Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Kabin Mobil Kedap Suara Tanpa Harus ke Bengkel

Cara Membuat Kabin Mobil Kedap Suara Tanpa Harus ke Bengkel

Cara membuat kabin mobil kedap suara bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bahkan cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan aman.

Membuat kendaraan terasa senyap memang menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan. Dengan adanya hal ini tentu membuat pemilik mobil lebih mudah mendengarkan audio secara berkualitas.

Sayangnya tidak semua jenis kendaraan memiliki kabin yang senyap. Pada umumnya kendaraan yang sudah memiliki kelengkapan ini memiliki harga tinggi.

Padahal sebagian besar pemilik mobil memilih kendaraan standar karena harganya cukup terjangkau. Agar tetap bisa mendapatkan fitur tersebut, sebaiknya Anda bisa menambahkannya sendiri.

Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel. Cara ini memang menjadi alternatif sebagian besar orang agar bisa membuat kabin terasa lebih nyaman.

Jenis dan Cara Membuat Kabin Mobil Kedap Suara

Kendaraan tentu memiliki suara yang bisa muncul dari berbagai tempat. Untuk itulah mengapa Anda harus memberi tambahan peredam kabin pada kendaraan.

Baca Juga : Kabin Mobil Berisik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Salah satu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu meletakkan peredam pada bagian penghasil suara bising. Pastikan Anda meletakkannya pada sumber kebisingan.

Namun sebelum mencoba cara membuat kabin mobil kedap suara, terlebih dahulu Anda mengetahui jenisnya.

Saat ini sudah banyak kendaraan roda empat yang memiliki kelengkapan fitur peredam kejut. Pastikan Anda memilih jenis kendaraan seperti itu. Namun sayangnya kendaraan dengan fitur tersebut memiliki harga tinggi.

Jika Anda ingin memiliki fitur tersebut pada kendaraan yang dimiliki tidak perlu panik. Sebab dan cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu memasangnya sendiri. Berikut ini ada beberapa jenis peredam yaitu:

Aspal

Jenis peredam yang pertama yang bisa Anda gunakan yaitu aspal. Peredam suara yang satu ini hadir dengan tekstur keras. Saat proses pemasangan yang Anda butuhkan yaitu lem dan pemanas.

Ada beberapa kelebihan dari jenis peredam suara yang satu ini. Salah satunya yaitu mampu meredam suara bising dengan baik. Sayangnya kekurangan pada teksturnya yang keras sehingga akan membuatnya terasa lebih berat dari jenis lainnya.

Baca Juga : Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap Dengan Memasang Peredam

Ketika Anda menginginkan meletakkannya pada bagian pintu bisa menggunakan 2 lapisan peredam. Sehingga cara membuat kabin mobil kedap suara akan berhasil meredam suara bising yang mengganggu.

Jelly

Jenis peredam yang selanjutnya yaitu berupa jelly. Cara membuat kabin mobil kedap suara dengan peredam jelly ini juga banyak dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan mobil yang senyap dan nyaman.

Banyak orang yang menggunakan peredam jelly karena bobotnya yang cukup ringan. Jika Anda ingin meletakkan peredam jenis yang satu ini pada bagian pintu, Anda bisa menggunakannya dengan bobot sebesar 1,4 kg.

Lebih menariknya lagi jenis peredam yang satu ini tidak membutuhkan perekat. Peredam jelly sudah dilengkapi dengan alumunium foil. Sehingga mampu meredam pegas.

Busa atau Foam

Pada pilihan jenis yang ketiga yaitu busa atau foam. Anda bisa gunakan cara membuat kabin mobil kedap suara dengan jenis yang satu ini.

Baca Juga : Cara Meredam Panas Kabin Mobil dengan Cepat dan Mudah

Peredam jenis busa mampu memblokir suara yang bising. Sehingga paling cocok untuk peredam bagian kabin. Sayangnya jenis yang satu ini tidak bisa menahan kebisingan panas karena mesin.

Cara Memasang Peredam Kabin

Setelah Anda tahu apa saja jenis peredam yang bisa diterapkan pada mobil, kini Anda juga perlu tahu bagaimana cara pemasangannya. Anda tentu bisa menentukan peredam yang cocok untuk kabin mobil.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika jenis yang tepat yaitu busa atau foam. Cara untuk memasangnya yaitu pastikan meletakkan peredam pada bagian kebisingan tingkat tinggi.

Hal ini perlu Anda lakukan agar mampu mengurangi getaran yang bisa timbul. Busa atau foam mampu menyerap suara yang dihasilkan mobil. Sehingga mampu mengurangi kebisingan dari kondisi jalan.

Sayangnya sebagian besar pemilik mobil hanya memasang peredam pada bagian pengemudi dan penumpang bagian depan.

Padahal jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, pasang pada semua bagian termasuk bagasi dan ruang penumpang bagian belakang.

Mudah bukan cara membuat kabin mobil kedap suara sendiri di rumah? Meski demikian, sebelumnya Anda harus bisa menentukan jenis peredam yang tepat supaya hasilnya bisa maksimal. (R10/HR-Online)