Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruDekorasi Kamar Tanpa Jendela Agar Tampak Luas dan Tidak Pengap

Dekorasi Kamar Tanpa Jendela Agar Tampak Luas dan Tidak Pengap

Dekorasi kamar tanpa jendela berpengaruh pada kenyamanan penghuninya. Memiliki kamar tidur sempit dan tanpa jendela sebenarnya tidak nyaman. Tidak hanya gelap, kamar tanpa jendela juga menjadikan ruangan terasa lebih panas.

Fungsi utama kamar tidur yaitu menjadi tempat beristirahat, namun membuat Anda tidak betah di kamar. Tentunya Anda perlu merombak kamar tidur tersebut. Hanya saja, merombak dan merenovasi kamar memerlukan banyak biayanya.

Bahkan, kemungkinan lainnya akan membutuhkan waktu hingga beberapa minggu. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Sehingga tanpa menghabiskan banyak biaya dan waktunya.

Inilah Tips Dekorasi Kamar Tanpa Jendela

Perlu melakukan dekorasi kamar agar Anda merasa lebih nyaman saat beristirahat. Untuk itu, ketahui beberapa tips dalam mendekorasi kamar berikut ini.

Aplikasikan Cat Warna Terang

Penggunaan dekorasi dan cat dengan warna terang akan menghadirkan suasana  lapang dan bebas pengap. Anda sebaiknya memilih warna dinding yang terang dan menenangkan. Seperti halnya warna putih, krem, atau biru.

Pastikan untuk menghindari penggunaan warna-warna yang gelap. Seperti halnya warna hitam atau abu-abu. Warna terang dapat menciptakan kesan luas dan nyaman pada ruangan tanpa jendela.

Membuat Jendela Palsu

Hal yang paling mudah untuk Anda lakukan, dengan membuat jendela palsu. Terdapat dua cara yang bisa digunakan yaitu memilih bingkai jendela atau menggunakan kain. Apabila Anda memiliki kusen jendela bekas, dapat memasangnya di dinding.

Kemudian memasang cermin sebagai pengganti kaca. Pantulan pada kaca tersebut akan menghadirkan kesan bahwa kamar tersebut tidak tertutup. Dekorasi kamar tanpa jendela juga dengan memasang lukisan pemandangan alam dari balik kusen jendela.

Hal itu agar tampak seperti adanya jendela dan pemandangan dari balik kamar Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat menggantung gorden maupun kain pada bagian dinding. Sehingga akan tampak seperti adanya gorden.

Gunakan Perabot Berukuran Sedang atau Kecil

Penting dalam memilih perabotan untuk ruangan kamar yang terasa sempit. Terutama apabila kamar Anda berukuran kecil serta tanpa adanya jendela. Hal ini akan menjadikan ruangan terasa lebih pengap.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih perabotan berukuran kecil atau sedang. Selain itu, gunakan barang secukupnya agar kamar terasa lebih lapang.

Pasang Lampu Hias Kecil

Anda juga dapat meletakkan lampu-lampu hias kecil pada beberapa titik kamar. Tidak hanya memberikan efek menarik, lampu ini akan menyeimbangkan ruangan serta menghadirkan suasana nyaman. Pastikan memilih lampu-lampu hias kecil yang dinamis.

Untuk memasangnya pada titik-titik penting, namun merata pada kamar Anda. Terutama dekorasi kamar tanpa jendela pada permukaan focal point. Seperti pada seluruh gorden jendela palsu, rak, serta langit-langit kamar. Sehingga cahayanya yang merata akan menghilangkan suasana suram untuk kamar tanpa jendela.

Hadirkan Tanaman

Minimnya sirkulasi udara dalam kamar tanpa jendela, maka Anda membutuhkan udara segar. Untuk mengisi kamar, Anda dapat menggunakan tanaman hias sederhana. Keberadaan tanaman hias ini akan mengurangi kesan suram dalam kamar Anda.

Terlebih dengan minimnya pencahayaan yang ada. Meskipun sebenarnya tidak harus memilih tanaman asli, apabila memang tidak memungkinkan, Anda tetap dapat menggunakan tanaman hias buatan.

Pada tanaman yang asli tentunya perlu melakukan fotosintesis. Sebaiknya dekorasi kamar tanpa jendela Anda memiliki lubang ventilasi buatan untuk memungkinkan proses fotosintesisnya.

Menggunakan Kaca Sebagai Jendela

Dekorasi kamar tanpa jendela dengan menambahkan kaca berukuran besar. Caranya cukup mudah untuk Anda lakukan. Kaca tersebut akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan kamar.

Sehingga kaca tersebut fungsinya sebagai pengganti jendela. Apabila kamar Anda memiliki langit-langit yang cukup rendah, Anda dapat menggunakan kaca sebesar mungkin sehingga akan tampak menyentuh langit-langit.

Pastikan kaca tersebut Anda tempatkan pada dinding yang berlawanan dengan arah pintu. Hal itu agar efek visual luas dapat Anda rasakan saat membuka pintu dalam dekorasi kamar tanpa jendela.

Pemilihan Aksesoris Dinding

Saat memilih poster atau lukisan untuk Anda tempatkan pada kamar tanpa jendela, sebaiknya pilih kaca yang besar atau berukuran kecil namun banyak jumlahnya. Seperti halnya dengan fungsi kaca besar, aksesoris dinding ini akan menjadikan kamar Anda tampak luas.

Dekorasi kamar tanpa jendela ini penting untuk Anda terapkan. Sehingga kamar tanpa jendela tampak lebih luas dan tidak terasa pengap.

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img