Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita JabarDongkrak Ekonomi Daerah, Wagub Jabar Ajak Masyarakat Sadar Wisata

Dongkrak Ekonomi Daerah, Wagub Jabar Ajak Masyarakat Sadar Wisata

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat untuk memiliki kesadaran dalam memahami potensi wisata desa. Selain dapat menarik wisatawan juga sebagai upaya untuk dongkrak ekonomi daerah.

Uu menyampaikan hal tersebut saat hadir dalam silaturahmi Pokdarwis Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Pamarican, Minggu (10/10/2021).

“Melalui potensi wisata desa lalu kita manfaatkan tentunya dapat meningkatkan pendapatan warga sekitar. Selain itu juga dapat mendongkrak ekonomi wisata,” ujar Uu.

Salah satunya adalah meningkatkan daya beli dengan banyaknya pengunjung yang datang dan membelanjakan uangnya.

Uu pun mengapresiasi Pokdarwis dan Karang Taruna Ciamis yang mendorong gerakan sadar wisata kepada masyarakat. Hal ini tentunya dapat memberikan manfaat dan dampak untuk Jabar.

“Harapan saya potensi wisata desa ini harus terus berkembang dan memeliharanya, bila perlu menambah fasilitas. Kami Pemerintah Provinsi Jabar pun dapat memberi bantuan sarana sesuai kemampuan. Seperti untuk sarana parkir, akses jalan, kedai dan tempat ibadah,” jelasnya.

Silaturahmi Pokdarwis ini merupakan sarana edukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap potensi wisata. Hal ini tujuannya sebagai salah satu upaya untuk dongkrak ekonomi daerah.

“Desa Sidamulih contohnya memiliki pemandangan indah, suasana sejuk dan udara bersih. Pemerintah Jabar saat ini gencar promosikan berbagai potensi, salah satunya potensi wisata desa,” katanya.

Dalam mengembangkan potensi wisata desa tentunya membutuhkan perhatian dari berbagai pihak. Tidak hanya pemerintah, namun juga masyarakat sekitar perlu turun langsung untuk aktif terlibat. Namun harus terlebih dulu tumbuh kesadaran dalam mengembangkan potensi wisata.

“Pemerintah Provinsi selalu mendukung dan mendorong keinginan masyarakat. Termasuk salah satunya desa wisata sebagai upaya untuk dongkrak ekonomi daerah. Kehadiran saya sebagai motivasi dan dorongan supaya masyarakat bisa terus berkarya,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang