Rabu, Desember 8, 2021
BerandaTeknologiAplikasiFacebook Berencana Ganti Nama Dalam Waktu Dekat, Simak Alasannya!

Facebook Berencana Ganti Nama Dalam Waktu Dekat, Simak Alasannya!

Facebook berencana ganti nama baru pekan depan. Ini perusahaan lakukan dengan tujuan untuk menyiapkan diri menyambut fokus terbarunya dalam membangun ruang digital metaverse.

Rencana penggantian nama ini akan dibawa oleh Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg dalam konferensi tahunan “Connect” pada 28 Oktober mendatang.

Keterangan ini sesuai dengan laporan dari Reuters pada Rabu 21 Oktober lalu. Meskipun demikian, penggantian nama tersebut dapat lebih cepat terjadi berdasarkan keputusan yang dibuat oleh perusahaan raksasa media sosial tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Polling di Facebook, Ini Pengertian dan Cara Menggunakannya!

Perusahaan Facebook Berencana Ganti Nama

Tersiarnya kabar yang menyebutkan bahwa Facebook akan mengganti nama tentu cukup mencengangkan para penggunanya. Banyak pengguna yang bertanya-tanya alasan akan rencana ini.

Dapat Anda ketahui, perubahan nama ini akan menjadi tanda dari ambisi raksasa teknologi Facebook untuk lebih dikenal. Tidak hanya sekedar sosial media, namun juga segala hal yang mengikutinya. Hal pasti perubahan nama ini juga akan berpengaruh pada Oculus, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya.

Adapun fakta-fakta terkait dengan Facebook yang berencana ganti nama antara lain:

Persiapan Pembangunan Ruang Digital Metaverse

Penggantian nama ini merupakan salah satu persiapan diri dari Facebook dalam menyambut fokus terbarunya untuk membangun ruang digital metaverse. Metaverse merupakan lingkungan ekosistem virtual bersama yang dapat masyarakat akses secara daring.

Istilah dari metaverse ini merujuk pada pemanfaatan ruang digital dengan augmented reality. Adanya rencana Facebook ganti nama ini akan memposisikannya sebagai produk yang sebelumnya merupakan perusahaan induk dan membawahi aplikasi lain. Seperti WhatsApp, Instagram, serta Oculus.

Zuckerberg mengatakan jika metaverse akan menjadi fokus besar dari perusahaan. Metaverse juga akan menjadi bagian besar dari babak berikutnya sebagai sarana internet dalam berkembang setelah internet populer.

Selanjutnya, Facebook meletakkan fokus yang lebih besar pada teknologi generasi mendatang. Hal ini terbukti dengan pembentukan tim metaverse khusus pada musim panas lalu oleh Facebook.

Beberapa waktu yang lalu pun terdengar kabar bahwa Kepala Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), Andrew Bosworth akan dipromosikan sebagai Chief Technology Officer.

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet Melalui Fitur Multi Device

Salah Satu Rencana Besar Perusahaan

Facebook sendiri merupakan perusahaan raksasa teknologi yang telah mempunyai lebih dari 10 ribu karyawan untuk membangun produk langsung. Salah satunya adalah kacamata AR yang perusahaan klaim akan tersebar di berbagai wilayah seperti halnya smartphone.

Zuckerberg berpendapat bahwa metaverse ini akan menjadi fokus besar perusahaan. Ini juga akan menjadi bagian besar dari bab selanjutnya terkait dengan bagaimana internet berevolusi setelah mobile internet.

Alasan Facebook Ganti Nama

Kabar Facebook berencana ganti nama ini muncul ketika perusahaan menghadapi meningkatnya pengawasan pemerintah AS dari praktik bisnisnya. Berdasarkan laporan dari Reuters, menyebutkan bahwa anggota parlemen dari dua belah pihak telah melakukan kecaman terhadap perusahaan tersebut.

Kemarahan mereka semakin meningkat pada saat melakukan Kongres dengan Facebook. Selain itu, perubahan citra juga memiliki fungsi untuk lebih memastikan pekerjaan futuristik yang Zuckerberg fokuskan. Dari pengawasan ketat Facebook, ini juga sebagai cara platform sosialnya beroperasi saat ini.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram Live, Bisa Buat Jadwal Siaran dan Sesi Latihan

Telah Terencana Sebelumnya

Facebook yang berencana ganti nama ini telah perusahaan jelaskan sebelumnya. Pada bulan Juli lalu, Zuckerberg pernah mengungkapkan jika untuk beberapa tahun ke depan, Facebook akan bertransisi secara lebih efektif dari perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse.

Sebenarnya Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan teknologi ternama pertama yang melakukan perubahan nama perusahaannya. Pada tahun 2015 lalu, Google telah melakukan perombakan ulang perusahaan yang mereka miliki menjadi perusahaan di bawah nama Alphabet.

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan statusnya sebagai konglomerasi besar. Selanjutnya Snapchat juga melakukan rebrand pada tahun 2016 lalu menjadi Snap Inc.

Ini mereka lakukan saat menyatakan fokus sebagai perusahaan kamera. Perusahaan ini menyebutnya sebagai perusahaan kamera serta mengawali debutnya dengan sepasang kacamata kamera Spectacles.

Namun hingga saat ini pihak Facebook belum memberikan bocoran terkait nama pengganti yang akan mereka pakai. Akan tetapi, The Verge menduga bahwa nama perusahaan ini ada hubungannya dengan Horizon. Belum lama ini, Facebook melakukan perubahan nama platform game VR yang sedang mereka kembangkan, dari “Horizon” berubah menjadi “Horizon Worlds”. (R10/HR-Online)

- Advertisment -