Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBerita TerbaruErnest Prakasa Sindir Sinetron DJS Plagiat Squid Game, "Nggak Malu?"

Ernest Prakasa Sindir Sinetron DJS Plagiat Squid Game, “Nggak Malu?”

Ernest Prakasa sindir sinetron DJS (Dari Jendela SMP) lantaran tudingan menjiplak serial drama asal Korea Selatan yang rilis di Netflix, bertajuk Squid Game.

Pelawak yang merangkap aktor sekaligus sutradara tersebut melayangkan tamparan keras pada SCTV sebagai saluran TV yang menayangkan sinetron tersebut.

Jumat, 22 Oktober 2021 lalu, sinetron DJS secara terang-terangan merilis episode yang para castingnya memerankan adegan sedang bermain game.

Namun, seperti yang publik ketahui, game bernama “Dolanan Game” tersebut lebih seperti plagiatan Squid Game.

Sontak, episode sinetron Dari Jendela SMP tersebut mengundang komentar tidak mengenakan dari banyak orang. Tidak hanya dari kalangan penonton DJS, melainkan juga deretan artis Indonesia. Salah satunya Ernest Prakasa.

Sutradara yang pernah menyukseskan film Imperfect tersebut, tanpa banyak basa-basi langsung mengunggah salah satu gambar adegan sinetron Dari Jendela SMP yang sangat mirip dengan Squid Game.

Di dalam postingannya tersebut, Ernest menuangkan sindiran parah kepada stasiun televisi yang menaungi.

Baca Juga: Jessica Mila Idap Skoliosis Sejak Kecil Berakibat Sering Pegal

Postingan Ernest Prakasa Sindir Sinetron DJS

Tidak main-main tindakan yang Ernest lakukan, ia langsung tag SCTV di dalam captionnya.

“Halo @SCTV, pengen nanya deh. Nggak punya rasa malu dikit aja gitu?” tulis Ernest dan kemudian ia unggah di dalam Instagram Story.

Tidak hanya sebatas sindiran panas itu saja, Ernest Prakasa juga kembali mengingatkan perihal industri kreatif kepada stasiun televisi tersebut.

“Maaf nih, sekedar mengingatkan saja, ya. Bukannya, televisi itu termasuk salah satu industri kreatif kan, ya?” lanjut Ernest dalam postingannya.

Kenyataannya postingan tersebut mengundang lebih banyak perhatian dari kalangan artis. Melly Goeslaw yang terkenal dengan kepiawaiannya membuat soundtrack film tampaknya tertawa menanggapi postingan Ernest Prakasa sindir sinetron DJS.

Hal serupa juga dilakukan oleh Surya Saputra, yaitu menanggapi dengan emoji tawa. Bahkan penulis best seller Asma Nadia yang karyanya sudah banyak diadopsi menjadi film juga turut menanggapi.

“Astaga,” begitu tulisnya, yang kemudian Ernest tanggapi lagi “Omelin mbak,” ketus Ernest.

Tidak hanya ramai di akun Instagram, Ernest juga melakukan tindakan sama di media sosial Twitter. Ironisnya, Ernest Prakasa sindir sinetron DJS dengan menampilkan emoji wajah muntah di dalam postingannya. Keterangannya tersebut menunjukkan kalimat kepada pihak TV terkait, (23/10/2021).

Ernest menyematkan akun @cenayangfilm yang merupakan akun pertama kali menyebarkan adegan sinetron DJS tepatnya ketika scene “Dolanan Game”. Sebagai hasilnya, postingan Ernest tersebut sukses menarik respons dari para penggiat dunia hiburan lain.

Baca Juga: Jedar dan Vincent Menikah Sore Ini, Kita Diundang Secara Virtual Lho

Gameplay “Dolanan Game” Plagiat Squid Game

Melihat sekilas aksi dan tampilan dari “Dolanan Game”, memang tidak berbeda jauh dengan serial Squid Game. Pertama, kesamaan terlihat dari kostum yang dikenakan para peserta game DJS tersebut. Ada nomor urut di bagian dada juga tampilannya yang berwarna hijau.

Hal kedua yang menjadikan Ernest Prakasa sindir sinetron DJS plagiat Squid Game adalah desain peserta tereliminasi. Desain tersebut sangat mirip dengan konsep desain yang terdapat di Squid Game.

Masalah lainnya juga terlihat dari para petugas permainan “Dolanan Game” yang menggunakan kostum juga bertopeng. Terakhir adalah konsep permainan tersebut.

Dolanan Game kabarnya terinspirasi permainan tradisional Indonesia. Sedangkan Squid Game juga merujuk pada permainan tradisional negara Korea.

Akan tetapi, dari segi kostum peserta dan penjahat bertopeng tidak lain justru menggambarkan jika itu adalah tiruan.

Baca Juga: Bukti Rachel Vennya Selingkuh dengan Salim Naureder Terkuak

Panen Hujatan, Tak Hanya Ernest Prakasa yang Sindir Sinetron DJS

Sepertinya, memang cukup banyak yang kecewa dengan episode DJS tentang Dolanan Game. Pasalnya, setelah penayangan scene tersebut, warganet berbondong-bondong mengkritik Dari Jendela SMP.

Beberapa ada yang sampai mengkhawatirkan jika berita ini terdengar di Knet, terlebih tim produksi Squid Game.

“Yakin, malu ampe otak anj*r, gimana kalo sampai pihak Korea Selatan tahu, kena copyright gak tuh?” ungkap seorang netizen di akunnya @tubirfess.

“Ya gimana, bukannya ngejelekin karya anak bangsa, ya. Lah kalo hasilnya aja kayak gini, apa yang harus gua banggakan, ” ungkap warganet lainnya.

Masih banyak warganet yang ikut berkomentar seperti Ernest Prakasa sindir sinetron DJS.

“Saran aja ni, mending hapus deh menfes ini. Ya, sebelum Knets bangun terus bilang ‘apa yang mereka lakukan,’ heiii malu banget helo.”

“Plis Lah, ga usah berulah sekali aja jendela SMP nih,” balas netter lain.

Tidak hanya netizen yang menanggapi insiden ini, melainkan juga mengambil perhatian dari Netflix Indonesia yang membalas postingan akun @moviemenfes.

Seperti sudah stuck kata-kata, Netflix Indonesia hanya bisa menanggapi postingan tersebut dengan GIF tokoh utama Squid Game, Gi Hun yang menatap kamera setengah tersenyum.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi maupun tanggapan apapun dari pihak industri DJS. Cuitan Ernest Prakasa sindir sinetron DJS dan warganet pun masih ramai membanjiri platform sosial media. (R10/HR-Online)

- Advertisment -