Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Tangki Motor Kemasukan Air, Begini Langkahnya!

Cara Mengatasi Tangki Motor Kemasukan Air, Begini Langkahnya!

Cara mengatasi tangki motor kemasukan air perlu Anda ketahui karena permasalahan ini ternyata bukan hal sepele. Sebagian pengguna motor atau bahkan Anda sendiri, barangkali pernah mengalami kejadian ini.

Meski dalam keadaan tertutup sekalipun, tangki masih menuai kemungkinan untuk kemasukan air, mengingat sifat air yang bisa menyelinap melalui celah-celah kecil.

Oleh sebab itulah, mendapati bahan bakar kendaraan yang terkontaminasi dengan air memang suatu permasalahan yang mudah terjadi.

Namun Anda tidak perlu khawatir atau panik saat mengalami situasi ini, karena masih ada solusi untuk menangani.

Sebelumnya, Anda juga perlu tahu terlebih dahulu tentang ciri-ciri bagaimana sebuah motor yang bahan bakarnya tercampur dengan air.

Cara Mengatasi Tangki Motor Kemasukan Air Beserta Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Tangki kemasukan air, tentunya sebelum itu sudah ada penyebabnya. Pengguna kerap tidak menyadari aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan bahan bakar dalam tangki motornya tercemar air.

Baca Juga : Spion Variasi Motor Menambah Kendaraan Semakin Terlihat Sporty

Mereka baru akan menyadari jika sudah timbul gejala pada kendaraan bermotornya. Lantas gejala macam apa yang akan timbul jika tangki motor kemasukan air ini?

Penyebab Tangki Motor Kemasukan Air dan Ciri-Cirinya

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi tangki motor kemasukan air, kita bisa cari tahu dulu terkait penyebabnya. Ada beberapa faktor yang membuat air bisa menyelinap ke dalam tangki motor dan mencampur bahan bakar.

Pertama yakni, ketika berkendara dan nekat menerobos hujan. Melirik dari faktor ini, maka motor sport adalah yang paling berisiko. Namun bukan berarti motor jenis lain tidak.

Masuknya air dalam tangki motor juga bisa bersumber dari bahan bakar di SPBU yang memang terkontaminasi dengan air. Maka hal ini bisa menyerang pengguna motor semua.

Penyebab ketiga, bisa juga berasal dari air ketika Anda sedang melakukan cuci steam kendaraan Anda. Terlihat sebagai hal yang remeh memang.

Namun jika cara mengatasi tangki motor kemasukan air tidak Anda lakukan dapat merambat pada kerusakan komponen yang lainnya.

Baca Juga : Tanda-Tanda Karburator Vakum Rusak, Periksa Tanpa Membongkar

Mengingat teori lama, bahwa air dengan minyak seperti bensin ini tidak bisa menyatu. Maka dari itu, apabila keduanya bercampur akan mengakibatkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Gejala-gejala tangki motor kemasukan air kerap terlihat dari kinerja mesinnya yang tidak optimal. Bisa brebet atau bahkan mati, tidak bisa Anda starter.

Akan tetapi jika air sudah mulai merasuk ke ruang bakar kendaraan, maka akan memicu hidrodinamik serta menyebabkan kerusakan pada bagian mesin motor, seperti piston.

Itulah mengapa, sangat penting mengetahui cara mengatasi tangki motor kemasukan air sebelum parah dan merambat ke mesin.

Biasanya, semakin banyak kandungan air yang terdapat dalam tangki, maka akan semakin sulit juga mesin motor untuk bekerja. Tidak perlu panik, karena penanganan ini tidaklah sulit.

Bahkan ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Untuk penjelasan gamblangnya, Anda bisa mencermati langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga : Merawat Motor Listrik Saat Musim Hujan

Cara Mengatasi Tangki Motor Kemasukan Air

Apabila Anda merasa kendaraan bergejala seperti di atas, maka lakukan penanganan segera. Mudahnya Anda bisa mengecek bagian tangki, karburator, atau throttle body.

Jika memang terlihat jejak air di sana, Anda bisa melakukan pengurasan tangki hingga tidak ada sedikitpun air yang tersisa di sana. Jejak air ini bisa terlihat sebagai bercak-bercak putih.

Bersihkan tangki tersebut dan pastikan Anda menunggunya hingga kering kembali. Pekerjaan ini bisa Anda lakukan secara mandiri saja.

Tapi, jika ternyata Anda tidak bisa melakukannya, Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Cara mengatasi tangki motor kemasukan air kedua adalah dengan memanfaatkan produk cairan pembersih bahan bakar.

Untuk melakukan cara ini, Anda tidak perlu menguras tangki motor, namun cukup menuangkan cairan fuel cleaner ke dalam tangki.

Lakukan hal tersebut ketika Anda sedang mengisi bahan bakar kendaraan Anda. Alangkah baiknya lagi, jika Anda menuangkannya terlebih dahulu cairan fuel cleaner, baru kemudian isi dengan bensin.

Cairan fuel cleaner ini terpercaya dengan kemampuannya menyekat bensin dengan molekul air. Sehingga bisa menjadi alternatif lainnya untuk mengatasi tangki motor yang terkontaminasi dengan air.

Tidak sulit, tidak rumit, bukan? Semoga ulasan terkait cara mengatasi tangki motor kemasukan air ini bermanfaat. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru