Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruColorOS 12 Android 12 Global Version Resmi Meluncur, Intip Informasinya

ColorOS 12 Android 12 Global Version Resmi Meluncur, Intip Informasinya

ColorOS 12 Android 12 Global Version resmi meluncur dari pabrikannya Oppo pada beberapa waktu lalu setelah meluncurkan versi khusus China bulan September. Dari peluncurannya ini perusahaan mengungkapkan sistem operasi (OS) terbaru juga akan dirilis di India pada November mendatang.

Perusahaan telah menyiapkan rencana peluncuran-peluncuran lainnya yang inovatif agar berkembang luas di pasaran. Lalu seperti apakah sistem ColorOS tersebut? Mari kita simak penjelasannya.

Baca Juga: HP Oppo Find X3 Pro Spesifikasi Bocor di Internet Bawa Kamera 50 MP

Jadwal dan Fitur ColorOS 12 Android 12 Global Version Terbaru

Menurut keterangan perusahaan, hadirnya operasi ColorOS 12 ini dapat memberikan pengalaman pengguna tanpa batas yang mendekati stock Android 12, memperkenalkan UI eksklusif serba baru, kinerja lancar, serta fitur yang kaya dan lengkap.

Tujuan perusahaan adalah meningkatkan produktivitas sehari-hari dan membantu keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Fitur Versi ColorOS 12

ColorOS ini menambahkan dukungan untuk 13 bahasa utama India dan 54 bahasa lainnya.

Inklusivitas Menjadi Tema Utama

Perusahaan menyebutkan bahwa OS berbasis Android 12 telah memasukkan fitur seperti material You. Smartphone pertama yang akan menerima pembaruan beta publik ColorO 12 adalah Oppo Find X3 Pro.

ColorOS 12 Android 12 Global Version ini dibangun atas konsep desain tak terbatas, mengemas ikon, serta animasi yang lebih bagus.

OS Lebih Ramah dan Terbuka untuk Pengembang

Oppo menyertakan App Cloner dengan ColorOS versi terbarunya. ColorOS yang ada saat ini lebih ramah pengembang dengan menambahkan SDK kamera gratis yang mencakup perekaman video ultra stabil, sudut super lebar, HDR, dan lainnya.

Menariknya, ColorsOS memiliki fitur yang lebih ramah lagi dengan HyperBoost serta peningkatan penglihatan warna.

Baca Juga: HP Oppo A55 4G Resmi Rilis, Apa Perbedaannya dengan Versi 5G?

Fitur Privasi

Sisi kelebihan OS kali ini memiliki banyak fitur privasi, produktivitas, keamanan bersama antarmuka pengguna UI yang memiliki peningkatan desain. Begitu juga dengan fitur privasi serta keamanan semakin meningkat.

Tak sampai di situ saja, akan ada dashboard privasi, perkiraan berbagi lokasi, serta indikator mikrofon. ColorOS 12 Android 12 Global Version sendiri dapat mempertahankan Sistem Pribadi Oppo, kunci aplikasi, brankas pribadi, dan lainnya. Fitur privasinya bersertifikat ePrivacy dan ISO27001.

Tentu lebih memberdayakan pengguna menjadi penguasa privasi sendiri dengan menu dan tombol yang jelas bahkan divisualisasikan. Namun tetap menjaga fitur yang diterima dengan baik dan sudah dikembangkan dalam tim Oppo.

Kesadaran para pengguna terkait privasi adalah tetap menjaga transparansi. Pihak Oppo sendiri telah meningkatkan kepatuhan data melalui penyimpanan juga proses.

Dengan adanya server yang tersebar di beberapa lokasi di seluruh dunia, maka Oppo menjamin bahwa data pengguna tetap berada di server terdekat. Namun hal ini disimpan dalam format teks non polos dan ditransmisikan menggunakan protokol berpemilik.

Fitur Terjemahan 3 Jari

ColorOS 12 Android 12 Global Version telah mendapatkan fitur terjemahan tiga jari untuk Google Lens dan Phone Manager. Fungsinya untuk meningkatkan produktivitas sistem tersebut.

Perusahaan menyatakan bahwa OS terbaru ini memiliki rata-rata 30 persen dan 20 persen lebih rendah konsumsi memori serta baterai. Sementara tingkat penuaan sistem terbarunya ini 2,75 persen lebih rendah dari yang lama.

Memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus, menjadi inti dari R&D, dan inovasi OPPO.

Bahkan sekaligus menekankan kenyamanan dan daya tahan. Hal ini berkat decoupling kode jangka panjang. Perancangan ColorOS telah membuat beberapa pencapaian dalam mengatasi kelambatan serta gagap setelah penggunaan jangka panjang.

ColorOS 12 Android 12 Global Version termasuk dalam anti fragmentasi dan alokasi sumber daya cerdas. Sebagai pelayanan terbaik, maka fitur ini melayani intuitif visual Anda.

Quantum Animation Engine mengadopsi lebih dari 300 animasi yang memiliki peningkatan untuk mencapai efek animasi lebih hidup.

Baca Juga: HP Oppo Reno6 Series Segera Hadir, Ini Bocoran Spesifikasinya

Jadwal Peluncuran ColorOS

ColorOS ini hadir untuk Oppo dan Oneplus. Pembaharuan beta untuk pengguna Oppo Find X3 Pro di Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Perusahaan telah menentukan jadwal peluncuran untuk versi global OS baru dan menerangkan bahwa mencapai India pada bulan mendatang. Hal ini bermula dengan Oppo Reno 6, Oppo Reno 6 Pro, serta Oppo Reno 6 Pro Edition.

Pasar maupun perangkat lainnya akan menerima pembaruan pada paruh kedua tahun 2022 dan berencana untuk meluncurkan ColorOS baru ke lebih dari 110 perangkat hingga 150 juta pengguna. ColorOS 12 Android 12 Global Version lengkap dengan fitur avatar 3D. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img