Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Lantai Teraso Agar Tetap Mengkilap dan Tahan Lama

Cara Membersihkan Lantai Teraso Agar Tetap Mengkilap dan Tahan Lama

Cara membersihkan lantai teraso merupakan salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keawetan lantai rumah Anda. Sebab lantai menjadi bagian yang penting dalam sebuah rumah, Anda juga perlu merawatnya dengan rutin.

Sebenarnya, jenis lantai sendiri ada banyak, teraso ini hanya salah satunya. Terbuat dari kombinasi semen dan pasir, menjadikan lantai teraso ini terbilang lebih bisa tahan lama ketimbang lantai keramik.

Baca Juga: Desain Rumah Batu Bata tanpa Plester, Hunian Gaya Etnik yang Menarik

Jika Anda tertarik dengan hunian bernuansa klasik, maka lantai teraso ini adalah pilihan tepatnya. Meski sekarang ini sedang populer penggunaannya, lantai teraso tetap bisa Anda dapatkan sebagai alternatif lantai murah untuk keluarga.

Di sisi lain, Anda perlu melakukan perawatan yang cukup berbeda dengan lantai lainnya. Hal ini tidak lain agar lantai teraso bisa bertahan lebih lama dengan tampilan mengkilapnya.

Inilah Cara Membersihkan Lantai Teraso

Lantai teraso mengandung resin di dalamnya yang berfungsi untuk menampakkan kilau dan sebagai pelindung elemen. Untuk menjaga kedua hal tersebut, lantai teraso tidak baik jika Anda biarkan berlama-lama terkena debu dan kotoran lainnya.

Maka dari itu, membersihkannya secara rutin bisa menjadi upaya mempertahankan kilau dan keawetannya. Namun bagaimana teknik yang harus Anda kerjakan untuk pembersihan lantai teraso kali ini?

Hindari Terlalu Lama Debu di Lantai Teraso

Cara membersihkan lantai teraso yang pertama kali bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan debu yang menempel di lantai teraso. Dahulukan menghilangkan kotoran serta partikel pasir yang ada di permukaan lantai, usahakan tidak meninggalkan sisa.

Kemudian lanjutkan dengan mengepel lantai. Untuk cairan pembersih, Anda bisa menggunakan pembersih lantai yang mengandung pH netral, karena hal ini bisa berpengaruh terhadap kualitas ubin. Lantai teraso ini terkenal sangat sensitif jika terpapar cairan dengan pH rendah seperti asam.

Pembersihan noda dengan mengepel ini bisa Anda lakukan setiap 1 minggu sekali (minimal). Sehingga Anda bisa menghindari noda membandel di lantai teraso rumah Anda.

Pembersihan Secara Teratur

Cara membersihkan lantai teraso kali ini merupakan keharusan bagi Anda yang memiliki lantai rumah teraso. Pembersihan yang dimaksud di sini adalah membersihkan lantai teraso secara rutin minimal satu kali sehari.

Baca Juga: Tempat Tidur Multifungsi Hemat Ruangan untuk Rumah Minimalis

Mengingat lantai merupakan bagian rumah yang kerap mendapatkan jangkauan kaki, tidak heran apabila lantai juga menjadi bagian paling mudah kotor. Solusi untuk hal ini adalah Anda menyapu lantai teraso setiap pagi atau sore hari.

Lakukan Pemolesan Lantai Teraso

Kinclong pada lantai merupakan idaman para anggota keluarga. Bagi para pengguna lantai teraso, Anda bisa menjaga mengkilapnya lantai rumah Anda dengan melakukan pemolesan secara berkala.

Pemolesan ini sekaligus menjadi cara membersihkan lantai teraso dari kusam dan noda-noda yang terlalu lama menumpuk pembersihannya sudah sangat susah. Untuk pemolesan ini, Anda bisa memanfaatkan pemoles yang berlapis kristal dan wax.

Bagi Anda yang tertarik dengan cara alami, Anda bisa mencoba memolesnya dengan menggunakan ampas kelapa. Hal ini lantaran kelapa mengandung minyak nabati yang terkenal handal dalam menghempas kotoran. Ampas kelapa ini juga terpercaya dalam menjaga kekinclongan lantai teraso yang sudah mulai termakan usia.

Lakukan Pengamplasan

Cara membersihkan lantai teraso sekaligus bisa mengembalikan kinclong yang sempat pudar, bisa Anda akali dengan mengamplas. Ya, ternyata tidak hanya kayu saja yang perlu amplasan, lantai teraso ini juga.

Cukup berbeda dalam pengamplasan kayu, pengamplasan pada lantai teraso bisa Anda lakukan dengan menggunakan mesin poles khusus. Dengan demikian, lantai teraso Anda akan menjadi bersih dan mengkilap seperti sedia kala.

Baca Juga: Pagar Sliding Minimalis, Pas untuk Rumah dengan Lahan Sempit

Tips Cara Membersihkan Lantai Teraso

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat lantai teraso. Pertama, lantai teraso merupakan lantai yang sangat peka dengan goresan. Karena itulah, Anda harus berhati-hati dalam meletakkan barang atau furniture di atas permukaan.

Hindari menaruh barang tajam atau runcing. Jika terjadi goresan, Anda tidak cukup mengelapnya dengan pel saja, melainkan Anda harus memolesnya dengan mesin.

Sedangkan dalam membersihkan bintik pada lantai, Anda bisa memanfaatkan sedikit amonia. Karena jika terlalu banyak, akan berakibat pada tampilan kilap dan keindahan ubin rumah Anda.

Demikianlah beberapa cara membersihkan lantai teraso yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -