Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis Minta Santri Jadi Contoh Kedisiplinan Prokes

Bupati Ciamis Minta Santri Jadi Contoh Kedisiplinan Prokes

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meminta para santri agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal kedisiplinan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu Herdiat sampaikan saat memimpin upacara peringatan hari santri nasional di halaman Pendopo Jumat (22/10/2021).

“Saya yakin santri di Ciamis menjadi garda terdepan dalam memerangi Covid-19, Insyaallah kontribusi santri semakin besar untuk bangsa dan negara,” ujar Herdiat.

Baca Juga: Pemkab Ciamis Siap Sukseskan Porprov Jabar 2022

Lebih lanjut Herdiat mengungkapkan, tema hari santri tahun 2021 yakni “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Menurutnya, maksud dari tema santri siaga jiwa raga ini adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga membela tanah air.

Siaga jiwa artinya santri tidak lengah dalam menjaga kesucian hati dan akhlak, menjaga aqidah, nilai dan ajaran Islam yang Rahmatan lil ‘alamin.

“Sedangkan siaga raga artinya santri mendedikasikan badan dan tenaganya untuk Indonesia,” katanya.

Herdiat juga menyebut, tema santri siaga jiwa raga ini sangat relevan di era pandemi Covid-19 ini seperti saat ini.

“Makanya saya mengajak santri di Ciamis agar membantu pemerintah mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat, agar pandemi ini segera berakhir,” ungkap Bupati.

Herdiat berharap hari santri nasional ini menjadi momentum pengingat sekaligus refleksi mengenai kontribusi santri bagi kemerdekaan Indonesia.

“Santri menjadi komponen penting salah satu pilar Indonesia meraih kemerdekaan,”pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -