Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruDesain Atap Rumah Galvalum Menjadi Solusi Praktis Hunian Masa Kini

Desain Atap Rumah Galvalum Menjadi Solusi Praktis Hunian Masa Kini

Desain atap galvalum saat ini menjadi solusi praktis rumah modern. Hunian modern saat ini telah banyak dijadikan pilihan, khususnya untuk kota-kota besar. Tanah kosong yang tersedia pun semakin kecil sehingga rumah minimalis atap galvalum kini banyak diterapkan.

Pengaturan yang tepat juga akan menjadikan rumah atap galvalum tampak bagus. Sistem pemasangan atap galvalum memang semakin populer.

Baca Juga: Teras Rumah Klasik Eropa Hadir dengan Segudang Ciri Khas yang Unik

Galvalum merupakan produk logam berlapis yang cukup banyak penggunanya. Salah satunya untuk rumah yang menggunakan baja. Penggunaan galvalum ini juga mulai menggantikan genteng konvensional.

Intip Beberapa Desain Atap Rumah Galvalum

Penggunaan galvalum memang cocok untuk rumah minimalis. Hal itu karena sifatnya yang lebih tahan lama dan tampak modern. Untuk itu, ketahui beberapa desain atap galvalum berikut ini.

Desain Atap Pelana

Desain atap pelana termasuk yang paling sederhana. Penerapannya cukup sering di Indonesia. Modelnya sebenarnya juga lebih fleksibel untuk bentuk rumah masa kini.

Pemanfaatan desain ini pun seringkali untuk rumah-rumah kecil seperti area perumahan. Kelebihan atap bentuk pelana ini yakni dapat terbentuk dari material galvalum. Tentunya jenis atap tersebut cukup banyak penggunaannya saat ini.

Desain Atap Galvalum Perisai

Penutup atap dengan material galvalum cocok untuk atap rumah yang bentuknya perisai. Rumah dengan rangka atap galvalum perisai memang tampak lebih rapi. Pastinya desain atap rumah galvalum juga cocok penerapannya untuk rumah perkotaan.

Baca Juga: Tren Warna Cat Eksterior Rumah Tahun 2021 di Instagram, Recomended!

Namun pada bagian interiornya memang membutuhkan peredam suara dari bahan plafon akustik. Hal itu agar dapat meminimalisir timbulnya bising dari luar. Anda pasti merasa nyaman berada di hunian modern ini.

Atap Desain Trapesium

Atap galvalum model trapesium ini menjadi salah satu pilihan untuk rumah modern. Bentuk atap ini akan tampak mewah dan elegan. Hal itu karena memiliki bentuk trapesium yang unik.

Satu atap yang ukurannya kecil sebagai ‘penjaga rumah’ dan berada pada bagian depannya. Sedangkan atap yang ukurannya besar berada pada bagian belakang. Tampak memanjang hingga seluruh bagian rumah.

Atap Desain Minimalis

Penggunaan atap galvalum saat ini memang semakin populer. Kebanyakan penggunaannya untuk model rumah masa kini. Desain atap minimalis ini terdiri dari dua bentuk, pada bagian depannya dengan bentuk segitiga. Sedangkan pada bagian lainnya mengusung desain miring.

Desain Atap Galvalum Pelana

Desain atap rumah galvalum pelana ini tampak lebih rapi dan tidak mudah bocor. Secara sekilas, modelnya serupa dengan atap seng. Kelebihan rangka atau penutup atap galvalum ini yaitu mudah dibentuk. Hal itu sesuai dengan desain rumah yang dimiliki.

Namun kekurangan atap galvalum ini lebih mudah menciptakan suara bising. Terutama pada saat hujan turun. Sebaiknya Anda menggunakan penutup atap, dengan  memasang plafon yang dapat meredam suara bising. Hal itu agar rumah Anda tetap terasa nyaman dan tenang.

Baca Juga: Bahan Plafon Terbaik Mampu Memberikan Kualitas Hasil yang Maksimal

Kelebihan Atap Galvalum

Penggunaan atap galvalum juga memberikan beberapa kelebihan. Untuk itu, ketahui beberapa kelebihannya berikut ini.

Bebas dari Rayap dan Anti Lapuk

Bahan dari atap ini memang lebih tahan dari serangan hama, tentunya berbeda dengan atap kayu dan tripleks. Galvalum ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghindari serangan rayap. Sehingga Anda tidak perlu khawatir suatu saat atap ini menjadi lapuk dan keropos. Sifatnya memang tahan dengan hal-hal tersebut.

Atap Galvalum Ringan dan Mudah Dipasang

Desain atap rumah galvalum terbilang ringan. Nama galvalum tersebut adalah singkatan dari galvanis dan aluminium. Meskipun atap galvalum ini memiliki karakter yang ringan dan tipis, namun tetap kuat. 

Tekstur atap ini membuatnya lebih mudah menyerap panas. Dengan bobotnya yang ringan, menjadikan proses pemasangannya lebih mudah. Desain atap rumah galvalum juga akan menghemat pengeluaran biaya tukangnya. 

Harga Terjangkau

Apabila dibandingkan dengan material lainnya, maka galvalum ini dapat dikatakan lebih terjangkau. Tidak hanya terjangkau, namun perawatannya pun lebih mudah. Anda tentunya tidak membutuhkan lapisan khusus anti rayap atau anti karat. 

Desain atap rumah galvalum saat ini cukup banyak penggunaannya. Tidak hanya praktis dalam pemasangannya, namun memiliki harga aman di kantong. Tak heran jika desain atap ini menjadi semakin populer. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img