Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mencerahkan Kulit Ketiak dengan Bahan-bahan Rumahan

Cara Mencerahkan Kulit Ketiak dengan Bahan-bahan Rumahan

Cara mencerahkan kulit ketiak bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang biasa ada di dapur rumah. Selain mudah mendapatkannya, dengan cara alami ini kamu juga bisa menghemat pengeluaran.

Pada umumnya memang ketiak bukan masalah yang harus dikhawatirkan. Tetapi bagi sebagian orang, terutama kaum wanita, warna kulit ketiak yang hitam jadi masalah cukup serius, bahkan terkesan mengganggu.

Tentunya hal seperti ini membuat orang, khususnya wanita merasa tidak pede (percaya diri). Karena warna kulit pada ketiak sejatinya tak jauh beda dengan warna kulit pada bagian tubuh lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber, perbedaan itu disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa membuat warna kulit ketiak kelihatan gelap.

Beberapa faktor itu antara lain terjadinya penumpukan sel kulit yang mati, salah saat mencukur bulu ketiak, akibat gesekan antara kulit ketap dengan pakaian. Atau bisa juga karena iritasi deodorant.

Namun, kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa caranya;

Baca Juga : Rekomendasi Deodorant Anti Bau, Bisa Cerahkan Ketiak

6 Cara Mencerahkan Kulit Ketiak dengan Bahan Rumahan

Kunyit

Bahan alami yang biasa ada di dapur rumah adalah kunyit. Bumbu dapur yang satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Efeknya selain dapat mencerahkan, kunyit juga mempunyai sifat antibakteri sehingga dapat membantu menghilangkan bau tak sedap yang muncul dari ketiak.

Untuk mengaplikasi cara alami ini juga sangat mudah, cukup mencampurkan kunyit dengan jus lemon segar sebanyak sendok makan.

Kemudian, aduk perlahan sampai menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pada ketiak secara merata. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 30 menit, baru bilas dengan air hangat.

Minyak Kelapa

Cara mencerahkan kulit ketiak dengan bahan alami yang berikutnya yaitu menggunakan minyak kelapa. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa beberapa tetes saja pada bagian permukaan ketiak.

Baca Juga : Kulit Kaki Hitam dan Mengeras, Tips Mencerahkan Memakai Bahan Alami

Setelah itu, biarkan selama 15 menit, baru kemudian cuci ketiak dengan menggunakan sabun dan air hangat, lalu keringkan.

Mentimun

Mentimun selain bisa menenangkan kulit, juga berkhasiat untuk memutihkan kulit ketiak. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam mentimun berfungsi mengangkat sel-sel kulit yang mati, sekaligus mencerahkan kulit.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, kamu tinggal mengiris mentimun menjadi tipis, kemudian gosokan secara perlahan ke bagian kulit ketiak yang gelap.

Setelah itu, biarkan dulu beberapa menit saja, lalu bilas dengan menggunakan air bersih, dan keringkan.

Kentang

Cara mencerahkan kulit ketiak dengan bahan alami yang selanjutnya yaitu menggunakan kentang. Jenis umbi-umbian ini mengandung enzim catecholase yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya masalah hiperpigmentasi kulit.

Selain itu, kentang yang memiliki sifat anti-inflamasi juga dapat membantu mengurangi gatal yang biasa terasa setelah mencukur bulu ketiak.

Baca Juga : 6 Tren Kecantikan di TikTok, Menurut Dokter Kulit Sebaiknya Dihindari

Untuk mengaplikasikan cara alami ini, kamu cukup parut kentang lalu peras untuk mendapatkan airnya. Setelah itu, air dari perasan kentang oleskan pada kulit ketiak yang terlihat hitam.

Kemudian, biarkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu baru bilas dengan menggunakan air, dan keringkan.

Lemon

Buah lemon dikenal memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak. Kandungan asam dalam lemon mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik. Sehingga lemon ampuh mengangkat sel-sel kulit yang mati.

Cara mencerahkan kulit ketiak menggunakan lemon ini sangat mudah. Kamu tinggal gosokan irisan buah lemon secara perlahan pada permukaan ketiak.

Setelah itu, biarkan dulu menyerap selama kurang lebih 10 menit. Baru kemudian kamu bilas menggunakan air bersih, lalu keringkan dengan handuk.

Minyak Tea Tree

Selain minyak kelapa, tea tree oil juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit ketiak. Karena minyak esensial yang satu ini juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kulit. Termasuk mengatasi kulit ketiak yang gelap.

Namun, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan jika menggunakan minyak tea tree. Jangan mengoleskan secara langsung ke bagian kulit ketiak karena dapat menimbulkan iritasi.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan dulu beberapa tetes minyak tersebut dengan air. Baru kemudian oleskan perlahan pada permukaan ketiak. Cara ini bisa kamu ulangi setelah mandi.

Itulah cara mudah mencerahkan ketiak yang hitam dengan menggunakan 6 bahan alami yang biasa tersedia di dapur rumah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img