Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita BisnisCara dan Tips Membeli Saham untuk Pemula

Cara dan Tips Membeli Saham untuk Pemula

Berita Bisnis, (harapanrakyat.com),- Cara dan tips membeli saham untuk pemula. Pasar saham bergantung pada banyak trader dan investor untuk mengumpulkan, membeli dan menjual saham, ETF, reksa dana, dan opsi investasi berbasis saham lainnya.

Bagi pemula, untuk berinvestasi di pasar saham, dapat membuka akun pialang online di salah satu website cara membeli saham untuk pemula.

Atau, bisa juga menggunakan robo-adviser untuk mengotomatisasi investasi Anda dan meningkatkan kontribusi Anda.

Berikut ini panduan serta langkah demi langkah untuk berinvestasi di pasar saham, untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar.

Berinvestasi saham sebagai pemula tidak baik jika Anda tidak memiliki opsi untuk membeli saham.

Dengan munculnya pialang saham online, siapa pun dapat mulai berinvestasi tanpa biaya atau setoran minimum. 

Anda bisa membeli saham melalui akun broker atau melalui banyak aplikasi investasi yang tersedia.

Setelah membuka dan mendanai akun Anda, Anda dapat membeli saham langsung dari situs web broker dalam hitungan menit.

Jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk diinvestasikan, carilah pialang yang menawarkan pecahan saham yang memungkinkan Anda membeli nilai dolar yang tepat dari saham yang diinginkan, bahkan jika itu kurang dari satu saham penuh.

Ini dikenal sebagai perdagangan margin dan melibatkan pinjaman untuk meningkatkan ukuran investasi saham Anda jika Anda tidak memiliki cukup uang di akun Anda.

Pecahan saham adalah penawaran yang relatif baru oleh pialang online yang memungkinkan Anda membeli sebagian saham alih-alih satu saham penuh.

Artinya, Anda bisa mendapatkan saham mahal dari perusahaan seperti Google dan Amazon yang dikenal dengan saham empat digit dengan investasi yang relatif kecil.

Selain membeli saham individu, Anda juga dapat berinvestasi dalam Indeks Saham yang mereplikasi indeks ekuitas seperti S&P 500.

Indeks Saham memungkinkan Anda menginvestasikan uang Anda di pasar saham saat sulit.

Ini adalah cara yang baik untuk menginvestasikan sebagian uang Anda jika Anda tidak yakin bagaimana menginvestasikannya dengan baik secara langsung di saham.

Trading online akan lebih aman jika Anda menggunakan pialang saham online teregulasi tetapi jangan pernah berinvestasi dengan dana yang jumlahnya dapat membebani kehidupan Anda apabila Anda  kehilangan uang tersebut.

Bagi kebanyakan orang yang mencoba mempelajari cara berinvestasi di pasar saham, ini berarti menggunakan akun pialang standar atau akun pensiun individu (IRA).

Beberapa investor lebih menyukai pendekatan yang lebih aktif, sementara yang lain lebih memilih opsi investasi pasif dalam saham individu, ETF, dan perwalian investasi.

Jika Anda bertanggung jawab untuk berdagang/trading atau berinvestasi di pasar saham, Indeks Saham sederhana mungkin menjadikan strategi perdagangan ini sebagai pilihan yang lebih baik.        

Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) adalah jenis produk investasi yang terdaftar di SEC dan memungkinkan investor mengumpulkan uang mereka untuk diinvestasikan dalam saham dan obligasi yang dapat diperdagangkan di bursa AS.

Tidak seperti reksa dana, ETF cenderung memiliki jumlah saham yang lebih banyak daripada reksa dana lainnya, sehingga membuatnya lebih terdiversifikasi daripada satu saham.

ETF menawarkan diversifikasi, eksposur yang lebih luas ke pasar saham daripada berinvestasi di satu perusahaan tanpa risiko fokus pada satu saham.

- Advertisment -