Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menghitamkan Dashboard Mobil Agar Tampilannya Lebih Kinclong

Cara Menghitamkan Dashboard Mobil Agar Tampilannya Lebih Kinclong

Cara menghitamkan dashboard mobil adalah salah satu trik untuk menjaga kondisinya agar tetap menawan. Walaupun letak dashboard berada di bagian interior, namun tidak menutup kemungkinan warnanya menjadi kusam.

Oleh karena itu, Anda tetap harus melakukan sesuatu supaya dashboard terlihat lebih hitam dan bersih. Karena kecantikan sebuah mobil tidak hanya terlihat dari bagian luar saja. Tetapi kecantikan interior juga salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan.

Hal tersebut agar kondisi interior tetap prima dalam keadaan apapun. Dashboard merupakan bagian interior yang paling sering kontak dengan pengguna.

Bahkan keberadaan dashboard langsung terpapar oleh sinar matahari yang memungkinkan kualitasnya semakin menurun. Inilah salah satu alasan Anda perlu merawat kondisinya agar tetap hitam.

Inilah Cara Menghitamkan Dashboard Mobil

Pada dasarnya, dashboard yang berwarna hitam lama-kelamaan akan berubah warna menjadi pudar. Jika pemilik tidak merawatnya dengan baik, maka keadaan tersebut bisa merusak pemandangan. Bahkan bisa mengurangi kualitas dari dashboard mobil.

Baca juga : Tips Membeli Mobil Bekas dengan 5 Cara Ampuh dan Efisien

Kini dashboard mobil bisa kembali hitam dengan cara yang mudah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan tanpa harus pergi ke salon mobil. Cukup memanfaatkan berbagai bahan di rumah, dashboard mobil bisa kembali menghitam.

Menggunakan Semir Pilihan Terbaik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan semir dashboard pilihan terbaik. Maksudnya menggunakan semir dengan kualitas unggul dan cocok untuk mobil Anda.

Sebelum membeli semir tersebut, perhatikan kandungannya agar tidak merusak lapisan dashboard. Jika sudah mendapatkan semir pilihan, sebaiknya membersihkan bagian dashboard secara menyeluruh.

Usahakan untuk menggunakan lap chamois dengan keadaan basah. Baru setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan semir dashboard secara merata.

Cara menghitamkan dashboard mobil ini memerlukan perhatian khusus. Sebaiknya Anda menggosokkan semir secara perlahanan dan hati-hati. Gunakan kain microfiber yang halus agar kualitas dashboard tetap terjaga.

Baca Juga : Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Lakukan 4 Langkah Ini Secara Berurutan

Menggunakan Minyak Zaitun

Anda juga bisa menghitamkan dashboard dengan minyak zaitun. Minyak tersebut sudah cukup populer penggunaannya untuk mobil. Selain untuk kecantikan, rupanya otomotif juga membutuhkan minyak zaitun agar tampilannya tidak kusam.

Minyak zaitun mampu menyamarkan serta menghilangkan goresan, bahkan memberi kilap pada dashboard. Caranya sangat mudah, cukup menyiapkan lap kering dan halus untuk menggosokkannya.

Sama seperti prosedur sebelumnya, akan lebih baik jika melakukan pembersihan terlebih dahulu. Usahakan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada dashboard.

Setelah itu, Anda bisa meneteskan minyak zaitun dan menggosoknya secara perlahan. Cara menghitamkan dashboard mobil ini cukup sederhana, namun harus teliti.

Pastikan semua sisi dashboard sudah rata dengan minyak zaitun. Gunakan takaran secukupnya sesuai kebutuhan pada mobil. Penggunaan berlebihan membuat tampilan kurang menarik dan proses pengeringan sangat lama.

Baca Juga : Jenis Sekring Mobil, Hadir dengan 4 Pilihan Berbeda Bentuk dan Warna

Pengecatan Ulang

Cara yang paling simpel adalah melakukan pengecatan ulang pada dashboard. Hanya saja, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan pengecatan ulang.

Jika keadaan dashboard belum terlalu parah, sebaiknya Anda menunda cara ini. Karena masih banyak cara yang bisa Anda lakukan sebelum pengecatan ulang.

Pasalnya, proses pengecatan dashboard mobil tidak bisa dilakukan sembarang orang. Anda perlu mencari teknisi khusus yang bisa menangani hal tersebut.

Cara menghitamkan dashboard mobil ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Artinya Anda membutuhkan budget besar jika menginginkan hasilnya maksimal. Pemilihan jasa juga sebaiknya memperhatikan beberapa kriteria.

Anda jangan sampai salah memilih jasa karena bisa berakibat fatal pada hasilnya. Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakan jasa yang sudah biasa menangani kendala pada mobil. Bahkan Anda bisa memilih jasa resmi sesuai dengan merek mobil yang tersedia.

Melakukan pengecatan ulang bisa memberikan tampilan dashboard layaknya baru. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan perawatan lagi. Justru akan lebih baik merawat dashboard sejak dini agar kualitasnya tetap terjaga.

Lakukan cara pertama dan kedua agar kondisi dashboard tetap prima. Hal tersebut akan mendukung tampilan interior mobil dengan lebih menarik. Tentunya memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dengan tampilan dashboard kinclong serta hitam.

Itulah beberapa cara menghitamkan dashboard mobil yang simpel dan cepat. Anda bisa mencobanya secara mandiri maupun meminta bantuan orang terpercaya. Pastikan bahwa hasilnya nanti memuaskan dan memberikan tampilan menarik pada interior mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -