Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita CiamisRawan Tumbang, DPRKPLH Ciamis Akan Ganti Pohon Trembesi

Rawan Tumbang, DPRKPLH Ciamis Akan Ganti Pohon Trembesi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis akan mengganti pohon trembesi di pinggir jalan dengan pohon yang relatif lebih kuat.

Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar membenarkan hal itu, Senin (25/10/2021).

“Namun demikian, untuk mengganti pohon trembesi ke pohon yang relatif lebih kuat itu perlu adanya proses dan waktu. Kita akan lakukan pengkajian dan rekayasa nantinya,” ujar Taufik.

Menurutnya, ada beberapa jenis pohon yang cocok jika ditanam di pinggir jalan antara lain pohon tabebuya dan pohon bungur.

Kedua pohon itu memiliki kekuatan dan kekokohan dari akarnya yang cukup baik.

“Pohon tersebut sangat bagus dan baik bagi penyerapan polusi udara dan tentunya sangat kuat,” tuturnya.

Baca Juga: Herdiat Targetkan Minggu Depan Ciamis Turun ke Level 2 PPKM

Pohon trembesi juga bagus untuk penyerapan polusi. Namun, kata Taufik, trembesi itu lebih cocok jika ditanam di taman dan hutan kota.

“Kalau di pinggir jalan sepertinya kurang cocok, meskipun bagus untuk menyerap polusi,” ucapnya.

Taufik mengungkapkan, pihaknya tidak ingin kejadian pada hari Jumat (22/10/2021) yakni pohon trembesi di pinggir jalan Ciamis tumbang terulang kembali.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dinas PRKPLH Ciamis akan menerjunkan tim penyisir pohon untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon di pinggir jalan yang dianggap rawan tumbang.

Kondisi pohon trembesi di pinggir jalan Ciamis ini memang sudah sangat besar,.

“Bahkan akarnya juga ada yang muncul ke permukaan dan merusak trotoar, nanti kami akan bereskan supaya tidak mengganggu masyarakat,” ucapnya.

Taufik juga mengimbau kepada masyarakat Ciamis supaya tidak parkir kendaraannya di bawah pohon apalagi pohon trembesi yang sudah tua dan rawan tumbang. (Fery/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -

Berita Terbaru