Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Baterai Remote Mobil Habis dan Atasi Timbulnya Masalah Baru

Ciri Baterai Remote Mobil Habis dan Atasi Timbulnya Masalah Baru

Ciri baterai remote mobil habis bisa Anda deteksi dengan beberapa hal. Ketika baterainya sudah mulai melemah atau minta diganti, tentu fungsinya akan berkurang.

Ketika kondisi ini Anda alami, tentu akan menimbulkan masalah. Seperti yang sudah banyak diketahui saat ini banyak sekali mobil yang dilengkapi dengan remote.

Selain menjadi fitur kelebihan sebuah produk ternama, remote juga memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal. Ketika baterainya sudah minta ganti, tentu hal ini akan membuat Anda repot.

Baca juga: Filter Oli Mobil, Ketahui Fungsi dan Waktu Ideal untuk Mengganti

Apalagi jika kondisi tersebut Anda alami saat berada dalam jangkauan jauh dari bengkel. Hal ini membuat Anda merasa panik dan bingung.

Agar bisa mengatasi terjadinya masalah ini, Anda perlu tahu apa ciri-cirinya. Sehingga bisa mengatasinya sejak dini. Ciri baterai remote mobil habis bisa Anda deteksi dari banyak hal.

Mengetahui Apa Saja Ciri Baterai Remote Mobil Habis

Saat ini hampir semua jenis mobil menggunakan remote untuk berbagai hal. Salah satunya untuk membuka dan mengunci pintu mobil.

Kemudahan yang diberikan oleh masing-masing tempat produksi mobil ini juga menjadi daya tarik pembeli. Meski remote memiliki jangka pemakaian yang cukup lama, Anda harus selalu cek kondisinya.

Pastikan Anda mempersiapkan kondisi baterainya agar tidak habis begitu saja. Sehingga membuat Anda kesulitan untuk menggunakannya.

Kondisi ini akan mengganggu aktivitas Anda saat berkendara. Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang enggan untuk memperhatikan hal tersebut.

Baca juga: Kabin Mobil Berisik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Padahal mengetahui ciri baterai remote mobil habis harus Anda ketahui. Sebab, banyak hal yang akan terganggu jika masalah ini Anda alami.

Agar tidak terjadi pada Anda, cek apa saja yang bisa diketahui ketika remote mulai melemah. Bahkan baterainya perlu segera diganti. Berikut ulasan selengkapnya.

Lampu LED Mati

Ciri baterai remote mobil habis yang pertama yaitu matinya lampu LED. Biasanya ketika kondisi remote masih dalam keadaan bagus, akan mudah berfungsi untuk lock atau unlock pintu.

Bahkan untuk mematikan alarm mobil sekalipun. Ketika Anda fungsikan untuk beberapa hal tersebut, maka lampu LED akan terus menyala. Berbeda jika kondisi baterai melemah.

Tentunya lampu LED akan mati. Jika lampu indikator LED tidak menyala ketika Anda fungsikan remote, maka baterainya harus segera Anda ganti. Sehingga remote bisa kembali berfungsi dengan baik.

Jarak Pengoperasian Remote

Pada umumnya, remote mobil akan berfungsi meski jaraknya cukup jauh yaitu di atas 20 meter. Namun jika baterai sudah mulai melemah, tentu jarak yang bisa Anda lakukan untuk pengoperasiannya kurang dari 10 meter.

Semakin lemah tegangan baterainya, maka jarak pengoperasiannya juga akan kian dekat. Apalagi jika remote tidak dapat dioperasikan kembali dalam jarak jauh, maka hal ini menandakan jika baterai minta diganti.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan tepat untuk mendeteksi baterai remote mobil perlu Anda ganti segera. Sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda saat mengemudi.

Indikator pada Instrumen Mobil

Ada banyak ciri baterai remote mobil habis. Salah satunya yaitu pada indikator instrumennya. Pada kendaraan roda empat saat ini remote telah tersedia indikator untuk mengingatkan jika daya baterai mulai melemah.

Sayangnya, hal ini tidak menjadi perhatian para pemiliknya. Bahkan masih banyak orang yang mengabaikannya.

Baca juga: Gas Mobil Tidak Stabil, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Padahal adanya fitur tersebut memudahkan Anda mengetahui kapan harus ganti baterai remote. Fitur yang satu ini umumnya berada pada balik kemudi. Sehingga akan menyala secara otomatis ketika deteksi sinyal remote mulai melemah.

Ketika Anda mengetahui peringatan tersebut, segera ganti baterai remote mobil. Sehingga Anda tetap mendapatkan rasa aman dan nyaman selama mengemudi.

Respon Remote Berkurang

Saat remote mobil baterainya melemah, tentu responnya juga akan berkurang. Tidak hanya jaraknya yang terpengaruh, bahkan fungsinya juga tidak dapat Anda gunakan seperti biasanya.

Saat kondisi baterai masih bagus, tentu tidak perlu menggunakan tenaga besar untuk melakukannya. Cukup tekan tombol perlahan, maka respon akan Anda dapatkan.

Berbeda jika kondisi baterai melemah. Anda harus bisa mengetahui apa saja ciri baterai remote mobil habis. Dengan demikian, kondisi buruk yang akan terjadi bisa teratasi sejak dini. (R10/HR-Online)