Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita JabarGubernur Jabar Ajak ICMI Perkuat Digitalisasi Masyarakat Desa

Gubernur Jabar Ajak ICMI Perkuat Digitalisasi Masyarakat Desa

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengajak Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Jawa Barat perkuat digitalisasi masyarakat desa. Tujuannya untuk mengantisipasi urbanisasi.

Ridwan Kamil menjelaskan dengan adanya pengetahuan teknologinya, masyarakat desa tak perlu lagi mencari pekerjaan ke luar kota.

“Saya titip kepada ICMI agar berupaya menyeimbangkan teknologi. Sehingga a menekan urbanisasi,” ujar Ridwan Kamil saat webinar nasional ICMI Jabar. Temanya “Inovasi Teknologi Anak Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (19/10/2021).

Dengan perkuat teknologi digitalisasi masyarakat desa, perekomian desa pun akan mengalami peningkatan.

“Perkuat teknologi dari desa. Yaitu dengan mengubah cara menjual. Seperti penjual sabun awalnya hanya pintu ke pintu sekarang punya omset ratusan juta. ICMi bisa membantu masyarakat desa dengan teknologi,” terangnya.

Pada tahun 2045 mendatang warga yang usia produktif dapat menjadi salah satu acuan supaya tak ada warga desa urbanisasi ke kota.

“Demografi dunia, jumlah penduduk kita semakin banyak. Prediksi pada 2045 nanti, 70 persen penduduk Indonesia adalah 46 tahun ke bawah,” katanya.

Ridwan Kamil pun mengajak masyarakat untuk berinovasi dengan menghasilkan sebuah barang untuk ekspor. Jangan sampai hanya menjadi pembeli. Perkuat digitalisasi masyarakat desa agar Indonesia tidak menjadi negara pembeli.

“Jangan sampai Indonesia menjadi negara pembeli tapi harus menjadi negara produsen. Inovasi dan kolaborasi dapat mewarnai level Indonesia,” pungkasnya. (R9/HR-Online/editor-Dadang)

- Advertisment -