Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita BisnisCara Investasi ORI020 dengan 4 Langkah Mudah dan Menguntungkan

Cara Investasi ORI020 dengan 4 Langkah Mudah dan Menguntungkan

Cara investasi ORI020 bisa dibilang cukup mudah. Anda cukup mengikuti langkah yang dianjurkan maka akan terdaftar pada investasi tersebut. ORI atau Obligasi Negara Ritel telah berdiri sejak tahun ini.

Tepatnya seri ORI020 telah melakukan penawaran sejak 4 Oktober dan berakhir pada 21 Oktober tahun ini. Bahkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel memberikan penawaran dengan nilai kupon 4,95% per tahun.

Apalagi dengan adanya e-SBN justru langkah berinvestasi semakin mudah. Dengan menggunakannya, Anda bisa melakukan pembelian ORI020 kapan saja.

Semua bisa Anda lakukan secara online selama penawaran masih berlaku. Mengingat jika mencari instrumen investasi kini tidaklah mudah.

Sehingga cara aman yang bisa Anda lakukan yaitu dengan investasi melalui seri ORI020. Lantas bagaimana cara melakukannya yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Saham Blue Chip yang Masuk dalam Daftar Window Dressing 2021

Simak Cara Investasi ORI020 dengan Aman dan Mudah

Seperti yang sudah ada jika Obligasi Negara Ritel (ORI) menduduki instrumen surat berharga negara yang ditawarkan pada individu melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana.

Kini pihak pemerintah kembali lagi memberikan penawaran seri ORI020 sebagai alternatif investasi yang mudah, aman, dan terjangkau.

Bahkan investasi ini cukup memberikan banyak keuntungan. Mungkin masih banyak orang yang belum pernah menjadi investor ORI.

Namun untuk Anda yang ingin mencoba berinvestasi bisa ikuti langkah mudah berikut ini. Anda cukup ikuti cara investasi ORI020 berikut ini dengan langkah selanjutnya.

Registrasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan registrasi. Cara investasi ORI020 yang harus Anda lakukan yaitu mendaftar.

Registrasi memang sengaja terjadi setiap saat bahkan juga terjadi sebelum penawaran SBN berlaku. Jika Anda ingin mendaftar sebagai investor segera daftar menggunakan media elektronik.

Biasanya sudah tersedia pada mitra distribusi. Terdapat beberapa kelengkapan seperti isi data diri, nomor rekening dana, nomor rekening surat berharga, hingga nomor single investor indentification (SID).

Bagi investor yang belum memiliki SID dan lainnya untuk segera menghubungi mitra distribusi.

Nomor tertentu tersebut sudah disediakan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Sehingga akan Anda dapatkan jika memang registrasi sudah terjadi.

Baca Juga: Saham Dow Jones Melesat Cukup Tajam

Pemesanan

Jika langkah awal yaitu pendaftaran atau registrasi perlu keberhasilan dari Anda. Cara investasi ORI020 selanjutnya yaitu pada bagian pemesanan.

Namun sebelumnya ketika pendaftaran tentu Anda juga harus mengisi data dengan tepat. Jangan lupa untuk membaca berbagai ketentuan yang sudah ada.

Pemesanan yang terjadi baru bisa Anda lakukan ketika masa penawaran ORI020 berlangsung.

Pembiayaan

Setelah registrasi dan pemesanan berjalan dengan baik akan muncul kode pembayaran atau billing code.

Kode tersebut akan muncul secara otomatis baik melalui pesan SMS atau email sesuai dengan kebijakan setiap mitra distribusi. Kode yang sudah investor terima tersebut berfungsi sebagai tempat untuk penyetoran dana investasi.

Misalnya melalui bank teller, ATM, internet banking, mobile banking, POS, atau lembaga persepsi lainnya dalam batas waktu tertentu. Hal ini menjadi salah satu cara investasi ORI020.

Konfirmasi

Calon investor ORI020 akan mendapatkan secara otomatis NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order.

Bahkan investor juga akan mendapatkan alokasinya pada tanggal penerbitan. Hanya saja, setelah statement Anda berlangsung investor tetap akan masuk pada mitra distribusi.

Baca Juga: Faktor Fundamental Saham yang Perlu dan Wajib Anda Ketahui

Manfaat Investasi ORI202

Cukup memberikan banyak hal yang menyenangkan. Dalam pajak penghasilan, ada banyak manfaat. Besar pajak penghasilan sebesar 15 %.

Ada hal yang harus dilakukan dan manfaatnya semakin membesar. Keuntungan yang akan Anda temukan ini 3,4 persen jika daripada bank lainnya. Misal imbalan yang dilakukan.

Jumlah minimal dan maksimal suatu kegiatan ini memang perlu Anda perhatikan. Misalnya pembelian minimal di ORI020 sebesar 1 juta. Sedangkan untuk waktu pembelian akan kembali pada pasar yang ada.

Sedangkan dari sekian banyaknya tempat, investasi ORI020. Sehingga keuntungan yang Anda dapatkan bisa sebesar Rp 49.500 yang sudah teruji.

Memilih cara investasi ORI020 tentu tidak mudah. Hanya saja Anda harus cermat dan lebih teliti sebelum memasang kembali.

- Advertisment -