Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruFish Oil Viral di TikTok, Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Fish Oil Viral di TikTok, Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Baru-baru ini Fish Oil viral di TikTok. Menurut seorang TikTok creator, dengan rutin mengonsumsi fish oil bisa membantu dalam proses penyembuhan hormonal acne.

Melalui tayangan video berdurasi singkat yang saat ini sudah disukai oleh ratusan ribu orang itu, TikTok creator tersebut menjelaskan, fish oil telah membantunya menyembuhkan jerawat yang membandel.

Apa yang diungkapkannya itu ternyata memang benar bahwa fish oil mempunyai manfaat yang cukup signifikan untuk kulit lho!

Secara umum fish oil ini terkenal baik buat kesehatan. Ketika usia kita masih dalam masa pertumbuhan, para dokter anak dan ahli nutrisi biasanya akan menyarankan agar rutin konsumsi fish oil.

Karena minyak ini bisa membantu tumbuh kembangnya anak. Bahkan fish oil juga dapat menjaga kesehatan mental dan jantung, serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat sehat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi fish oil secara rutin.

Baca Juga : Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 3, Baik untuk Kekebalan Tubuh Hingga Sperma

Fish Oil Viral di TikTok dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Kulit

Dilansir Medical News Today, manfaat fish oil, termasuk termasuk omega-3 yang terkandung di dalamnya mampu membantu menjaga agar kulit tetap sehat secara menyeluruh.

Bahkan berbagai penelitian menemukan bahwa manfaat tersebut berkat kandungan lemak tak jenuh atau PUFA (Polyunsaturated Fatty Acid) yang ada dalam fish oil.

Sehingga membran sel menjadi sehat serta dapat menahan air pada bagian sel kulit, dan kulit pun terhidrasi dengan sempurna.

Karena itulah fish oil mampu menjaga kulit tetap sehat jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Selain itu, kandungan omega-3 juga dapat mengurangi senyawa yang menjadi penyebab terjadinya inflamasi dan penuaan.

Bukan hanya omega-3 saja, namun fish oil juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, D, serta selenium. Semua nutrisi tersebut cukup penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

Baca Juga : Wajib Tahu! Makanan Ini Harus Dihindari di Usia 30 Tahun

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat lainnya dari fish oil yang viral di TikTok yaitu untuk membantu menyembuhkan jerawat yang meradang. Karena omega-3 pada dasarnya mampu mencegah inflamasi, yakni peradangan yang terjadi pada kulit.

Acta Derm Venereol dalam penelitiannya tahun 2014 mengungkap bahwa, manfaat fish oil dapat meredakan jerawat yang meradang hanya dalam waktu 10 mingguan.

Dari hasil penelitian lainnya pada tahun 2012, sebagian orang juga menyebutkan kalau fish oil ini dapat membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Tetapi pada tahun yang sama sebagian orang justru malah mengalami masalah jerawat yang memburuk. Oleh sebab itu, hingga sekarang belum ada bukti yang signifikan kalau jerawat bisa sembuh dengan konsumsi fish oil secara rutin.

Baik untuk Memelihara Kulit

Meski manfaat fish oil yang viral di TikTok itu belum memiliki bukti signifikan dapat menyembuhkan jerawat, tapi bukan berarti tidak memiliki manfaat penting.

Baca Juga : Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bikin Kulit Makin Glowing!

Karena selain masalah jerawat, ada juga masalah kesehatan lainnya pada kulit yang perlu mendapatkan perhatian.

Suplemen yang mengandung fish oil mampu memberikan manfaat yang cukup banyak. Termasuk untuk memelihara kulit supaya tetap sehat.

Jika Anda berniat mengonsumsinya secara rutin bisa membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan. Terpenting Anda harus tetap melakukan perawatan kesehatan kulit dengan menggunakan produk yang tepat.

Apabila Anda memiliki permasalahan utamanya pada kulit adalah jerawat, maka Anda harus pastikan memakai skincare yang memiliki kandungan khusus untuk membantu meredakan jerawat.

Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak. Karena hal ini penting untuk membantu proses menyembuhkan jerawat. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -