Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Kamar Agar Sejuk Secara Alami Tanpa Menggunakan AC

Cara Membuat Kamar Agar Sejuk Secara Alami Tanpa Menggunakan AC

Cara membuat kamar agar sejuk bisa dilakukan tanpa harus menggunakan AC. Kamar menjadi salah satu ruangan yang banyak digunakan untuk istirahat. Bahkan termasuk ruangan terfavorit bagi pemiliknya.

Karena alasan inilah mengapa kamar dibuat senyaman mungkin. Sehingga tetap merasa nyaman meski seharian berada dalam ruangan tersebut.

Sayangnya, kamar menjadi salah satu ruang tertutup yang sering menimbulkan rasa panas. Padahal banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya sejuk.

Baca Juga: Kolam Ikan Hias dalam Rumah, Sajikan Tampilan Hunian yang Menawan

Bahkan tidak perlu menggunakan alat bantu pendingin seperti kipas angin maupun AC. Menggunakan pendingin ruangan memang mampu mengatasi masalah ini.

Hanya saja, penggunaannya secara terus-menerus justru akan menimbulkan efek samping yang buruk. Terutama bagi kesehatan tubuh.

Untuk menghindari adanya efek samping tersebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya cara membuat kamar agar sejuk dengan alami.

Inilah Cara Membuat Kamar Agar Sejuk Tanpa AC

Udara di luar memang tidak selamanya sejuk dan dingin. Apalagi mengingat Indonesia memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau. Saat musim kemarau tentu membuat udara terasa panas, termasuk dalam ruangan sekalipun.

Saat temperatur tinggi membuat udara dalam ruangan akan terasa panas. Hal ini juga membuat Anda akan merasa kegerahan dan berkeringat. Untuk bisa menghindari hal itu, sebaiknya Anda gunakan cara tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton, Apa Saja?

Tidak perlu menggunakan AC maupun alat pendingin lainnya. Gunakan cara mudah agar kamar terasa sejuk dan nyaman. Gunakan tips tepat yang hemat biaya untuk membuat Anda betah berada di kamar.

Menggunakan Tirai yang Tebal

Cara membuat kamar agar sejuk yaitu gunakan tirai yang tebal. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menghadang matahari masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, suhu ruangan akan menurun secara alami.

Ruangan juga tidak akan terasa panas meski tak menggunakan AC. Sebaiknya pilih tirai berwarna netral dengan pelapis plastik putih.

Dengan memilih jenis yang satu ini, mengurangi suhu yang panas hingga 33%. Jika tirai membuat ruangan kamar gelap, bisa pilih yang transparan. Cara ini cukup efektif untuk Anda gunakan.

Buka Jendela dan Pintu Kamar

Banyak cara membuat kamar agar sejuk tanpa harus menggunakan peralatan pendingin seperti AC. Agar udara bisa keluar masuk dengan baik, pastikan Anda membuka pintu dan jendela.

Dengan cara ini, sirkulasi udara akan keluar masuk dengan baik. Bahkan kamar yang tadinya berhawa panas akan terasa sejuk dan nyaman.

Pilih Cat Dinding Berwarna Terang

Memiliki kamar tentu bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya. Apalagi pilihan warna cat tembok. Untuk bisa mendapatkan ruangan yang sejuk, ternyata cat dinding mampu mempengaruhinya.

Agar bisa lebih sejuk, gunakan cat dinding berwarna terang. Sebenarnya warna cerah tidak mampu menyerap panas. Hanya saja, mampu membuat kondisi ruangan tampak lebih nyaman. Cara membuat kamar agar sejuk yang satu ini cukup efektif dan efisien.

Meminimalisir Penggunaan Elektronik

Salah satu cara membuat kamar agar sejuk yaitu dengan meminimalisir penggunaan alat elektronik. Seperti yang sudah banyak diketahui jika penggunaan alat elektronik berlebihan membuat suasana ruangan terasa panas.

Untuk itu, Anda bisa meminimalisir penggunaan alat elektronik. Sebab alat elektronik menjadi sumber panas. Meminimalisir terjadinya hal ini, Anda cukup membatasi penggunaannya.

Caranya seperti mematikan alat jika tidak lagi Anda gunakan. Misalnya lampu, TV, maupun perangkat lainnya.

Tambahkan Tanaman Hijau Sebagai Dekorasi

Kamar memang sepantasnya memiliki dekorasi yang nyaman dan seru. Sehingga saat Anda ingin beristirahat dari aktivitas padat akan terasa nyaman.

Salah satu cara membuat kamar agar sejuk dan dingin yaitu menambah tanaman sebagai dekorasi. Anda bisa gunakan tanaman untuk menghiasi ruangan.

Baca Juga: Desain Rumah 1 Kamar Pilihan Terbaik Bagi Anda yang Belum Menikah

Sebab tanaman tersebut mampu mengeluarkan oksigen dari proses respirasi. Pastikan jenis tanaman yang Anda gunakan tepat dan membuatnya tetap hidup.

Gunakan Bantal yang Dingin

Bantal yang dingin juga menambah kenyamanan Anda saat beristirahat di kamar. Jika masih terasa panas, bisa ganti bantal dengan kantung jeli. Sehingga bisa membuat istirahat Anda lebih nyaman dan sejuk.

Menggunakan cara membuat kamar agar sejuk mampu menambah kenyamanan saat beristirahat. Anda bisa gunakan cara hemat dan mudah tanpa alat pendingin seperti AC. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -