Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menghapus Spam di Kalender iPhone Praktis, Simak Tutorialnya!

Cara Menghapus Spam di Kalender iPhone Praktis, Simak Tutorialnya!

Cara menghapus spam di kalender iPhone penting dipahami oleh para penggunanya. Spam calendar dapat terjadi karena para pengguna iPhone menerima notifikasi dari tampilan web untuk mendaftar pada sebuah kalender berlangganan.

Hal ini berasal dari akun email yang Anda gunakan, saat membaca pesan spam lantas tidak sengaja menekan tombol jebakan. Selanjutnya para pengguna pun akan memperoleh notifikasi dari aplikasi calendar di iPhone yang berisi informasi aneh.

Sebagai contoh, informasi berisi pengumuman undian iPhone, informasi data di iPhone yang terkena virus, atau bentuk informasi aneh lainnya.

Masalah inilah yang biasa disebut dengan spam calendar. Lalu bagaimanakah cara untuk menghentikan spam calendar yang terdapat pada perangkat iPhone tersebut? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Ganti Nada Alarm iPhone dengan Berbagai Cara Mudah, Ini Pilihannya!

Inilah Cara Menghapus Spam di Kalender iPhone

Apple mengklaim jika sistem operasi mereka merupakan OS paling aman untuk virus atau aktivitas malware yang dapat membahayakan penggunanya. Bahkan terdapat beberapa ahli teknologi yang mengiyakan hal tersebut.

Namun ada saja yang dilakukan oleh para pelaku black hat di luar sana dalam mencari celah apapun untuk mengancam kenyamanan para pengguna iOS.

Tentang Virus Spam Kalender di iOS

Salah satu yang black hat lakukan dan cukup meresahkan bagi para pengguna iOS adalah menghadirkan virus spam kalender. Virus ini berupa format yang disematkan ke dalam jadwal atau schedule aplikasi kalender.

Hadirnya virus ini mengakibatkan adanya notifikasi, melakukan perintah, serta iklan yang cukup mengganggu bagi para pengguna iPhone ataupun iPad.

Hali ini dapat terjadi saat Anda melakukan aktivitas browsing serta membuka atau mengizinkan pop up yang ada. Sedangkan pop up tersebut berisikan spam kalender secara otomatis.

Pada umumnya, virus spam kalender dapat dengan mudah kita temukan pada beberapa situs streaming film gratisan. Selain menampilkan iklan cukup banyak, situs tersebut juga menyematkan virus spam kalender yang dapat menjebak pengguna. Termasuk spam kalender saat para pengguna tidak sengaja mengetuk tombol yang terdapat di tengah layar mereka.

Hadirnya notifikasi ini tentunya sangat mengganggu. Namun Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara menghapus spam di kalender iPhone untuk menghindari serangan virus tersebut.

Baca Juga: Ganti Nomor WhatsApp di HP Android dan iPhone, Ikuti Cara Ini

Cara Pertama

Anda dapat menggunakan cara pertama ini pada saat ingin menghapus satu per satu spam kalender yang tersemat. Cara ini cukup tepat Anda lakukan untuk mengantisipasi jadwal yang telah Anda sematkan agar tidak ikut terhapus. Dengan cara ini, Anda dapat memilih satu per satu spam kalender yang Anda anggap mengganggu. Caranya antara lain:

  1.  Mengakses aplikasi kalender Anda.
  2.  Kemudian pilih salah satu daftar tanggal yang telah terjadwal serta Anda curigai sebagai spam kalender.
  3.  Ketuk “Calendars” yang terdapat pada bagian bawah layar
  4. Lalu edit kalender dengan ketuk ikon About atau Detail
  5. Selanjutnya pilih “Delete Calendar” pada bagian menu bawah dan spam kalender pun akan terhapus

Baca Juga: Cara Restart iPhone Saat Bermasalah Paling Tepat dan Lengkap

Cara Kedua

Adapun cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghapus spam di kalender iPhone adalah:

  1. Pastikan perangkat iPhone Anda dalam keadaan hidup serta tidak terkunci.
  2. Selanjutnya buka Pengaturan atau Setting
  3. Swipe ke bawah sampai menemukan opsi Calendar.
  4. Selanjutnya tap opsi “Accounts”. Pada jendela ini Anda akan melihat daftar akun yang telah login pada perangkat iPhone Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu melihat beberapa atau salah satu daftar akun yang menurut Anda bukanlah akun Anda. Pada umumnya, daftar akun ini hanya menyematkan Calendars dan Reminders. Dengan demikian, Anda hanya perlu melihat salah satu dari beberapa akun yang telah bertaut dengan perangkat iPhone Anda.
  5. Cara menghapus spam di kalender iPhone selanjutnya adalah dengan cari nama akun yang tidak Anda kenal. Apabila ada, maka tap akun tersebut.
  6. Tap kembali akun tersebut untuk memperoleh informasi yang lebih detail
  7. Lalu tap opsi Delete Account sebagai konfirmasi.

Setelah Anda mengikuti cara menghapus spam di kalender iPhone di atas hingga selesai, maka untuk memastikan lebih detail, Anda dapat membuka kembali aplikasi kalender. Selanjutnya lihat apakah daftar virus spam kalender masih tersemat atau sudah hilang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -