Minggu, Juni 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFacebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Begini Kata Mark Zuckerberg!

Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Begini Kata Mark Zuckerberg!

Facebook resmi ganti nama tepat pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 menjadi Meta. Bahkan Mark Zuckerberg selaku Kepala Facebook telah mengatakan bahwa hal ini adalah bagian dari rebranding perusahaan.

Meski demikian, untuk perubahan nama tersebut tentunya juga tidak akan mengubah bagaimana struktur perusahaan. Tak hanya itu saja, raksasa teknologi dengan 2,9 miliar pengguna bulanan ini juga telah meluncurkan logo barunya di California.

Baca Juga: Facebook Berencana Ganti Nama Dalam Waktu Dekat, Simak Alasannya!

Identitas Facebook Resmi Ganti Nama, Bagaimana Wujudnya?

Akhirnya Mark Zuckerberg resmi mengumumkan ganti nama Facebook yang kini menjadi Meta sejak Kamis kemarin. Perubahan ini juga ditujukan Facebook sebagai salah satu perusahaan induk dan Meta menyabet nama resminya.

Sementara itu, menurut Mark, Meta perusahaan fokus mengenai bagaimana caranya berinteraksi dengan teknologi. Sedangkan untuk Meta sendiri akan berfokus pada pembangunan teknologi supaya orang-orang bisa berinteraksi satu dengan yang lain.

Facebook resmi ganti nama dalam acara Connect 2021. Mark menyebutkan bahwa membangun aplikasi medsos menjadi hal penting untuk perusahaan. Karena DNA perusahaan yaitu untuk membangun teknologi dan membawa orang secara bersama-sama, maka Metaverse merupakan batasan baru.

Dengan adanya perubahan ini, maka fokus perusahaan itu akan beralih ke metaverse dan bukan lagi Facebook. Mark kembali mengatakan seiring dengan berjalannya waktu, maka pengguna Meta tidak harus memiliki akun Facebook.

Baca Juga: Saham Wall Street Menguat, Namun Terbatasi oleh Saham Facebook

Merek Anak Perusahaan

Kabar Facebook resmi ganti nama ini bukan berarti bahwa platform tersebut tak lagi nama dari perusahaan secara menyeluruh. Akan tetapi, itu hanya menjadi merek anak perusahaan untuk mengoperasikan layanan media sosial yang memiliki nama serupa.

Bahkan pengumuman itu telah disampaikan sendiri oleh Zuckerberg pada tengah-tengah konferensi virtual reality Facebook Connect. Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan fokusnya yang kini berubah menjadi metaverse di ranah online baru.

Selain hanya mencerminkan ambisi untuk masa depan perusahaan, rebranding juga efektif untuk merombak reputasi Facebook. Hal ini setelah menjalani serangkaian mimpi buruk mengenai persoalan kegagalan moderasi konten itu terjadi.

Sementara itu, menurut Zuckerberg sendiri, walau Facebook merupakan merek media sosial yang ikonik, namun brand image ini tidak pernah menggambarkan apa yang telah dilakukan olehnya beserta semua tim perusahaan.

Arti Kata Meta

Ketika Facebook resmi ganti nama menjadi Meta, ini bukan tanpa alasan. Sebab kata Meta adalah bahasa Yunani yang artinya melampaui. Menurut Mark Zuckerberg sendiri, ia bangga dengan apa yang sudah ia bangun sampai saat ini.

Selain itu, kata Meta ini akan lebih fokus lagi untuk menghadirkan metaverse guna membantu orang lain agar terhubung maupun menumbuhkan bisnis. Metaverse akan mencampurkan pengalaman online dan menjaga tiga dimensi ke dunia fisik.

Sedangkan pada acara konferensi Connect waktu itu, Meta menyebut bahwa pengalaman ini akan menjadi metaverse untuk masa depan. Mulai dari hiburan, koneksi sosial, fitness, gaming, perdagangan, produktivitas, maupun edukasi.

Tidak hanya itu saja, melainkan Meta juga sudah mengumumkan sejumlah tool guna membantu manusia untuk membangun metaverse. Melalui tool yang bernama Presence Platform, maka perusahaan mampu memberi pengalaman mixed reality terbarunya di Quest 2.

Baca Juga: Aplikasi Polling di Facebook, Ini Pengertian dan Cara Menggunakannya!

Apa Tujuannya?

Alasan mengapa Facebook resmi ganti nama menjadi Meta adalah untuk mewakili harapan di masa depan setelah melalui sejumlah masalah. Sehingga rebranding itu harus mampu memperkuat posisi raksasa dalam dunia baru metaverse sendiri.

Bahkan Zuckerberg juga sudah menggelontorkan uang sebanyak 141 triliun pada tahun 2021 demi membangun metaverse. Walaupun belum menjelaskan secara detail, rupanya sistem terpadu akan mampu menjangkau semua perusahaan Facebook.

Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan besar dalam dunia teknologi seperti ini bukan merupakan pertama kalinya. Sebab Google sendiri juga pernah melakukannya sejak 2015 dan menjadikan Alphabet Inc sebagai salah satu perusahaan induk.

Identitas Facebook resmi ganti nama menjadi Meta ini juga menjadi salah satu visi untuk masa depan yang lebih baik lagi. Mulai dari tujuan identitas merek menggunakan level yang tinggi, ada juga tujuan yang lebih fungsional, dan teknis. Seperti pembahasan awal bahwa Facebook telah resmi berubah nama menjadi Meta pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 waktu setempat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -