalam perangkat.

Baca juga: Fitur iOS 15 iPhone Resmi Rilis, Bagaimana Cara Updatenya?

Dalam hal ini, sejumlah pengguna Twitter melaporkan bahwa setelah melakukan adanya pembaharuan pada iOS 15, terdapat pemberitahuan yang menyebutkan “penyimpanan iPhone hampir penuh”. Hal ini terjadi bahkan pada saat iPhone mereka masih mempunyai sisa penyimpanan yang cukup.

Masalah Bug iOS 15 Lolos dari Pengujian Beta

Dilansir dari Gadgedsnow pada Jum’at 24 September 2021 lalu, para pengguna memperoleh pesan peringatan “‘iPhone Storage Almost Full” pada kolom pengaturan.

Padahal ponsel yang mereka gunakan masih mempunyai ruang penyimpanan yang cukup. Ini terjadi setelah mereka berhasil update iOS 15 yang resmi meluncur beberapa hari lalu.

Pada forum Apple Support Comunities, terdapat beberapa pengguna yang menyebutkan bahwa notifikasi tersebut tidak dapat mereka hapus. Apabila notifikasi tersebut mereka klik, maka mereka akan langsung diarahkan pada opsi iPhone Storage untuk melihat sisa ruang penyimpanan yang masih tersedia.

Selanjutnya, beberapa pengguna pun melaporkan bahwa kapasitas penyimpanan yang tersedia pada perangkat mereka pun melebihi kapasitas total penyimpanan pada total penyimpanan yang tersedia di perangkat.

Kasus lain pada bug system operasi Apple terbaru ini adalah munculnya tabulasi salah pada banyak penyimpanan yang digunakan dalam konten pengguna.

Dampak Bug iOS 15

Dengan adanya bug pada sistem operasi terbaru dari Apple tersebut, sebenarnya tidak mempengaruhi jumlah penyimpanan yang tersedia pada perangkat. Hingga saat ini perusahaan belum memberikan klarifikasi mengenai penyebab terjadinya bug tersebut.

Apple pun menjelaskan, bug yang terjadi tersebut harusnya tidak mempengaruhi penyimpanan aktual pada perangkat pengguna. Namun dengan terjadinya bug ini, pengguna tidak dapat menghapus peringatan atau notifikasi “iPhone Storage Almost Full” dari aplikasi pengaturan. Hingga Apple melakukan adanya perbaikan, pengguna tetap tidak dapat menghapus notifikasi tersebut.

Baca juga: Versi iOS 15 Resmi Rilis Di WWDC 2021

Perlu Anda ketahui bahwa bug ini bukanlah masalah yang baru terjadi. Pada bulan Agustus lalu, terdapat laporan dari pengguna Apple pada forum Komunitas Apple yang menyatakan mengalami bug sama.

Bug tersebut terjadi lebih dari sebulan sebelum iOS 15 resmi meluncur ke publik. Pengguna Twitter lain pun mencatat bahwa bug secara terus-menerus terjadi setelah iOS 15 melalui tiga kali perilisan beta.

Bahkan pemilik iPhone menemukan lebih banyak lagi masalah pada pembaharuan sistem operasi tersebut. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari MacRumors yang menyatakan bahwa bug iOS 15 terjadi saat ini bukanlah bug penyimpanan yang muncul pada sistem operasi terbaru.

Beberapa pengguna Apple telah mengklaim bahwa setelah terjadinya pemutakhiran pada iOS. Selain adanya permasalahan yang terjadi pada penyimpanan perangkat, mereka juga mengatakan bahwa perangkat mereka mengalami gagal menghitung jumlah sebenarnya dari ruang penyimpanan yang telah terpakai pada aplikasi serta file.

Tanggapan Apple Atas Adanya Bug iOS 15

Hingga saat ini Apple belum memberikan klarifikasi terkait terjadinya bug pada sistem operasi terbaru mereka. Jika terjadi adanya permasalahan, biasanya perusahaan akan segera bergerak cepat untuk menangani bug serta terjadinya kelemahan keamanan.

Baca juga: Kelebihan iOS 15; Pengguna iPhone Wajib Tahu!

Perusahaan akan segera mengadakan penanganan pada gangguan yang terjadi secara lebih cepat. Akan tetapi terkait adanya masalah bug ini, perusahaan belum memberikan informasi apapun mengenai masalah tersebut.

Bahkan belum ada penjelasan secara pasti apakah perusahaan tengah melakukan adanya upaya perbaikan. Sejauh ini, para pengguna melalui beberapa platform media sosial yang menyatakan bahwa dukungan Apple memerintahkan para pengguna untuk melakukan restart ulang pada perangkat iPhone mereka.

Hal ini sebagai upaya perbaikan sementara pada permasalahan bug iOS 15 yang terjadi. Upaya ini sebenarnya bukanlah solusi pasti, karena bug masih akan sering muncul pada perangkat iPhone yang telah mengalami update iOS 15.

Baca juga: Apple Inc Rilis Fitur Terbaru iOS 15

Perlu Anda ketahui, saat ini Apple sedang mengembangkan pengujian terhadap iOS 15.1 Versi tambahan baru ini akan menjadi pembaharuan sistem iOS 15 terbesar pertama kali.

Pembaharuan ini mengusung fitur SharePlay kepada para pengguna agar sistem operasi tetap stabil. Akan tetapi, perusahaan melihat terdapat banyak bug serta gangguan lain pada fitur tersebut.

Diharapkan bug iOS 15 yang terjadi saat ini bukanlah suatu kendala yang cukup rumit. Semoga perusahaan segera menemukan langkah serta solusi terbaik untuk menangani masalah ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -