Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BisnisCara Investasi Obligasi Ampuh dan Memberikan Keuntungan Besar

Cara Investasi Obligasi Ampuh dan Memberikan Keuntungan Besar

Cara investasi obligasi tentunya menjadi informasi yang penting. Pasalnya dengan menggunakan cara yang benar, Anda juga bisa meraup banyak keuntungan. Siapa yang tidak mau mendapatkan keuntungan coba?

Dunia investasi semakin hari justru kian hingar-bingar saja. Munculnya berbagai jenis investasi membuat banyak orang tertarik untuk melakukan hal tersebut.

Tidak heran memang, karena kebutuhan investasi bagi setiap individu itu jadi suatu hal yang teramat penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Pengertian Profit Taking Saham Hingga Menentukan Waktu yang Tepat

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini juga membuat semua orang lebih mudah melakukan investasi. Meskipun dari rumah, itu bukan penghalang. Karena, ada aplikasi khusus yang mendukung investasi apapun yang sudah Anda pilih.

Tetapi, perlu Anda ketahui juga bahwa baru-baru ini obligasi menggegerkan dunia investasi. Sudahkah Anda mendapatkan keuntungan dari investasi obligasi tersebut?

Beberapa Cara Investasi Obligasi yang Menguntungkan

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai cara untuk melakukan investasi obligasi, tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih dekat dengannya.

Karena meskipun baru-baru ini viral dan banyak peminatnya, masih ada saja orang yang belum mengetahuinya. Jadi, untuk melengkapi ilmu pengetahuan serta wawasan, simak penjelasan berikut ini.

Dedicated And Active

Salah satu tujuan dari cara investasi obligasi yang satu ini adalah untuk mendapatkan return maksimal. Dalam investasi surat utang ini, nantinya Anda akan menjumpai meningkatnya peluang return.

Tetapi, jangan senang terlebih dahulu karena hal itu juga selaras dengan peningkatan risikonya. Jangan panik juga, karena kita bisa melakukan identifikasi terhadap risiko tersebut.

Baca Juga: Pengertian Saham Gorengan Lengkap dengan Ciri-Ciri Khususnya

Sebagai contohnya adalah kita bisa mengantisipasi bunga, valuasi, spread exploitation, waktu, juga beragam skenario tingkat bunganya. Alasan dari cara yang satu ini adalah investor bersedia untuk berani bertaruh ketimbang puas dengan potensi pengambilan yang rendah.

Quasi-Active

Sama dengan namanya, cara investasi obligasi yang satu ini juga memiliki portofolio khusus supaya Anda bisa mendapatkan return pada jangka waktu tertentu.

Selain itu, juga membuat Anda bebas dari adanya pengaruh luar. Contohnya adalah terjadinya perubahan pada tingkat suku bunga.

Bagaimana cara menentukan durasinya? Mudah saja. Cukup dengan mengambil usia rata-rata dari obligasi tersebut. Bahkan, strategi yang satu ini juga lebih akurat guna menghitung volatilitas.

Perlu Anda catat bahwa untuk investasi sendiri memiliki pengertian sebagai suatu kegiatan menanamkan modal, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Harapannya adalah ketika Anda menjadi pemilik modal, maka Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan.

Sedangkan untuk obligasi sendiri itu adalah surat utang yang ada karena proses penerbitan dari perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Jika pengertian tersebut terasa panjang, Anda juga bisa menyebutnya dengan surat pengakuan utang saja. Penerbit dari obligasi adalah debitur.

Kedudukan obligasi setelah saham pada pasar modal. Nah, supaya Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, simak penjelasan mengenai cara investasi obligasi ini.

Buy And Hold

Cara investasi obligasi buy and hold ini untuk obligasi pasif. Alasan menggunakan strategi yang satu ini adalah guna mencari serta memaksimalkan nilainya untuk Anda.

Premis dari cara ini adalah surat utang Anda tersebut pastikan aman dan terpercaya. Dengan begitu, kita bisa melakukan prediksi mengenai berapa pendapatan yang akan Anda dapatkan.

Baca Juga: Cara Bermain Crypto Bagi Pemula Agar Untung Bisa Didapatkan

Buy and hold ini juga memiliki arti, pembeli nantinya harus menahan surat utang yang sudah mereka beli sampai jatuh tempo.

Awalnya, kesan dari investasi menggunakan cara ini seperti menggunakan gaya malas. Tetapi jangan salah, justru portofolionya bisa menyediakan jangkar stabil saat terjadi badai keuangan.

Keuntungan yang lainnya adalah mampu menimbulkan sampai menghilangkan biaya transaksi. Perlu Anda ketahui, yang cocok untuk cara satu ini adalah surat utang dengan sumber berasal dari pemerintah pusat, perusahaan investasi, dan pemerintah daerah.

Pencocokan Indeks

Nama lain dari cara investasi obligasi satu ini adalah quasi-passive. Memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa potensi return serta karakter mengenai indeks yang sudah Anda targetkan.

Quasi-passive ini juga lebih fleksibilitas. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk menyusun portofolio berdasarkan penerbitannya.

Strategi pencocokan indeks ini cocok untuk obligasi dengan tipe yang besar dan jumlah banyak. Dengan begitu, menggunakan cara investasi obligasi ini bisa memaksimalkan replikasi indeks yang sudah Anda buat. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -