Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Membuat 2 Email dalam 1 HP, Simak Tutorial Lengkapnya!

Cara Membuat 2 Email dalam 1 HP, Simak Tutorial Lengkapnya!

Cara membuat 2 email dalam 1 HP ternyata dapat Anda lakukan secara mudah. Saat ini para pengguna smartphone Android harus mempunyai layanan email bernama Gmail dari Google.

Tanpa adanya Gmail, maka berbagai aktivitas multitasking menjadi kurang maksimal. Terutama untuk mendownload suatu aplikasi atau game pada layanan Google Play Store, diperlukan adanya verifikasi Gmail terlebih dahulu.

Baca Juga: Cek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Mempunyai akun email adalah salah satu hal penting yang perlu kita lakukan. Namun, Anda perlu tahu bahwa saat ini Google mengizinkan para penggunanya untuk dapat memiliki lebih dari 1 email. Hal ini juga dapat Anda lakukan pada perangkat Android.

Inilah Cara Membuat 2 Email dalam 1 HP Mudah

Dengan memiliki 2 akun email dalam 1 perangkat tentu dapat memudahkan para pengguna untuk mengelola sebuah email. Terutama pada setiap pesan masuk yang dianggap cukup penting.

Untuk dapat membuka akun Gmail pada satu perangkat HP dalam waktu yang bersamaan, maka Anda harus menambahkan akun terlebih dahulu.

Setelah berhasil menambahkan akun email, maka nantinya Anda dapat mengakses akun-akun tersebut kapan saja yang Anda perlukan hanya menggunakan satu HP Android.

Berikut ini beberapa pilihan cara membuat 2 email dalam 1 HP Android, antara lain:

Melalui Menu Pengaturan

Cara ini dapat Anda gunakan pada saat Anda ingin mengakses Google Play Store, Google Plus, ataupun Gmail dengan menggunakan akun berbeda.

Sebelumnya, Anda harus menambahkan akun baru terlebih dahulu, maka secara otomatis ketika membuka Play Store akan muncul opsi untuk memilih akun mana yang Anda gunakan, baik dengan Gmail atau Google+.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting pada perangkat Android Anda
  2. Selanjutnya pilih General atau Umum > Accounts > +Add Account (Tambah Akun).
  3. Langkah berikutnya pilih Google > Existing (yang sudah ada). Kemudian masukkan alamat email serta password atau pilih New, apabila ingin membuat akun Gmail baru.
  4. Berikutnya ikuti petunjuk pada layar hingga selesai dan akun email baru Anda berhasil Anda tambahkan.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Email dari Perangkat Lain, Berikut Langkah Mudahnya

Melalui Aplikasi Gmail

Cara membuat 2 email dalam 1 Hp selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Gmail. Berikut ini beberapa langkah mudahnya”

  1. Buka aplikasi Gmail pada perangkat HP
  2. Lalu tap menu yang terdapat pada pojok kiri atas.
  3. Selanjutnya tap icon segitiga yang terdapat pada sebelah kanan nama akun
  4. Pilih +Add Account atau Tambahkan Akun
  5. Selanjutnya pilih Google.
  6. Berikutnya silahkan Anda “yang sudah ada” atau “baru” apabila ingin buat email baru terlebih dahulu. Ikuti semua langkah hingga proses berhasil.

Memanfaatkan Aplikasi Yahoo Mail

Selain menggunakan aplikasi Gmail, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Yahoo Mail untuk dapat membuat 2 email dalam 1 HP Android. Adapun panduan mudahnya antara lain:

  1. Jalankan aplikasi Yahoo Mail pada perangkat HP Android Anda
  2. Langkah berikutnya tab menu yang terdapat pada pojok kiri atas.
  3. Kemudian pilih Google
  4. Lalu masukkan alamat email Gmail Anda, lalu pilih “Berikutnya”
  5. Anda akan diminta untuk login ke Gmail, kemudian pilih tombol “Berikutnya”, masukkan kata sandi Gmail Anda dan pilih “Masuk”.
  6. Selanjutnya pilih tombol Izinkan
  7. Apabila berhasil, maka Anda akan dapat mengakses Gmail dari aplikasi Yahoo.

Jika Anda dapat akses 2 akun email atau lebih, saat akan mengakses aplikasi Gmail atau membuka Google Play Store, maka muncul pilihan ingin menggunakan akun yang mana.

Hal ini berlaku untuk cara membuat 2 email di 1 HP dengan melalui pengaturan atau aplikasi Gmail. Selain dapat membuka 2 akun email yang berbeda, berbagai aplikasi yang memerlukan akun Google juga turut berpengaruh saat Anda membuka Google Play Store, Google Plus, atau Google Drive maka nampak 2 akun.

Baca Juga: Menghapus Akun Google di HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Namun jika Anda menggunakan aplikasi Yahoo untuk membuat 2 email di 1 HP yang sama, ini tidak akan berpengaruh pada aplikasi lain. Dengan demikian, saat Anda aplikasi Google Play Store, maka tidak akan tampak 2 akun Gmail yang berbeda.

Jika cara membuat 2 email di 1 HP telah berhasil dan Anda ingin menambah akun lain, maka Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas. Jika setelah memiliki beberapa akun email dalam satu perangkat dan ingin menghapus salah satu dari email tersebut. Ini dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah. Perbedaannya setelah masuk dalam menu Setting > Accounts, selanjutnya pilih akun yang akan Anda hapus kemudian pilih tombol Hapus. (R10/HR-Online)