Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita BisnisCara Screening Saham, Hal Penting Untuk Mendapatkan Keuntungan

Cara Screening Saham, Hal Penting Untuk Mendapatkan Keuntungan

Cara screening saham tentunya menjadi informasi yang sangat penting untuk kita ketahui. Baru-baru ini, investasi dalam bentuk saham banyak diminati. Apalagi, sudah banyak orang yang membuktikan keuntungan dengan memilih jenis investasi tersebut. Tetapi, alasannya bukan itu saja.

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini, membuat investor lebih mudah melakukan investasi dari rumah. Bagaimana tidak, karena sekarang ini sudah terdapat banyak aplikasi untuk jenis investasi saham. Jadi, meskipun di rumah saja Anda bisa memantau pergerakan harga saham.

Baca Juga: Cara Stock Split Saham, Mampu Membuat Perusahaan Bernilai Tinggi

Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum sadar akan keuntungan besar dari investasi saham. Hal itu juga yang menyebabkan masih terdapat beberapa orang yang belum mengenal apa itu saham. Nah, supaya kita juga mendapatkan keuntungan dari jenis investasi tersebut, mari berkenalan dengan saham.

Pengertian dan Cara Screening Saham

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu saham, perlu Anda catat bahwa saham itu merupakan bukti kepemilikan atas nilai sebuah perusahaan atau bisa katakan sebagai bukti penyertaan modal. Sebagai penyetor modal tersebut, nantinya Anda juga mempunyai hak untuk mendapatkan keuntungan sesuai jumlah saham yang Anda miliki.

Ketika Anda mempunyai jabatan sebagai pemegang saham tersebut, Anda dan perusahaan nantinya bisa mengklaim atas kepemilikan suatu perusahaan terbuka. Maksudnya adalah entah berapa jumlah saham yang Anda miliki, Anda juga mempunyai hak untuk hadir dalam rapat umum pemegang saham atau RUPS.

Salah satu cara yang harus Anda lakukan supaya bisa membeli saham pada perusahaan tersebut adalah membeli pasar modal terlebih dahulu. Pasar modal sendiri merupakan sarana pendanaan untuk perusahaan maupun institusi lain. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga sebagai sarana untuk kegiatan investasi.

Salah satu hal penting yang harus kita lakukan sebagai pemilik saham adalah tentunya kita harus melakukan screening. Untuk Anda yang pemula, mungkin masih bingung mengenai bagaimana cara screening saham ini.

Perlu Anda ketahui bahwa screening ini sendiri merupakan salah satu bagian dari analisis saham lanjutan. Jika kita tidak melakukan hal tersebut, tentunya kita tidak akan mengetahui saham yang kita pilih, apakah mempunyai kualitas bagus dan layak untuk trading.

Salah satu manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita mengetahui cara screening saham ini adalah mendapatkan keuntungan yang konsisten. Akan tetapi, supaya kita mendapatkan keuntungan yang konsisten tersebut, kita juga harus mempunyai daftar saham pribadi.

Nantinya, saham-saham pilihan tersebut yang akan menjadi prioritas untuk kita dalam melakukan trading. Sehingga ketika kita melakukan trading tersebut, kita bisa mempersempit target saham yang akan kita tradingkan.

Baca Juga: Saham Blue Chip yang Masuk dalam Daftar Window Dressing 2021

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara screening saham, simak penjelasannya berikut ini.

Screening dengan Analisa Teknikal

Untuk cara screening saham yang pertama adalah Anda bisa menggunakan analisa teknikal. Hal ini juga perlu Anda ingat, karena bukan menggunakan analisa fundamental. Akan tetapi, hal ini juga menjadi fakta yang sering terjadi pada trader.

Trader menggunakan software khusus untuk melakukan hal tersebut. Karena menggunakan cara salah, tidak heran apabila hasil yang akan Anda dapatkan nantinya juga tidak cocok apabila Anda terapkan untuk melakukan trading jangka pendek maupun swing trading.

Kebanyakan trader juga membeli saham dengan hasil screening, memiliki ROE tinggi, DER yang rendah, DAN PBV murah. Sebenarnya analisa yang satu ini lebih cocok untuk para investor serta trader jangka menengah.

Bagi Anda yang menggunakan analisa fundamental untuk melakukan trading jangka pendek, maka hasilnya tidak akan maksimal. Seharusnya yang Anda lakukan itu adalah menggunakan cara screening saham dengan teknikal yang murni.

Tak hanya itu, hendaknya juga harus mengambil keputusan guna melakukan trading. Selain itu, juga lebih fokus pada screen teknikal.

Screen dengan Cara Manual

Perkembangan teknologi seperti sekarang ini bukan tidak mungkin apabila Anda bisa melakukan screening dengan menggunakan aplikasi. Bahkan, saat ini juga sudah banyak yang menjual software-software untuk Anda melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Investasi Bisnis di Bizhare, Amankah?

Akan tetapi berbayar, dengan iming-iming Anda bisa mendapatkan profit berlipat ganda. Namun, Anda salah apabila aplikasi tersebut menjadi andalan.

Untuk mengatasi hal yang tidak kita inginkan kedepannya, alangkah lebih baiknya apabila Anda menggunakan cara screening saham manual. Hal ini juga membuat Anda bisa mendapatkan hasil trading maksimal. Bahkan, rekomendasi cara yang satu ini juga membantu Anda untuk lebih mudah menemukan saham terbaik.

Dengan menggunakan cara manual itu juga nantinya Anda bisa belajar untuk menganalisa pergerakan saham. Dengan begitu, Anda juga bisa paham apa saja yang harus Anda tradingkan dan saham yang bagaimana untuk Anda hindari.

Khusus Saham Pilihan

Apabila Anda sudah mendapatkan saham-saham terbaik, akan lebih baik juga apabila cara screening saham yang harus Anda lakukan adalah prioritaskan pada saham-saham tersebut. Berarti, Anda juga tidak perlu memikirkan saham lain yang mempunyai risiko lebih tinggi. Cukup Anda perhatikan saja saham yang sudah Anda pilih tersebut.

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai beberapa cara screening saham tersebut, membantu Anda untuk mendapatkan profit besar dalam melakukan investasi saham. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -