Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Karang Gigi Sangat Mudah dengan Bahan Alami Ini

Cara Membersihkan Karang Gigi Sangat Mudah dengan Bahan Alami Ini

Cara membersihkan karang gigi ternyata sangat mudah dilakukan hanya dengan menggunakan bahan alami. Bagi Anda yang memiliki masalah tersebut pada gigi, Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal untuk mengatasinya.

Perlu diketahui bahwa karang gigi dan plak gigi itu tidak sama. Untuk menghilangkan karang gigi memang susah, tidak seperti plak gigi.

Karena plak gigi merupakan lapisan lembut yang lengket. Terbentuk dari luar gigi dan biasanya terdapat pada sepanjang garis gusi sehingga mudah membersihkannya.

Dilansir Health Line bahwa cara terbaik menghilangkan masalah karang gigi ini biasanya perlu bantuan dokter gigi. Dalam proses pembersihan masalah tersebut, dokter gigi melakukannya dengan menggunakan alat khusus, yakni ultrasonic scaler atau prosedur scaling manual.

Tapi ternyata membersihkan masalah karang gigi cukup mudah. Cukup dengan menggunakan dua bahan alami, gigi sudah bisa kembali bersih dan putih tanpa adanya karang menempel.

Lalu, apa saja kedua bahan alami yang mampu mengatasi masalah karang gigi itu, dan bagaimana cara membersihkannya? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Baca Juga : Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami yang Efektif

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan 2 Bahan Alami

Minyak Kelapa

Membersihkan karang gigi dengan menggunakan bahan alami berupa minyak kelapa ternyata cukup mudah dan tentunya sangat efektif.

Seperti telah kita ketahui bahwa minyak kelapa mengandung bahan antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan. Termasuk mengatasi masalah karang pada gigi.

Cara membersihkan karang gigi menggunakan bahan alami ini cukup mudah. Anda tinggal memasukkan minyak kelapa ke dalam mulut dengan takaran satu sendok makan.

Kemudian, minyak kelapa yang sudah masuk ratakan ke semua permukaan dalam mulut selama 5 sampai 10 menit, setelah itu buang lalu berkumur dengan air.

Baca Juga : Kebiasaan Penyebab Kerusakan Gigi yang Jarang Disadari

Jika tidak ada minyak kelapa, Anda juga bisa menggantinya menggunakan minyak almond atau minyak zaitun.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan adanya penurunan plak sebesar 50 persen setelah menggunakan bahan alami minyak kelapa.

Baking Soda

Bukan hanya minyak kelapa, namun baking soda juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk membersihkan karang gigi. Bahkan, menghilangkan karang gigi menggunakan bahan alami ini juga sangat mudah dan tentunya sangat efektif.

Caranya, Anda cukup tambahkan baking soda ke pasta gigi yang akan Anda gunakan. Kemudian, gosok dan sikat gigi dengan lembut.

Secara perlahan-lahan nantinya karang gigi akan rontok sendiri. Tak hanya mampu mengatasi masalah karang gigi, bahan alami ini juga memiliki manfaat lain.

Baca Juga : Punya Gigi Putih Bersih Tak Harus Keluar Uang Banyak, Coba Cara Alami Ini!

Seperti melindungi kesehatan gigi dari masalah demineralisasi, yakni melepasnya partikel kalsium dari bagian enamel gigi akibat proses kimia.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan pasta gigi yang dicampur baking soda ternyata lebih efektif untuk menghilangkan plak daripada pasta gigi yang tanpa baking soda.

Bahkan, tingginya kandungan pH dalam baking soda mampu menetralkan kondisi keasaman pada mulut.

Banyak orang yang saat itu ikut dalam penelitian tersebut juga melaporkan bahwa radang gusi yang mereka alami berkurang secara signifikan. Hal itu merupakan hasil dari penurunan plak.

Itulah cara membersihkan karang gigi dengan menggunakan bahan alami berupa minyak kelapa dan baking soda. Selain efektif dan mudah melakukannya, juga tak butuh mengeluarkan biaya mahal. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -