Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Merawat Mobil Pick Up untuk Kelancaran Niaga, Simak di Sini!

Cara Merawat Mobil Pick Up untuk Kelancaran Niaga, Simak di Sini!

Cara merawat mobil pick up sejatinya tidak terlalu rumit. Hanya saja, memang memerlukan penanganan dan pemahaman fungsi dari kendaraan roda empat terbuka ini sehingga bisa lebih tahan lama.

Seperti yang kita tahu, pick up merupakan kendaraan niaga. Mobil ini mampu menampung muatan hingga 1 ton beratnya.

Desainnya yang tampil dengan bodi tangguh sekaligus kabin luas, menjadikan kendaraan ini sebagai opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan komersial konsumen.

Nah, bagi Anda yang merupakan salah satu pemilik mobil pick up ini, sudahkan Anda menemukan cara perawatan yang benar? Saat ini memang sudah banyak produsen mobil pick up yang populer di Indonesia.

Tidak heran pula jika pada akhirnya banyak yang minat untuk mempunyai mobil pick up ini. Lantas, bagaimana tips perawatan mobil bak terbuka agar lebih tahan lama dan tidak tampak tua?

Bagaimana Cara Merawat Mobil Pick Up?

Mobil pick up sedari awal kehadirannya memang sudah mengantongi takdir sebagai kendaraan yang harus bekerja keras. Ia bertugas untuk mengangkut beban yang terkadang sudah bukan haknya pula.

Baca Juga : Perawatan Mobil Matic vs Manual yang Perlu Kalian Ketahui

Dalam artian, kemungkinan pengguna menginginkan agar mobilitas menjadi lebih praktis dan cepat. Namun, siapa yang tahu jika hal yang demikian merupakan langkah awal dari rapuhnya sebuah pick up.

Tentunya Anda akan sangat rugi jika tiap saat harus menyervis atau bahkan membeli lagi. Untuk itu, bagi Anda para pemilik dan pengguna mobil pick up, yuk simak beberapa tips di bawah ini.

Perhatikan Muatan yang akan Anda Angkut

Cara merawat mobil pick up pertama adalah dengan memperhatikan beratnya muatan yang akan ia angkut.

Mobil pick up memang terkenal sebagai kendaraan yang paling praktis untuk mengangkut barang. Terlebih para pengusaha, pick up merupakan kendaraan wajib mereka.

Mereka menggunakan pick up, mulai dari pencarian bahan hingga pendistribusian. Tapi kebanyakannya mereka tidak pernah memperhatikan muatan yang mereka angkut, apakah melebihi standar atau tidak.

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin 

Barangkali tidak masalah jika hanya satu dua kali pick up membawa beban yang di luar standarnya. Akan tetapi, jika hal tersebut terus berlangsung dan tidak Anda lakukan cek lebih lanjut, maka berdampak pada umur beberapa komponen mobil.

Cara merawat mobil pick up ini merupakan langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia kendaraan niaga Anda. Biasakan untuk mengisi pick up Anda dengan batas standar, sekitar 700 kg hingga 1000 kg muatan.

Dengan demikian, kesehatan mobil pick up akan lebih terjaga. Anda pun tidak perlu kehilangan biaya untuk memperbaikinya.

Lakukan Pengecekan Mesin dan Komponen Secara Rutin

Pengecekan di sini bisa Anda lakukan menyeluruh. Artinya, mulai dari komponen paling vital dan komponen-komponen pendukung lainnya. Cara merawat pick up kali ini mungkin bisa Anda mulai dengan melihat bagian pengereman dan kopling.

Rem adalah komponen yang membawa separuh dari keselamatan Anda ketika berkendara. Sehingga sangat perlu untuk Anda tahu kondisinya. Cobalah untuk menginjak pedal, kemudian rasakan rem sekaligus kopling dalam kondisi yang normal.

Sebagai kendaraan pekerja keras, sistem pengereman pick up akan lebih banyak terkuras. Itulah mengapa penting untuk Anda melakukan cara merawat mobil pick up dengan mengecek rem sebelum berkendara.

Baca Juga : Cara Menghitamkan Dashboard Mobil Agar Tampilannya Lebih Kinclong

Bagian yang wajib Anda pantau selanjutnya adalah ban mobil. Mengingat pick up adalah mobil yang membawa muatan, maka pastikan Anda sudah melakukan cara merawat pick up satu ini, yaitu mengecek tekanan dalam ban.

Anda harus memperhatikan tekanan udara dalam ban harus sudah memenuhi standar rekomendasinya, seperti yang tertera di stiker pintu mobil. Disamping itu, Anda juga harus memperhatikan ketebalan ban kendaraan Anda.

Apakah masih layak untuk jalan dengan beban muatan seperti ini atau harus menggantinya terlebih dahulu. Hal ini tidak lain adalah untuk menjaga performa ban sehingga bisa bekerja tetap optimal.

Rawat Mobil Pick Up dengan Menjaga Kebersihan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usai pick up sekaligus agar tampil muda adalah senantiasa membersihkannya. Jika tidak berniat untuk membawanya ke car wash, Anda bisa melakukannya secara mandiri di rumah.

Namun, hindari menggunakan air dari sungai, karena mengandung tingkat keasaman lebih tinggi. Hal tersebut akan berdampak pada kerusakan cat mobil Anda.

Dengan melakukan cara merawat mobil pick up satu ini, maka Anda sudah berkontribusi juga pada kesehatan komponen mobil. Sebab, jika tidak Anda lakukan pencucian, kemungkinan komponen mobil akan terlalu banyak menumpuk debu.

Kalau sudah begitu, biasanya mesin tidak bisa bekerja secara optimal. Kemungkinan untuk mengalami kerusakan juga lebih cepat.

Agar kendaraan niaga Anda terhindar dari segala macam risiko kerusakan, Anda bisa membersihkannya secara rutin. Selain itu, rajinlah untuk mengecek komponen dan mesinnya.

Cara merawat mobil pick up yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah membawanya ke bengkel. Tidak perlu menunggu ada kerusakan, namun hanya untuk memastikan jika mesin dan komponen mobil Anda bisa bekerja lebih optimal. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -