Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membaca Kode Aki Mobil Agar Tidak Salah Membeli

Cara Membaca Kode Aki Mobil Agar Tidak Salah Membeli

Cara membaca kode aki perlu Anda ketahii sehingga Anda bisa mendapatkan aki yang bagus. Karena membeli aki tidak bisa sembarangan. Jangan tergiur dengan harga murah dan kondisi fisik terlihat baru.

Bisa jadi, aki yang Anda beli sudah melebihi masa atau kadaluwarsa. Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu serta perhatikan secara detail kode produksi yang terdapat dari aki tersebut.

Dari pabrikan aki biasanya sudah memiliki prediksi atau jangka waktu usia produksi aki. Sehingga bila Anda cermati, ada sebuah kode yang tertera pada aki untuk pertimbangan Anda.

Untuk menanggulangi hal tersebut, maka ikuti cara dan trik berikut ini;

Ketahui Cara Membaca Kode Aki Mobil

Sesungguhnya membaca kode aki sangatlah mudah, hanya saja tidak banyak yang mengetahui informasi ini.

Sehingga mereka banyak yang tertipu dengan aki palsu dan sudah kadaluarsa. Setiap merk aki memiliki standarisasi penamaan aki, yaitu standar Jepang atau JIS atau Jerman (DIN).

Baca Juga : Efek Melepas Aki Mobil Injeksi Tanpa Menggunakan Prosedur yang Benar

Memperhatikan Standar Kode Aki Mobil

Dua jenis standarisasi tersebut adalah JIS (Japan Industrial Standard) dan DIN (Deutsches Institut Fur Normung).

JIS

Standar ini biasanya digunakan pada mobil seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Pajero, Suzuki Swift, Honda Jazz dan lainnya.

Biasanya cara membaca kode aki dengan standar ini berciri khas dengan pole yang menonjol dan tidak rata dengan container akinya.

Jika diperhatikan akan ada kode NS40. Bila dijabarkan huruf N berarti normal, S adalah pengurangan aki sebesar 20 persen, dan pole adalah small. Sedangkan 40 adalah daya utama pada aki atau baterai.

Penyelesaiannya adalah 40-20 persen =32 Ah, dengan pole aki kecil dan pole pada kutub positif aki berada di sebelah kanan. Mengetahui letak pole positif biasanya ada huruf R atau right yang berarti kanan.

Hanya saja jarang dituliskan pada kode aki. Karena kode yang tertera adalah left atau L. Sementara untuk kode 60 keatas nilai ampere berbeda yakni NS60 adalah 45Ah, 55D23L yakni 60Ah, NS70 yakni 65Ah, N50Z yakni 60Ah dan 80D26l yaitu 70Ah. Kode battery tersebut menggunakan produk GS Astra.

Baca Juga : Daftar Harga Aki Mobil Berbagai Merek Terkenal di Indonesia

DIN

Jenis aki ini digunakan pada mobil Eropa dan memiliki ciri pole aki rata dengan body akinya. Aki jenis ini terdapat 5 angka namun yang perlu Anda perhatikan adalah 3 digit saja bagian awal. Dari sini saja sudah dapat kita ketahui nilai ampere akinya.

Misalkan tipe aki DIN dengan kode 555-59. Angka 5 pertama adalah nilainya nol. untuk angka pertama 6 nilainya 1 apabila 7 maka nilainya 2. Sedangkan 2 dan 3 nilainya sama. Maka hasilnya 055Ah atau 55 ampere.

Membaca Kode Aki GS Astra

Cara membaca kode aki misalkan ada kode tertera adalah 1567B5K2150. Untuk mengetahuinya maka 15 pertama adalah tanggal yakni tanggal 15, angka 6 adalah bulan yakni Juni, 7 adalah tahun 2017.

Sementara B5 adalah waktu shift yang bekerja, K adalah pabrik karawang, 2150 adalah line nomor line yang bekerja saat produksi.

Perlu diketahui bahwa bulan Januari hingga September biasanya menggunakan angka 1-9. Sedangkan Oktober hingga Desember menggunakan A hingga C.

Baca Juga : Volume Air Aki Mobil, Jangan Sampai Kurang Akibatnya Cukup Serius

Kode Aki Yuasa

Selanjutnya membaca aki Yuasa. Aki jenis ini akan lebih mudah membacanya. Misalkan 1506179 maka 15 adalah tanggal pembuatan, 06 adalah bulan Juni, 17 adalah tahun pembuatan aki, dan 9 adalah negara pembuatnya yakni Indonesia.

Kode Aki Incoe

Cara membaca kode aki kode produksi Incoe sebenarnya sama saja karena memang satu perusahaan dengan Astra Otoparts tbk. Sebagai contoh saja kode 2067C4K. 20 adalah tanggal pembuatan, 6 adalah bulan Juni dan 7 adalah tahun 2017.

Pada kode C4 adalah waktu shift yang bekerja saat itu dan K adalah pabrik yang memproduksi aki adalah Kerawang.

Kode Aki Sepeda Motor

Jika Anda menemukan kode lebih panjang seperti contoh 043215K0637 maka cara mengetahuinya adalah angka 03 adalah tanggal produksi, angka 3 adalah bulan Maret, dan 2 adalah 2012.

Perlu Anda ketahui bahwa kode menunjukkan tahun pembuatan dan bukan tanggal kadaluarsa. Pada dasarnya aki normal memiliki usia 4 hingga 6 tahun dari tanggal dan tahun produksi tersebut.

Sementara usia pakainya adalah kurang lebih hingga 2 tahun. Cara membaca kode aki tersebut dapat membantu Anda dalam pengecekan apakah aki masih layak Anda gunakan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -