Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruFan Belt Mobil Putus Ketahui Penyebab, Dampaknya Merugikan

Fan Belt Mobil Putus Ketahui Penyebab, Dampaknya Merugikan

Fan belt mobil putus merupakan masalah penting, yang juga sering terjadi. Hal tersebut, juga harus kita ketahui. Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan roda empat ini, sudah menjadi kewajiban kita untuk memahami, tentang seluk beluknya. Salah satunya juga risiko apa saja atau masalah apa yang akan kita hadapi nantinya.

Baca juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Kebutuhan mengenai kendaraan roda empat yang satu ini, memang tidak bisa kita pungkiri. Terdapat banyak keuntungan saat menggunakan kendaraan yang satu ini. Misalnya saja, aman meski cuaca hujan,tidak repot saat barang bawaan banyak dan untuk menjadi transportasi semua keluarga. Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak yang menggunakan mobil, untuk transportasi mengantarkan ke tujuan.

Perlu Anda ketahui, sampai sekarang ini, masih banyak pengguna mobil yang tidak memperhatikan masalah, putusnya fan belt. Padahal fungsi dari fan belt sendiri sangatlah penting. Fungsinya juga sebagai penerus putaran mesin. Selain itu juga untuk menggerakkan dinamo alternator, kompresor Ac, pompa power steering dan water pump.

Fan Belt Mobil Putus, Apa Penyebabnya

V-Belt atau Fan Belt, merupakan salah satu komponen mesin. Dengan mempunyai fungsi sebagai kipas pendingin serta memberikan putaran pada mesin dan komponen tambahan yang lainnya.

Fan belt adalah hal yang sangat berpengaruh dalam mobil. Apabila fan belt tersebut putus, maka jangan heran jika mobil Anda akan langsung berhenti, tidak akan berjalan. Nah, untuk menanggulangi terjadinya hal tersebut, alangkah lebih baiknya, jika Anda mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Namun, sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa fan belt itu terbuat dari karet yang tebal. Meskipun karet akan tetapi kuat juga elastis.

Rapuh Ketika Disentuh

Penyebab atau ciri yang akan menyebabkan fan belt mobil putus adalah, saat kita sentuh, amak akan terasa sangat rapuh. Mengenai hal tersebut, juga mengharuskan kita untuk rutin dalam melakukan pengecekkan. Agar, hal yang buruk tersebut tidak terjadi kepada kita.

Baca juga: Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Meskipun terbuat dari karet khusus serta serat nilon, namun seiring meningkatnya intensitas penggunaan mobil, menjadikan intensitasnya tersebut juga menurun. Bahkan, tidak jarang juga yang hilang. Pasalnya, ketika mobil sedang bekerja, fan belt harus pada suhu yang tinggi. Kerapuhan tersebut, juga diakibatkan oleh hal itu.

V Belt yang Mengendur

Selain itu, V belt yang mengendur, juga akan menjadi penyebab fan belt mobil putus. Hilangnya kelenturan karet tersebut juga menyebabkan karet akan mengendur. Tak hanya kendur saja, tetapi jika memang keadaanya sudah demikian, berarti sudah rusak.

Jika Anda mendapati terjadinya hal tersebut, maka segera lakukan penindakan. Supaya, putusnya fan belt tidak menyerang Anda, yang sedang menikmati perjalanan bersama keluarga tercinta.

Tipis dan Retak

Tanda-tanda lainnya yang perlu Anda sadari adalah, terjadinya keretakan dan sudah tipis pada fan belt mobil. Faktanya juga, hal yang demikian itu, juga akan membuat fan belt mobil putus. Sedangkan untuk ketakutannya sendiri, bisa terjadi pada bagian permukaan. Oleh sebab itu juga, Anda perlu melakukan pengecekkan maupun service secara berkala. Karena keselamatan dalam berkendara adalah hal yang sangat penting.

Dampak Buruk yang Akan Terjadi

Apabila pada penjelasan sebelumnya menjelaskan, dampak yang akan terjadi mobil tidak akan berjalan. Akan tetapi, tidak hanya itu saja. Masih ada dampak lainnya yang harus Anda ketahui, dari terjadinya fan belt mobil putus tersebut.

Pertama, akan menyebabkan dinamo alternator tidak akan bekerja. Sehingga dapat menyebabkan tidak adanya pengisian arus listrik. Padahal, arus listrik sendiri sangat diperlukan guna melakukan proses pengapian. Dengan begitu, mobil akan berhenti plus tidak bisa hidup kembali. Kemudian, akan membuat pompa power steering. Hal tersebut juga bakal menyebabkan setir mobil berat.

Baca juga: AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya

Penyebabnya adalah, pompa power steering dapat mengurangi, beban pengemudi sampai 60%. Namun, dari semua dampak negatif tersebut, pada intinya juga menjurus pada kerusakan mesin yang sangat serius.

Nah, untuk para pengguna mobil, penting sekali mendalami masalah fan belt mobil putus ini. Karena, memang merupakan masalah yang sangat serius, dengan memberikan dampak yang bisa kita katakan merugikan penggunanya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru