Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Logout Akun Google di Android dan iPhone, Simak Tutorialnya!

Cara Logout Akun Google di Android dan iPhone, Simak Tutorialnya!

Cara logout akun Google dapat Anda lakukan pada perangkat Android ataupun iPhone secara mudah. Mempunyai banyak akun Google dalam satu perangkat seringkali cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Banyak alasan yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya tidak ingin terganggu dengan banyaknya notifikasi email.

Mungkin ingin memisahkan akun pribadi dengan pekerjaan pada perangkat yang berbeda. Apapun alasannya, cara keluar dari akun Google di Gmail merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Logout Akun Youtube di HP Mudah dan Praktis, Simak Tutorialnya!

Inilah Cara Logout Akun Google di Android dan iPhone

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk keluar akun Google pada perangkat HP, baik Android atau iPhone:

Simak Cara Logout Akun Google di HP Android

Pada saat ganti perangkat HP, sangat disarankan bagi Anda untuk menghapus akun Google yang telah terkait pada HP sebelumnya. Hal ini bertujuan agar akun Google tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan menghapus akun Google melalui menu pengaturan di HP Android, maka secara otomatis akun Google yang terkait dengan aplikasi Gmail akan langsung keluar atau logout.

Adapun langkah-langkah menghapus akun Google pada perangkat Android antara lain:

  1. Langkah pertama buka menu Pengaturan atau “Setting”.
  2. Selanjutnya setelah berhasil masuk ke dalam menu Pengaturan, maka pilih menu “Akun”
  3. Kemudian tap pada menu Google untuk kelola akun Google
  4. Cara logout akun Google di HP Android berikutnya adalah Anda akan masuk pada menu “Kelola Akun Google Anda”.
  5. Lalu tap pada akun Google hingga masuk ke “Pengaturan Sinkronisasi”. Kemudian klik pada menu “Lainnya” serta “Hapus Akun”.

Baca Juga: Cara Logout Facebook di HP, Alternatif Praktis Amankan Data Akun

Simak Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Gmail di HP Android

Apabila Anda ingin keluar dari akun Google tanpa harus menghapus akun, maka Anda dapat melakukannya melalui aplikasi Chrome. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses setting akun Gmail Anda.

Cara logout akun Google pada Android ini memungkinan Anda untuk keluar serta menonaktifkan pencadangan atau sinkronisasi. Berikut tutorialnya:

  1. Pertama, silahkan buka Google Chrome pada HP Android Anda. Pastikan Anda masuk pada akun Gmail yang akan Anda keluarkan.
  2. Setelah berhasil masuk pada halaman utama Chrome, tekan foto profil Anda yang terdapat pada samping kanan atas.
  3. Kemudian tekan nama Gmail dan Anda akan diarahkan pada halaman baru. Langkah berikutnya Anda tinggal pilih “Logout dan Menonaktifkan Sinkronisasi”.
  4. Apabila sudah, maka akan nampak kotak dialog yang berisi konfirmasi keluar akun. Pada bagian ini, jika Anda tidak ingin data yang Anda miliki terhapus, maka silahkan centang pada pilihan “Hapus data Chrome pada perangkat ini”. Kemudian pilih “Lanjutkan”, lalu akun Google pun secara otomatis akan keluar.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk logout akun Google di HP Android adalah melalui aplikasi Gmail. Sebenarnya cara keluar akun Google di Android satu-satunya cara menghapus akun Google atau Gmail itu sendiri.

Namun jangan khawatir, karena cara tersebut hanya sekedar untuk menghapusnya dari HP Android yang Anda gunakan. Dengan demikian, akun Gmail Anda tidak akan hilang.

Akan tetapi, langkah ini dapat menghapus semua data akun Google yang terdapat pada smartphone Anda. Mulai dari pesan, kontak, atau yang lainnya.

Baca Juga: Logout iCloud iPhone Penting Dilakukan, Simak Langkah Mudahnya!

Simak Cara Logout Akun Google di Perangkat iPhone    

Bagi Anda para pengguna iPhone atau iPad, seringkali Anda memerlukan adanya aplikasi Gmail untuk dapat melakukan pengecekan email.

Selain itu, akun Google juga kadang dapat Anda manfaatkan untuk masuk pada aplikasi Google seperti YouTube atau Maps. Seperti yang kita ketahui, menghapus akun Google merupakan langkah paling mudah untuk dapat logout akun Google di iPhone atau iPad.

Dalam hal ini tidak akan menghapus akun itu sendiri. Anda masih dapat menggunakan akun Google tersebut pada perangkat lain, baik pada Android, PC atau lainnya.

Berikut ini cara logout akun Google di HP iPhone atau iPad secara lebih praktis dan mudah, antara lain:

  1. Pertama, buka aplikasi Gmail
  2. Lalu klik opsi menu pada kiri atas
  3. Berikutnya klik akun Anda > Kelola Akun (Manage Account)
  4. Langkah berikutnya klik “Edit” lalu “Hapus”

Cara logout akun Google yang kita bahas di atas bukan berarti menghapus layanan email. Akan tetapi hanya menghapus akun dari perangkat HP saja. Dengan demikian kapan saja Anda akan login, hal tersebut pun masih dapat Anda lakukan.

- Advertisment -