Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Thumbnail YouTube di HP, Berikan Hasil Lebih Menarik

Cara Membuat Thumbnail YouTube di HP, Berikan Hasil Lebih Menarik

Cara membuat thumbnail YouTube di HP harus benar-benar dipahami bagi Anda para YouTuber. Pasalnya, thumbnail adalah salah satu bagian penting yang harus ada pada sebuah video YouTube.

Dengan adanya thumbnail yang bagus, tentu akan menarik perhatian penonton. Selain itu, thumbnail juga terbukti ampuh dalam meningkatkan CTR, maka akan terjadi peningkatan jumlah tayang secara lebih signifikan.

Bagi Anda para YouTuber, maka Anda harus mampu membuat thumbnail yang menarik demi meningkatkan jumlah view video. Dengan demikian, channel YouTube Anda pun dapat berkembang dengan cepat.

Baca Juga: Cara Membuat Channel Youtube di PC, Ikuti Beberapa Langkah Berikut Ini

Pahami Cara Membuat Thumbnail YouTube di HP

Mungkin untuk beberapa kalangan masih asing dengan istilah thumbnail. Perlu Anda ketahui, thumbnail adalah data review media foto atau video yang tersimpan dalam sebuah perangkat.

Dengan adanya thumbnail, maka perangkat Android tidak perlu memperlihatkan file asli dari foto atau video tersebut. Dengan kata lain, thumbnail merupakan gambar berukuran kecil yang memberikan gambaran media secara visual.

Data thumbnail secara otomatis akan tampil pada saat file-file Anda tersimpan. Lebih tepatnya ketika user sedang melihat file-file media tersebut. Thumbnail YouTube memiliki peranan penting untuk konten video yang diunggah ke YouTube. Thumbnail juga dapat dikatakan sebagai cover video.

Untuk dapat membuat thumbnail YouTube yang menarik, pada umumnya para konten kreator akan menggunakan aplikasi semacam Adobe Photoshop atau aplikasi sejenis lainnya pada perangkat komputer.

Namun karena tidak semua orang mempunyai perangkat PC, maka banyak YouTube yang mengandalkan smartphone dalam mengelola channel.

Dengan banyaknya aplikasi pembuat thumbnail YouTube yang tersedia secara gratis di Google Play Store, maka membuat thumbnail yang keren dan menarik pun menjadi cara mudah tanpa harus memiliki keahlian dalam bidang grafis.

Berikut ini beberapa cara membuat thumbnail YouTube di HP yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Baca Juga: Logout Akun Youtube di HP Mudah dan Praktis, Simak Tutorialnya!

Menggunakan Aplikasi Ultimate Thumbnail Maker For Youtube

Cara membuat thumbnail di HP yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi Ultimate Thumbnail Maker For Youtube. Aplikasi ini cukup mudah untuk Anda gunakan.

Di dalamnya tersedia berbagai template siap pakai untuk dapat Anda edit sesuai dengan keinginan. Mulai dari tema traveling, musik, video game, dan lain sebagainya.

Adapun cara membuat thumbnail Youtube di HP dengan aplikasi ini antara lain:

  1. Download dan instal aplikasi Ultimate Thumbnail Maker For YouTube, kemudian jalankan aplikasi
  2. Untuk dapat membuat thumbnail keren serta praktis berdasarkan template yang telah tersedia, maka pilih menu Readymade Thumbnail.
  3. Selanjutnya pilih Thumbnail For YouTube (1280 x 720).
  4. Kemudian pilih template yang sesuai dengan tema video Anda.
  5. Untuk mengubah background menjadi foto atau screenshot sesuai tema video Anda, pilih menu Background pada pojok kanan bawah. Selanjutnya apakah Anda ingin mengimpor gambar dari galeri atau menggunakan gambar yang tersedia pada aplikasi.
  6. Cara membuat thumbnail di HP dengan aplikasi Ultimate Thumbnail Maker For YouTube selanjutnya adalah Anda dapat mengubah elemen seperti teks, warna, font, dan yang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan atau menghapus objek yang tidak Anda inginkan.
  7. Lalu klik tombol simpan (segitiga ke bawah) pada bagian pojok kanan atas untuk menyimpannya di galeri.

Baca Juga: Cara Report Video di YouTube Lewat HP

Menggunakan Aplikasi YouTube Studio

Cara membuat thumbnail di HP selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi YouTube Studio. Melalui aplikasi ini, maka Anda dapat mengatur rasio sesuai dengan keinginan Anda atau standar dari YouTube.

Berikut ini beberapa langkah membuat thumbnail di HP dengan YouTube Studio.

  1. Buka aplikasi YouTube Studio, lalu tap menu lalu video
  2. Select Video yang akan Anda edit menjadi thumbnail, kemudian tap edit> edit thumbnail
  3. Berikutnya select thumbnail Anda
  4. Selanjutnya konfirmasi pilihan thumbnail YouTube Anda serta tap select
  5. Langkah selanjutnya tap save untuk menyimpan.

Selain menggunakan pilihan aplikasi di atas, dalam cara membuat thumbnail YouTube di HP juga harus memperhatikan beberapa hal lain. Mulai dari pemilihan gambar, tulisan, serta background yang menarik. Pastikan juga teks mudah terbaca. Anda juga dapat menambahkan efek stiker lebih menarik serta terapkan teknik kontras dalam pembuatan thumbnail YouTube. Ini semua menjadi teknik dasar pembuatan thumbnail YouTube yang menarik. (R10/HR-Online)

- Advertisment -