Selasa, Desember 7, 2021
BerandaTeknologiAplikasiCara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet Melalui Fitur Multi Device

Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet Melalui Fitur Multi Device

Cara menggunakan WhatsApp tanpa internet sepertinya belum banyak diketahui oleh para penggunanya. Seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang populer di kalangan masyarakat.

Selain memudahkan dalam berkomunikasi, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang menarik dan lengkap. Salah satu fitur yang mencuri perhatian baru-baru ini adalah fitur Multi Device.

Dengan fitur ini, memungkinkan para penggunanya untuk memakai WhatsApp pada 4 perangkat sekaligus. Selain itu, para pengguna juga dapat mengakses WhatsApp tanpa harus terhubung dengan koneksi internet.

Baca Juga: Kirim Aplikasi Lewat WA Menjadi Lebih Mudah dan Sederhana

Ketahui Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet

Tidak semua pengguna aplikasi WhatsApp dapat menggunakan fitur yang terdapat di dalamnya. Pasalnya, hingga kini masih banyak fitur atau keunggulan WhatsApp yang mungkin belum pengguna ketahui. Salah satunya adalah cara menggunakan WhatsApp tanpa terhubung dengan koneksi internet.

Sebagian besar pengguna tentu lebih paham jika WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang harus menggunakan internet saat digunakan. Namun saat ini, WhatsApp telah berkolaborasi dengan Facebook dengan meluncurkan fitur terbaru bernama Multi Device.

Beta Multi Device merupakan salah satu fitur WhatsApp yang memberikan Anda akses lebih banyak dalam menghubungkan WhatsApp web, desktop, serta portal sekaligus. Dengan demikian, meskipun perangkat HP dalam keadaan tanpa adanya koneksi internet, para pengguna masih dapat mengirim pesan, media, serta panggilan.

Saat ini, fitur Multi Device masih dalam tahap uji coba atau tahap versi Beta. Untuk dapat menjajal versi Beta ini, maka WhatsApp menyarankan bagi para penggunanya untuk melakukan pembaruan atau update aplikasi ke versi terbaru.

Selanjutnya, setelah pembaruan versi berhasil dilakukan, maka para pengguna dapat menggunakan WhatsApp tanpa harus mencari jaringan internet.

Cara menggunakan WhatsApp tanpa internet tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Hal ini dapat pengguna lakukan dengan langkah-langkah yang cukup sederhana.

Baca Juga: Cara Tautkan Perangkat di WhatsApp Web Tanpa Menyalakan HP

Langkah Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet dengan Fitur Multi Device

Berikut ini beberapa cara untuk dapat menggunakan WhatsApp tanpa koneksi internet melalui fitur Multi Device:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat HP Anda
  2. Selanjutnya ketuk ikon tiga titik vertikal pada pojok kanan atas
  3. Langkah berikutnya pilih pengaturan “Perangkat Tertaut”
  4. Cara menggunakan WhatsApp tanpa internet melalui fitur Multi Device selanjutnya adalah dengan pilih “Beta Multi-Device”
  5. Lalu ketuk “Gabung ke Beta”

Cara Kerja Fitur Multi Device WhatsApp

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan WhatsApp melalui fitur Multi Device, maka Anda juga perlu tahu bagaimana kinerjanya.

Setelah pengguna berhasil menghubungkan perangkat pendamping, maka ponsel akan mengirimkan salinan riwayat pesan terkini ke perangkat yang baru saja Anda hubungkan.

Dalam hal ini, para pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanan pesan yang terkirim. Pasalnya, pesan terenkripsi secara end-to-end. Selanjutnya riwayat pesan nantinya akan tersimpan pada perangkat pendamping.

Setelah pengguna berhasil bergabung dalam Beta Multi Device sebagai cara menggunakan WhatsApp tanpa internet, maka pengguna perlu menautkan lagi HP ke perangkat pendampingnya.

Meskipun fitur dapat memudahkan Anda untuk terhubung ke 4 perangkat sekaligus, akan tetapi hanya bisa menghubungkan 1 perangkat HP ke akun WhatsApp pada 1 waktu.

Baca Juga: Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp untuk Proses Backup, Ini Cara Aktifkan!

Melalui laman resminya, WhatsApp menjelaskan jika perangkat ponsel tidak digunakan selama lebih dari 14 hari, maka perangkat yang tertaut pun secara otomatis terputus. Selain itu, fitur Multi Device juga tidak dapat bekerja pada WhatsApp versi lama.

Dalam penggunaan fitur Beta Multi Device sebagai cara menggunakan WhatsApp tanpa internet, perlu Anda ketahui bahwa fitur ini tersedia bagi para pengguna Whatsapp regular serta WhatsApp bisnis versi terkini.

Baik pada sistem operasi Android ataupun iPhone. Meskipun demikian, fitur ini tak mendukung penghapusan chat bagi penggunaan perangkat iPhone.

Selain itu, pengiriman pesan ataupun panggilan kepada pengguna lain pun juga tidak akan berhasil apabila penerima masih menggunakan WhatsApp versi lama pada HP mereka. Fitur Beta Multi Device juga tidak dapat bekerja pada perangkat tablet.

Cara menggunakan WhatsApp tanpa internet melalui fitur Multi Device memang cukup mudah. Akan tetapi, terdapat beberapa fitur yang tidak dapat Anda lakukan apabila menggunakan WhatsApp Beta Multi-Device. Mulai dari melihat lokasi perangkat lain, menyematkan ruang obrolan, tak dapat bergabung, melihat, dan mengatur ulang undang grup dari WhatsApp Web maupun Desktop. (R10/HR-Online)

- Advertisment -