Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Kursi Mobil Macet, Temukan Langkahnya di Bawah Ini!

Cara Memperbaiki Kursi Mobil Macet, Temukan Langkahnya di Bawah Ini!

Cara memperbaiki kursi mobil macet terlihat seperti hal sepele. Namun siapa sangka jika ternyata tidak banyak orang yang mengetahuinya. Permasalahan ini kerap terjadi pada jok mobil bagian tengah.

Dalam kondisi normal, kaki kursi atau jok bisa lepas dari posisinya dan kita lipat ke depan. Namun dalam situasi tertentu, kursi tengah tersebut bisa saja terkunci. Akibatnya, kursi atau jok mobil tidak dapat kita lipat ke depan.

Lantas, apa penyebab dari permasalahan ini? Mari kita temukan jawabannya melalui pembahasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kursi Mobil Macet dan Pemicunya

Seperti kita ketahui, cara kerja jok pada mobil-mobil tertentu, terutama jok bagian tengah ada yang bisa terlipat ke depan.

Apabila tuas setel yang berada di bagian samping jok dudukan kita tarik, otomatis sandaran jok akan terlipat ke bawah tepat pada jok bagian dudukan.

Selanjutnya, pengunci jok akan terlepas dari lantai mobil, sehingga secara keseluruhan jok tersebut bisa terlipat ke depan.

Baca Juga : Tips Beli Mobil Keluarga, Dapatkan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Hal ini biasa kita lakukan ketika ada penumpang atau barang yang cenderung besar ke jok bagian belakang.

Namun, tiba-tiba kita mendapati jok tersebut tidak bisa sempurna terlipat ke depan. Apa penyebabnya?

Penyebab Jok Mobil Macet

Sebelum mengetahui cara memperbaiki kursi mobil macet alias tidak bisa kita lipat ke depan, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan jok tengah tidak bisa diangkat atau terkunci. Penyebab utama dan kerap terjadi adalah bersumber dari tali atau pengikat pada jok bawah.

Kemungkinan besarnya, tali kawat yang berguna untuk membuka kancingan (membuka lock pada bagian bawah jok) sedang terputus atau lepas.

Sedangkan, kemungkinan kedua penyebab kursi mobil macet adalah berasal dari tuas penarik kancingan. Di mana saat kita lipat tuas penarik kancingan jok tersebut tidak dapat mendorong roller untuk menarik kawat seling. Ini disebabkan plat pendorong bengkok.

Baca Juga : Lampu Variasi Mobil, Tips dan Merk yang Berkualitas

Itu adalah dua kemungkinan yang dapat memicu macetnya kursi mobil bagian tengah. Untuk cara memperbaiki kursi mobil macet, berikut ini ulasannya.

Bisa kita ingat posisi kursi jok mobil saat macet adalah hanya bisa dilipat, namun tidak bisa terlipat hingga bagian depan.

Kedua penyebab permasalahan macetnya jok terdapat di bagian kiri kursi sebelah kanan, dan bagian kanan jika kursi adalah sebelah kiri.

Cara Memperbaiki Kursi Mobil Macet

Karena sudah tahu kemungkinan penyebabnya, kita akan lanjut ke upaya perbaikannya. Cara ini tidak sulit dan bisa kita lakukan sendiri.

Cukup sediakan obeng (+) plus untuk penutup bagian yang fungsinya membuka pengunci dari kursi itu sendiri. Penutup ini terletak di masing-masing kursi bagian samping.

Untuk langkahnya, pertama, ambil obeng dan buka penutup di kursi yang mengalami kemacetan. Ada dua buah sekrup pengunci di sana dan buka dengan obeng tersebut.

Baca Juga : Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani

Lepaskan penutup dan letakan di tempat lain sehingga tidak mengganggu kinerja Anda selama membenahi komponen di dalamnya. Jangan lupa untuk menyimpan kedua sekrup tersebut.

Cara memperbaiki kursi mobil macet selanjutnya adalah teliti bagian dalam penutup. Apakah ada bagian tali penarik yang terputus sehingga menyebabkan tali lepas dari tuas penarik?

Jika iya, maka hal itulah yang menjadikan pengunci tidak bisa terlepas lantaran tali tidak ikut tertarik saat kita lipat.

Untuk menangani ini, kita bisa mencoba secara manual dengan menarik tali tersebut. Nantinya, kunci akan lepas dan kursi dapat terlipat ke bagian depan.

Gunakan kawat jenis apa saja, seperti kawat isi kabel misalnya untuk kita lilitkan ke bagian lubang tuas hingga ujung tali tidak terlepas, dan bisa menyambung dengan tuas pengungkit.

Untuk proses akhir cara memperbaiki kursi mobil macet adalah kita pasang kembali penutupnya beserta sekrup penguncinya.

Sekarang, jok mobil sudah bisa kita buka dengan mudah, sebab otomatis akan terbuka dengan sendirinya saat kursi tersebut kita lipat.

Sangat mudah bukan? Cukup di bagian itu saja yang kita buka untuk membenahi jok mobil saat tidak bisa terlipat ke depan. Setelah ini tidak perlu lagi khawatir apabila mengalami masalah yang demikian.

Untuk pembahasan mengenai cara memperbaiki kursi mobil macet kiranya cukup sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -