Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita CiamisDamkar Ciamis Evakuasi Ular Sanca 3,2 Meter Setelah Makan Kucing

Damkar Ciamis Evakuasi Ular Sanca 3,2 Meter Setelah Makan Kucing

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Petugas Damkar Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil evakuasi ular Sanca Kembang, Kamis (28/10/2021). 

Petugas berhasil amankan ular sanca dengan panjang 3,2 meter tersebut, setelah memangsa kucing milik warga Dusun Desa Wetan, Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Kasubag UPT Damkar Ciamis, Iding Didi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga bahwa ada seekor ular sanca kembang.

Dalam laporan tersebut, katanya, hewan yang mempunyai nama latin Malayopython reticulatus tersebut, telah memangsa kucing di halaman rumah warga setempat. 

“Kami langsung menerjunkan 3 orang petugas untuk mendatangi lokasi kejadian, guna evakuasi ular sanca tersebut,” katanya kepada HR Online, Kamis (28/10/2021).

Lebih lanjut Iding menambahkan, hewan berbisa tersebut setelah memangsa satu ekor kucing pergi begitu saja dengan perutnya yang besar. Bahkan, ular tersebut pun sempat melintas halaman rumah warga. 

“Jadi setelah memangsa kucing, ular tersebut pergi ke kolam warga. Karena takut, salah satu warga menghubungi kami untuk meminta bantuan,” tuturnya.

Para petugas Damkar Ciamis bersama warga, akhirnya bisa menangkap dan evakuasi ular sanca tersebut. Kemudian, petugas juga berhasil mengeluarkan kucing yang sudah meninggal di dalam tubuh hewan berbisa itu.

“Ular jenis sanca kembang ini memiliki panjang 3,2 meter. Alhamdulilah bisa kita selamatkan. Kemudian, ular tersebut akan kami serahkan ke BKSDA,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -