Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita PangandaranDesa Wisata Kertayasa Pangandaran Terkendala Listrik dan Internet

Desa Wisata Kertayasa Pangandaran Terkendala Listrik dan Internet

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebagai salah satu desa wisata yang diakui secara nasional, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, masih terkendala masalah listrik dan jaringan internet.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Kertayasa Abdul Rohman saat peresmian Dermaga 2 Green Canyon dan Penyerahan Fasilitas Pendukung Desa Wisata, Sabtu (23/10/2021).

“Di daerah kami masuknya jaringan listrik masih terkendala. Mungkin karena medannya yang perbukitan. Selain itu, sinyal jaringan telepon seluler dan internet sangat lemah. Perlu adanya BTS temporer, juga kendaraan roda 4 rescue untuk penyelamatan wisatawan,” katanya.

Baca Juga: Desa Kertyasa Pangandaran: Dulu Tertinggal, Kini Desa Wisata Nasional

Menanggapi hal tersebut, anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa mendorong pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk memecahkan masalah tersebut.

Agun mengatakan sebagai wakil rakyat, Ia berkewajiban memfasilitasi Desa Wisata Kertayasa untuk kemajuan daerah tersebut.

“Saya titip kepada Bupati Pangandaran listrik minta dikembangkan lagi, juga jangkauan sinyal telepon seluler dan jaringan internet. Kalau itu tidak segera ditangani, kemajuan wisata akan menjadi terhambat,” kata Agun.

Sementara kepada masyarakat Desa Kertayasa, Agun berpesan agar masyarakat menjaga potensi alam Desa Wisata Kertayasa.

“Juga titip kepada pemerintah daerah, agar konektivitas desa-desa tersambung untuk menunjang sebagai daerah pariwisata,” katanya.

Agun juga menyinggung peran dari Dinas Pariwisata agar menjaga keseimbangan antara potensi alam dan budaya dengan jumlah wisatawan.  

“Kalau budaya cocok, lingkungan cocok, Insyaallah maju. Karena akan jadi malapetaka dan kehancuran apabila alam tidak dijaga. Karena itu, semua elemen harus disatukan agar pertumbuhan ekonomi bisa terwujud,” kata Agun. 

Menurut Agun, potensi pariwisata ada di Pangandaran, karena itu wilayah Pangandaran masih bisa terus berkembang.

“Transportasi laut tumbuh subur karena Ikon Wisata hanya ada di Pangandaran. Saya apresiasi kepada Kepala Desa Kertayasa semoga tetap semangat dalam membangun desanya,” pungkasnya. (Madlani/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -