Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar dengan 3 Langkah

Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar dengan 3 Langkah

Cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar bisa Anda lakukan sendiri. Melakukan perbaikan berbagai komponen pada kendaraan memang bisa dilakukan sendiri.

Hal ini dengan catatan Anda tahu masalah otomotif secara baik dan benar. Jangan hanya sekedar tahu saja. Pastikan Anda mengetahui berbagai masalah hingga cara mengatasinya dengan tepat.

Jika memang belum paham, sebaiknya bawa ke bengkel terbaik. Apalagi jika masalah yang terjadi sudah cukup parah, lebih baik langsung bawa pada ahlinya.

Berbagai masalah memang bisa terjadi pada kendaraan tipe mana saja. Bahkan Anda juga bisa merasakan jika kondisinya sedang tidak baik.

Untuk itu, agar bia tetap menjaga kondisi kendaraan dalam kondisi aman, pastikan melakukan perawatan. Berikan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Sehingga komponen kendaraan tidak akan mengalami kerusakan semakin parah. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau Anda harus melakukan pembongkaran pada bagian kaburator.

Kondisi banjir pada karburator memang sering terjadi. Bahkan masalah ini menjadi penyakit yang sering muncul pada motor dengan sistem bahan bakar karburator.

Baca Juga : Perawatan Motor Setelah Turun Mesin Agar Kendaraan Kembali Prima

Ada banyak penyebab mengapa hal ini terjadi berikut dengan cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar.

Salah satu tanda karburator banjir yaitu adanya rembesan bensin pada bagian knalpot. Jika hal ini Anda alami, segera berikan penanganan yang tepat.

Ketahui Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar dengan Aman

Sepeda motor menjadi salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia. Kendaraan yang satu ini memiliki beragam komponen untuk bisa berjalan dengan baik.

Salah satu komponen yang penting fungsinya yaitu karburator. Fungsi dari komponen satu ini yaitu sebagai perantara bahan bakar udara yang selanjutnya menjadi kabut.

Sayangnya, komponen sepeda motor yang satu ini juga sering mengalami masalah. Dengan adanya kelebihan petrol pada ruang karburator atau biasa disebut karburator banjir.

Jika sudah mengalami hal ini, tentu Anda harus segera mengatasinya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika karburator banjir bisa disebabkan beragam faktor.

Baca Juga : Ciri-ciri Radiator Motor Rusak, Efek Buruk dan Cara Perawatannya

Namun yang sering kali terjadi yaitu pada sistem pelampungnya. Meluapnya bensin dari ruang karburator akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

Agar tidak semakin parah, Anda bisa melakukan perbaikan tanpa harus membongkarnya. Bahkan jika hal ini Anda biarkan, masalah yang bisa terjadi yaitu membuat motor mogok. Agar tidak semakin parah, berikut ini ada beberapa cara tepat untuk mengatasinya.

Pertama

Pada langkah awal sebagai cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar yaitu membersihkan busi. Cara yang bisa Anda lakukan ketika karburator banjir yaitu segera membuka businya.

Selanjutnya bersihkan komponen tersebut, juga bagian tutup keran bensin. Anda bisa gunakan bantuan kick starter beberapa kali tanpa harus menyalakan kontak. Lakukan dengan tepat tanpa harus melakukan pembongkaran karburasi.

Kedua

Cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar yang kedua yaitu cek bagian needle valve. Untuk langkah selanjutnya ini bisa Anda lakukan jika cara pertama gagal.

Baca Juga : Tangki Motor Kemasukan Benda, Ketahui Dampak dan Solusinya

Komponen needle valve memiliki fungsi untuk mengatur buka tutup aliran bensin dari tangki ke bagian karburator. Needle valve biasanya berada pada bagian bawah karburator. Sehingga terhubung langsung dengan pelampung.

Ketiga

Untuk cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar selanjutnya yaitu dengan mengecek bagian pelampung. Seperti yang sudah banyak diketahui jika berbagai penyebab bisa mengakibatkan karburator banjir.

Solusi yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan pengecekan pada bagian pelampungnya. Lepaskan karburator dari intake manifold. Selain itu, lepaskan juga kabel choke dan gas.

Buka karburator hingga pelampung berwarna putih. Jika sudah, barulah Anda tarik pen keluar. Dengan begitu, maka komponen needle valve juga akan ikut tertarik dan terlepas secara bersamaan.

Jika sudah, Anda bisa atur gerakan pelampung ke atas dan bawah. Anda harus pastikan needle valve terbuka penuh ketika pelampung pada posisi bagian bawah.

Sebaliknya, pastikan needle valve tertutup maksimal ketika pelampung berada pada posisi atas. Namun untuk bisa memastikan pemasangan tidak ada penyumbatan, bersihkan dulu agar tak ada kotoran yang menempel.

Anda bisa gunakan cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar tersebut. Sehingga kondisi kendaraan bisa aman saat digunakan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -