Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Tautkan Perangkat di WhatsApp Web Tanpa Menyalakan HP

Cara Tautkan Perangkat di WhatsApp Web Tanpa Menyalakan HP

Cara tautkan perangkat di Whatsapp Web bisa Anda lakukan walaupun HP Anda dalam keadaan mati atau tidak terhubung dengan internet. Terutama Anda yang menjadi salah satu pengguna WhatsApp di banyak perangkat, baik laptop atau PC.

Tentu saja ini menjadi kabar gembira untuk pengguna karena WhatsApp terbaru ini mendukung fitur multi perangkat yang memudahkan pengguna menggunakan WhatsApp tanpa harus terhubung dengan HP utama.

Baca Juga: Backup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

Ketahui Cara Tautkan Perangkat di WhatsApp Web Paling Mudah

Pada dasarnya, fitur multi device masih dalam pengujian atau versi Beta. Dengan kemudahan dan dukungan untuk empat perangkat, maka Anda bisa menautkan perangkat yang berbeda dengan nomor WhatsApp sama.

WhatsApp memang memiliki banyak fitur yang mudah digunakan semua kalangan. Sisi lain adalah menjadi aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, termasuk Indonesia.

Dengan kemudahan tautan ke empat device, maka hal ini menyuguhkan kepraktisan. Meski menggunakan WhatsApp di laptop atau PC, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Cara menautkan WhatsApp Web sebagai berikut.

Baca Juga: Ganti Nomor WhatsApp di HP Android dan iPhone, Ikuti Cara Ini

  1. Anda buka WhatsApp di HP.
  2. Kemudian klik menu di sebelah tombol Cari atau dapat klik ikon kaca pembesar. Anda akan disuguhkan dengan berbagai menu di sana dan pilih saja perangkat tertaut.
  3. Cara tautkan perangkat di Whatsapp Web, Anda perlu memilih join Beta multi perangkat dengan menekan tombol Gabung dengan versi Beta.
  4. Setelah Anda tertaut dengan versi Beta ini, maka Anda tak lagi menghubungkan telepon ke internet apabila ingin menggunakan WhatsApp Web atau desktop. Bahkan pesan maupun panggilan Anda akan tetap terenkripsi secara end to end. Hanya saja, pengguna tidak dapat mengirim pesan atau panggilan dari web atau desktop yang masih menggunakan WhatsApp versi lama pada telepon mereka.
  5. Selanjutnya, akun Anda di WhatsApp Web akan keluar secara otomatis. Nah, di sini Anda tinggal kembali login dengan scan QR code.
  6. Lanjutkan dengan scan QR code di WhatsApp Web untuk kembali login ke WhatsApp.

Proses dan cara tautkan perangkat di WhatsApp Web sudah selesai. Anda telah terhubung dengan nomor WhatsApp di HP. Anda pun bisa menggunakan WhatsApp di laptop atau desktop tanpa perlu terhubung dengan HP.

Jika Anda menginginkan, maka Anda bisa lakukan langkah yang sama untuk menghubungkan laptop yang ingin digunakan. Batasannya hanya pada empat perangkat saja. Selebihnya tidak bisa.

Apakah Bisa Menggunakan Akun WhatsApp Lebih dari 1 HP?

Di sini ada beberapa batasan dengan penerapan login multi perangkat WhatsApp. Fitur ini terbatas pada satu ponsel dan Anda tidak bisa menggunakan lebih dari satu ponsel.

Karena Anda harus mendaftarkan perangkat baru dengan HP yang sama dan satu-satunya perubahan Anda tak perlu mempertahankan koneksi untuk mengirimkan pesan.

Terutama jika Anda tidak menggunakan WhatsApp di ponsel selama lebih dari 14 hari setelah cara tautkan perangkat di WhatsApp Web, maka perangkat untuk masuk secara otomatis dibatalkan tautannya. Multi perangkat merupakan program keikutsertaan dalam versi Beta yang terbatas.

Baca Juga: Cara Membuka WhatsApp Web di HP Android, Gunakan Jalur Praktis!

Fitur ini hanya tersedia bagi mereka yang menggunakan WhatsApp Beta. Apabila Anda berada di jalur Beta dan tidak melihat pengaturan untuk bergabung dengan multi perangkat Beta, maka harus menunggunya sebentar. Karena layanan ini akan meluncur secara bertahap.

Namun ada yang tidak berfungsi di multi perangkat WhatsApp, yakni melihat lokasi langsung di perangkat pendamping.

Selain itu, akun WhatsApp lain di portal Anda tidak berfungsi, kecuali akun telah bergabung dengan multi perangkat Beta.

Setelah melakukan cara tautkan perangkat di Whatsapp Web, pengguna WhatsApp Business tidak bisa mengedit nama maupun label bisnis dari WhatsApp Web.

Begitu juga menelepon dari portal maupun WhatsApp desktop ke perangkat tertaut yang tidak terdaftar dalam multi device.

Bergabung dan mengatur ulang undangan grup dari WhatsApp Web atau desktop belum dapat berjalan. Karena Anda harus tetap menggunakan HP sebagai gantinya.

Hal lain juga pada penyematan obrolan di WhatsApp Web maupun desktop. Itulah beberapa fitur yang belum dapat berfungsi pada layanan multi device WhatsApp. Cara tautkan perangkat di WhatsApp Web selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -