Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menjaga Kebersihan Lingkungan untuk Kesehatan Masyarakat

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan untuk Kesehatan Masyarakat

Cara menjaga kebersihan lingkungan sering menjadi kampanye untuk kesehatan masyarakat. Namun tak jarang dalam prakteknya sering kita temukan ketidakpedulian terhadap hal ini. Sehingga kasus penyakit bisa muncul karena kondisi ini.

Hidup yang sehat memang bisa kita ciptakan dari berbagai macam faktor. Mulai dari apa yang sehari-hari kita konsumsi, hingga beragam aktivitas keseharian. Semua ini berpengaruh terhadap tubuh agar semakin sehat.

Selain asupan makanan dan juga olahraga secara teratur, lingkungan merupakan salah satu hal yang perlu untuk selalu kita jaga dan rawat.

Hal ini mengingat kebersihan lingkungan juga memiliki andil besar terhadap kesehatan tubuh anda dan orang sekitar. Dari lingkungan yang tidak bersih pula banyak faktor penyebab penyakit berasal.

Maka dari itu cara menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Bukan hanya Anda sendiri melainkan dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Bayangkan jika lingkungan sekitar anda kotor, seperti terdapat sarang nyamuk, air genangan, hingga debu.

Kondisi ini tentunya akan memudahkan timbulnya berbagai jenis penyakit. Seperti demam berdarah ataupun infeksi virus lainnya bisa menjangkiti anda dan keluarga.

Baca Juga : Cegah Penyakit Chikungunya, Warga Kota Banjar Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan yang Bersih

Berbagai cara bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan langkah yang sederhana pun lingkungan bisa terjaga kebersihannya dengan baik.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa anda lakukan. Lingkungan yang bersih akan mendukung terciptanya kesehatan masyarakat yang jauh lebih baik.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang tidak terdapat sampah berserakan dan tersebar dimana-mana. Sampah yang tidak terkelola akan menjadi sumber penyakit.

Maka dari itu, membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Mengelola sampah dengan baik akan mampu mencegah timbulnya penyakit.

Selain itu, pengolahan sampah merupakan salah satu hal yang penting juga kita lakukan. Selain bisa membantu anda dalam menciptakan lingkungan yang bersih dengan lebih baik, pengelolaan akan mencegah penumpukan sampah.

Baca Juga : Cegah Diare dan DBD, Dinkes Ciamis Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Pisahkan antara jenis sampah organik dengan yang non organik, sehingga jenis sampah bisa tertangani dengan lebih mudah. Hal ini karena sampah ada yang bersifat bisa terurai dan tidak bisa terurai.

Melakukan Kebersihan Lingkungan Secara Gotong Royong

Cara menjaga kebersihan lingkungan secara gotong royong juga merupakan salah satu hal yang mesti anda perhatikan dan lakukan. Ini akan sangat penting karena berguna terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Karena lingkungan sekitar rumah berpengaruh terhadap kesehatan anda dan juga warga sekitar. Tak sedikit penyakit yang bisa muncul akibat kondisi lingkungan yang tidak bersih dan sehat.

Bergotong royong membersihkan sampah, hingga gorong-gorong merupakan upaya yang baik untuk membuat sekitar kita terjaga kebersihannya. Lakukan kebersihan bersama setidaknya seminggu sekali dengan para warga.

Memperbaiki Saluran Air yang Mampet

Saluran air yang mampet dan menggenang merupakan salah satu sumber penyakit yang perlu untuk diwaspadai. Maka sebaiknya jangan sampai gorong-gorong atau saluran air sekitar anda mampet atau memiliki aliran yang tidak lancar.

Baca Juga : Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, MIN 9 Ciamis Bentuk Kader Adiwiyata

Hal ini nantinya akan menjadi sarang bakteri dan bisa memicu nyamuk penyebab berbagai macam penyakit berkembang menyebarkan wabah penyakit ke sekitar warga.

Selain itu, saluran air yang lancar dan tidak mampet juga tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tanam Pohon

Menanam pohon juga merupakan salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yang sangat mendasar. Upaya ini penting guna menjaga lingkungan yang lebih bersih dan lebih sehat.

Pohon akan memberikan suplai oksigen yang baik kepada sekitarnya karena ia akan menghasilkan oksigen untuk lingkungan sekitarnya. Pepohonan juga berguna untuk menyerap polusi yang saat ini terasa semakin berat

Selain itu, dengan menanam pohon, lingkungan akan terasa jauh lebih sejuk dan asri, sehingga tidak akan gersang. Perputaran udara yang ada menjadi lebih kaya oksigen yang sangat menyegarkan.

Dengan menanam pohon yang cukup akan membuat lingkungan menjadi jauh lebih nyaman untuk tempat tinggal. Kita perlu mendukungnya dengan jangan mencabut atau menebang pohon, khususnya di kawasan perkotaan.

Demikian beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa anda coba lakukan. Terapkan hidup bersih dan sehat mulai saat ini juga agar terjaga kesehatan anda dan keluarga, serta orang sekitar. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -