Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Mata Minus dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Mata Minus dengan Bahan Alami

Cara mengatasi mata minus tidak selalu harus dengan operasi. Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk menurunkan gangguan pada penglihatan. Terlebih untuk Anda yang tidak menyukai atau tidak ingin menggunakan kacamata.

Mata minus merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang daya penglihatan pada mata Anda. Gangguan ini menyebabkan mata tidak dapat melihat objek dengan jelas.

Mata minus atau rabun ini terdapat dua jenis, yaitu rabun jauh dan rabun dekat. Mata minus adalah jenis rabun jauh yang merupakan kelainan mata yang terjadi, karena mata tidak mampu melihat objek dari jarak jauh.

Begitu juga sebaliknya dengan rabun dekat menyebabkan penderitanya tidak mampu melihat objek dari jarak yang dekat. Rabun dekat popular juga dengan sebutan gangguan mata plus.

Penyebab mata minus ini sendiri beragam jenisnya. Seperti karena pola hidup yang buruk atau bisa juga karena adanya faktor genetika. Kurangnya waktu istirahat juga bisa menjadi penyebab mata menjadi rabun.

Gangguan penglihatan mata minus ini bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang tua. Sedangkan untuk mata plus lebih sering terjadi pada orang tua akibat proses penuaan yang terjadi.

Baca Juga : Terapi Mata Minus, Kenali Apa Saja Jenisnya yang Sesuai Anjuran Dokter

5 Cara Mengatasi Mata Minus

Selain dengan mengenakan kacamata untuk membantu penglihatan Anda, ternyata mata minus juga bisa kita coba obati dengan bahan alami. Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah dan juga murah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi mata minus yang bisa Anda lakukan. Terapi ini sekaligus untuk mengatasi gangguan penglihatan mata secara alami yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

Daun Sirih

Daun sirih merupakan bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi mata minus secara alami. Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati mata minus ini juga mudah. Apalagi daun sirih banyak terdapat di sekitar rumah.

Cuci daun sirih sebanyak 2 lembar hingga bersih. Kemudian tempelkan ke bagian mata Anda. Lakukan cara ini setiap kali akan tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga : Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Terapi Lilin

Salah satu cara mengatasi mata minus lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan terapi lilin. Terapi ini sendiri maksudnya adalah dengan menyalakan lilin, dan Anda hanya perlu untuk menatap lilin tanpa banyak berkedip.

Setelah itu, tunggu hingga Anda mengeluarkan banyak air mata. Walaupun terbilang sederhana, terapi ini akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan mata Anda dalam mengatasi mata rabun dan minus.

Konsumsi Wortel

Cara mengatasi mata minus dari dalam bisa dengan mencoba mengonsumsi makanan yang kaya akan berbagai vitamin, khususnya vitamin A. Asupan vitamin A yang banyak bisa Anda dapatkan dari wortel.

Anda juga bisa mengonsumsi bahan lainnya seperti bayam, buah tomat, dan masih banyak lainnya. Anda perlu mengkonsumsi wortel dengan cara mengolahnya menjadi jus atau dengan memasak menjadi sayur seperti sop, tumisan, atau lainnya.

Baca Juga : Kelainan pada Mata yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini

Melatih Mata dengan Benda Bergerak

Lakukan terapi yang baik untuk Anda yang ingin membantu kesembuhan mata minus dengan aktivitas melihat benda bergerak. Anda bisa duduk di tepi jalan, kemudian perhatikan kendaraan serta orang yang lewat lalu lalang.

Selain itu, Anda juga perlu mengubah fokus mata Anda agar pandangan tidak kabur. Cara mengatasi mata minus ini terbilang cukup efektif sebagai salah satu terapi untuk gangguan penglihatan Anda.

Melepas Kacamata

Bagi Anda penderita mata minus, sebaiknya jangan terus menerus mengenakan kacamata. Hal ini sebagai terapi agar Anda tidak bergantung sepenuhnya dengan kacamata untuk melihat.

Jika tidak terlalu perlu, sebaiknya Anda lepas saja kacamata. Hal ini akan membantu organ mata agar tidak terbiasa mengenakan kacamata untuk melihat.

Itulah beberapa langkah dan bahan alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mengobati mata minus. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pilihan yang lebih efektif sesuai kondisi Anda.

Pilihan cara mengurangi mata minus ini bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk Anda coba agar mata minus tidak semakin parah. Sesuaikan saja dengan kondisi dan kemampuan Anda dalam melakukannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru