Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menetralkan Rem Kopling yang Mudah, Berikut Tutorialnya

Cara Menetralkan Rem Kopling yang Mudah, Berikut Tutorialnya

Cara menetralkan rem kopling ternyata penting untuk kita ketahui. Kenapa? Karena, pada faktanya, masih banyak orang ahli dalam mengendarai motor kopling, akan tetapi masih susah untuk menetralkannya. Uniknya, hal yang demikian itu memang sudah dialami oleh banyak orang.

Sering kita ketahui, belajar mengendarai motor kopling itu ternyata juga lebih susah daripada yang non kopling.

Hal tersebut, memiliki alasan, yang beragam. Akan tetapi, alasan yang paling dominan dan utama adalah, biasanya kita tinggal menginjak pedal transmisi supaya bisa oper gigi.

Baca Juga : Cara Pindah Gigi Motor Kopling yang Aman Bagi Pengendara

Namun, untuk kopling sendiri, Anda harus menggunakan pedal kopling yang terdapat pada tangan kiri, untuk sukses oper gigi motor.

Kehadiran motor kopling dalam kehidupan memang hal yang tidak bisa kita pungkiri. Bahkan sekarang ini juga, banyak orang yang lebih memilih untuk berkendara dengan motor. Karena lebih efisien dan hemat waktu.

Apalagi, saat macet. Mobil tentunya tidak bisa menyalip. Tetapi motor, bisa nyelip, sampai tujuan lebih cepat.

Cara Menetralkan Rem Kopling Sangat Mudah

Nah, untuk Anda yang baru mencoba belajar berkendara motor kopling, jangan takut, hanya karena masih banyak yang belum begitu fasih untuk menetralkan remnya. Itu bukan masalah yang mendominasi. Apabila Anda masih ragu untuk melanjutkannya, alangkah lebih baiknya, menyimak penjelasan berikut ini.

Oh iya, sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai bagaimana caranya untuk menetralkan rem kopling, perlu Anda ketahui terlebih dahulu, beberapa jenis pedal atau personel gigi.

Terdapat beberapa jenis penggunaan untuk pedal gigi kiri. Sedangkan untuk cara mengopernya, terkadang ada sistem rotary, N-1-2-3-4-5. Tapi, ada juga 1-N-2-3-4-5.

Untuk rotary sendiri, cara menetralkan rem kopling sangat mudah. Pasalnya, Anda hanya butuh menginjak tuas kopling ke bagian depan, supaya bisa naik gigi.

Baca Juga : Tuas Kopling Motor Keras, Begini Cara Mengatasinya

Sedangkan untuk menurunkan, maka injak saja pada bagian belakangnya. Biasanya, cara tersebut akan kita temui pada old Jupiter MX.

Kemudian untuk 1-N-2-3-4-5, mungkin bisa dikatakan lebih rumit daripada tipe yang sebelumnya. Agar Anda bisa naik ke gigi satu, maka tugas Anda menginjak tuas pada bagian depan. Berbeda dengan cara dari satu sampai dengan lima. Anda harus, menginjak tuas pada bagian belakangnya. Oh iya, hal tersebut akan Anda temui, pada New Vixion.

Tutorial Menetralkan Motor Kopling

Lanjut ke pembahasan cara menetralkan rem kopling. Jangan panik, karena caranya sangatlah mudah. Namun, sebaiknya pastikan motor Anda tersebut, benar-benar dalam keadaan netral. Supaya, nantinya motor tidak lompat sendiri, padahal Anda belum siap sama sekali. Bagaimana nantinya, merugikan bukan?

Cara untuk mencari posisi gigi supaya netral sangatlah mudah. Intinya, berada di tengah-tengah antara gigi satu dan dua. Atau 1-N-2-3-4-5. Dengan demikian, supaya Anda bisa menetralkan, Anda harus menekan tuas kopling.

Selain itu, Anda juga harus menginjak pedal transmisi yang terdapat pada bagian depan. Lakukan hal tersebut, sampai tidak dapat berganti gigi.

Selanjutnya, Anda juga harus mencungkil pedal menuju ke arah atas. Tetapi, Anda juga bisa menginjak pedal ke belakang sembari tetap dengan menekan tuas koplingnya. Namun, jangan terlalu lama. Pasalnya, hal tersebut jika Anda lakukan, maka akan membuat masuk ke gigi dua.

Agar lebih mudah lagi, Anda juga bisa memberikan sedikit dorongan motor ke depan. Maka, sudah pasti cara menetralkan rem kopling Anda tersebut, berhasil.

Ciri-Ciri Motor Kopling Sudah Netral

Nah, untuk menambah kepercayaan Anda, bahwa usaha yang sudah Anda lakukan itu benar-benar berhasil. ketahuilah ciri-cirinya, seperti berikut ini.

Paling utama ciri-cirinya adalah, huruf N pada panel instrumennya menyala. Untuk menambahkan pengetahuan Anda, ketika motor masih baru, akan tetapi giginya tidak netral atau masuk. Tidak bisa kita starter. Alasannya adalah, supaya pengendaranya, tidak mencolot.

Nah, bagi Anda para pemula, penting sekali hukumnya untuk menyimak penjelasan mengenai cara menetralkan rem kopling tersebut. Supaya Anda bisa cepat bisa saat belajar motor kopling dan selamat.

Meskipun begitu, akan tetapi bukan itu faktor yang akan mendukung Anda, supaya bisa belajar berkendara dengan cepat. Melainkan usaha yang maksimal. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru