Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita BisnisCara Stock Split Saham, Mampu Membuat Perusahaan Bernilai Tinggi

Cara Stock Split Saham, Mampu Membuat Perusahaan Bernilai Tinggi

Cara stock split saham memang justru dijadikan sebagai strategi dalam setiap perusahaan. Sebab, sebagai sebuah perusahaan tidak hanya menunggu kondisi naik saja.

Namun dengan adanya strategi ini akan membuat perusahaan mampu berjalan dengan seimbang. Untuk pemecahan saham tentu tidak sama.

Namun pada umumnya stock split memiliki rasio perbandingan 5:1. Dengan perbandingan ini akan lebih ramai bahkan harganya cenderung mudah naik.

Maka dari itu, sebagai trader pemula Anda perlu tahu pengertian, tujuan, hingga manfaat dari strategi yang satu ini. Bahkan untuk Anda yang sudah ahli dalam bidang investasi sekalipun.

Dengan mengetahui hal ini, tentu lebih mudah tahu apa saja efek, tingkat return saham, hingga captain again yang Anda peroleh secara normal. Berikut ini ada penjelasan tentang pengertian dan cara stock split saham secara rinci.

Baca Juga: Saham Blue Chip yang Masuk dalam Daftar Window Dressing 2021

Pengertian dan Cara Stock Split Saham

Stock split saham biasanya terkenal dengan nama pemecahan nilai saham. Langkah ini juga sebagai korporasi yang sering dilakukan oleh perusahaan saat harga saham dalam kondisi nominalnya tinggi.

Sehingga terjadilah pemecahan nilai saham agar nilainya menjadi lebih kecil. Langkah ini terjadi untuk dapat memecah satu saham menjadi beberapa dalam rasio tertentu.

Langkah ini biasanya terjadi dengan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham. Aksi stock split ini biasanya oleh para investor yang tidak memiliki modal cukup untuk membelinya.

Pada umumnya emiten pelaku melakukan carat memiliki kinerja bagus dengan nilai per lembar saham yang cukup tinggi. Sehingga membuat investor enggan untuk membeli saham tersebut.

Hal ini mengakibatkan saham menjadi kurang liquid. Dengan alasan inilah mengapa terjadi stock split saham. Bahkan Anda juga perlu tahu bagaimana cara stock split saham yang tepat.

Harga saham terpecah menjadi beberapa lembar. Sehingga membantu para investor yang tidak memiliki banyak modal bisa menggunakannya.

Akhirnya membuat semua menjadi saling beruntung. Saham akan menjadi liquid dan investor dengan modal kecil bisa membeli saham.

Baca Juga: Aplikasi Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Contoh Perhitungan Stock Split Saham

Seperti contoh saham yang terpecah menjadi beberapa bagian. Misalnya 1 loyang kue memiliki harga Rp 10.000, kemudian terpisah menjadi 5 bagian.

Sehingga satu bagian memiliki harga Rp. 2.000 meski nilai keseluruhannya adalah Rp 10.000. Untuk para investor yang memiliki dengan nilai tinggi, bisa saja menggunakan cara stock split saham.

Sebagai contoh jika Anda memiliki 5 saham dengan harga Rp 2.500. Maka dari itu, untuk total nilainya yaitu 5 saham x 100 lembar x Rp 2.500. Untuk total harganya kurang lebih Rp 1.250.000.

Berbeda lagi jika saham memiliki rasio perbandingan 1:2. Dengan melakukan perhitungan yang satu ini, pemilik saham bisa mendapat banyak saham dengan harga ringan.

Tujuan Dilakukannya Stock Split Saham

Adapun tujuan mengapa perusahaan melakukan stock saham. Seperti yang sudah banyak ketahui jika perusahaan banyak yang melakukan stock saham.

Aksi korporasi yang satu ini dilakukan para perusahaan go-publik yang masuk dalam perdagangan Bursa Efek Indonesia. Adapun alasan mengapa sebagian besar perusahaan memilih melakukan pemecahan saham yaitu:

Mampu Meningkatkan Likuiditas Perdagangan

Tujuan strategi ini sudah tentu membawa menguntungkan. Anda bisa gunakan cara stock split saham untuk mendapatkan tujuan yang besar.

Seperti yang sudah sejak awal dikatakan jika banyak investor dengan modal kecil tidak dapat membeli saham. Namun dengan adanya cara ini, maka investor dengan modal kecil masih bisa membeli saham.

Bahkan dengan harganya yang terjangkau, membuat saham justru menjadi liquid atau ramai dicari. Hal ini membuat grafik menjadi naik karena banyak trader yang mengincar saham tersebut.

Baca Juga: Indeks Saham Syariah di Indonesia

Mempercepat Pertumbuhan Perusahaan

Cara ini memang memberikan banyak manfaat dengan tujuan baik. Hal ini juga akan berdampak bagus pada nilai perkembangan perusahaan itu sendiri.

Saham juga mampu mewakili nilai dari perusahaan itu sendiri. Misalnya nilai saham tinggi tentu nilai market capitalization juga semakin besar. Cara kapitalisasi pasar terjadi dengan mengalikan harga saham dengan jumlahnya yang beredar.

Sehingga cara stock split saham dengan jumlah lembarnya semakin banyak dalam harga tinggi tentu membuat perusahaan berkembang. Perusahaan akan semakin berkembang dengan nilai yang tinggi pula. (R10/HR-Online)

- Advertisment -