Selasa, Desember 7, 2021
BerandaTeknologiAplikasiFitur Enkripsi Terbaru WhatsApp untuk Proses Backup, Ini Cara Aktifkan!

Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp untuk Proses Backup, Ini Cara Aktifkan!

Fitur enkripsi terbaru WhatsApp akhirnya resmi rilis. Sebelumnya, WhatsApp telah memperoleh kelengkapan sistem keamanan enkripsi end-to-end. Kini, Facebook juga resmi merilis fitur keamanan untuk aplikasi WhatsApp.

WhatsApp pun melakukan pengujian terhadap fitur enkripsi terbaru pada riwayat chat backups beberapa waktu lalu. Kini fitur tersebut tersedia secara resmi. Dengan hadirnya fitur ini, para pengguna akan dapat mengenkripsi cadangan riwayat chat mereka.

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp sudah terenkripsi sejak 2016 silam. Akan tetapi, aplikasi ini belum menawarkan enkripsi end-to-end menuju backups yang bergantung dengan Google Drive atau iCloud.

Baca Juga: Kirim Aplikasi Lewat WA Menjadi Lebih Mudah dan Sederhana

Mengenal Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp

Pihak WhatsApp mengaku jika sebelumnya telah menyediakan fitur pencadangan obrolan. Setiap obrolan yang terjadi dapat tersimpan di Google Drive atau iCloud.

Namun obrolan yang tersimpan tersebut belum memperoleh kelengkapan fitur keamanan fitur enkripsi end-to-end. Hal inilah yang menjadi salah satu keluhan dari para pengguna. Karena obrolan yang tersimpan tersebut justru dapat terakses oleh pihak lain.

Dengan adanya keluhan tersebut, maka pihak WhatsApp pun akhirnya merilis fitur keamanan baru yang berupa enkripsi end-to-end untuk obrolan yang tersimpan di iCloud ataupun Google Drive.

Saat ini, WhatsApp berupaya untuk meningkatkan keamanan pada layanannya. Hal ini dilakukan dengan menerapkan enkripsi end-to-end pada backup chat. Ini sesuai dengan laporan dari CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Mark menjelaskan jika backup WhatsApp yang tersimpan pada iCloud atau Google Drive akan memperoleh perlindungan enkripsi end-to-end. Seperti yang kita ketahui, WhatsApp merupakan layanan pesan instan global pertama yang menawarkan pesan serta backup terenkripsi end-to-end.

Untuk dapat mencapainya, terdapat tantangan teknis yang cukup berat serta memerlukan framework benar-benar baru. Ini bertujuan untuk penyimpanan kunci serta penyimpanan awan lintas sistem operasi.

Baca Juga: Cara Tautkan Perangkat di WhatsApp Web Tanpa Menyalakan HP

Tentang Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp

Pengertian dari istilah enkripsi end-to-end adalah hanya perangkat yang memperoleh izin dapat melakukan deskripsi pada isi chat serta backup.

Hal ini berarti dalam intersepsi di tengah prosesnya, pihak manapun tak akan dapat mendekripsi chat tersebut. Dengan mencadangkan riwayat obrolan WhatsApp enkripsi end-to-end, maka hanya pengguna yang dapat mengakses riwayat obrolan tersebut.

Tidak akan ada yang dapat membuka cadangan tersebut, baik itu pihak WhatsApp sekalipun. Hal ini karena backup percakapan akan melalui proses enkripsi dengan enkripsi yang sengaja dibuat secara acak.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih di antara dua pilihan, yakni menyimpan kunci 64 digit secara manual atau mengatur password untuk mengakses kunci.

Hadirnya fitur enkripsi terbaru WhatsApp ini seolah ingin menunjukkan bahwa tak ada layanan perpesanan lain dalam skalanya yang menyediakan tingkat keamanan seperti ini. Dalam hal ini, semua pengguna dapat memperoleh fitur enkripsi end-to-end terbaru.

Cara Mengaktifkan Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp

Dengan menggunakan fitur enkripsi end-to-end terbaru WhatsApp, maka proses backup pesan pun akan lebih aman dari pihak-pihak eksternal. Hal ini sesuai dengan laporan dari WABetaInfo.

Bahkan pihak WhatsApp tidak akan mengetahui isi data yang telah terbackup oleh para pengguna. Hal penting yang perlu pengguna perhatikan sebelum menggunakan fitur enkripsi terbaru WhatsApp adalah software harus yang terbaru.

Apabila telah resmi rilis nantinya, berikut ini beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur enkripsi terbaru.

Baca Juga: Backup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

  1. Pertama buka Pengaturan (Setting) WhatsApp
  2. Selanjutnya masuk pada bagian Chat > Chat Backup
  3. Pada bagian Chat Backup, checklist opsi enkripsi end-to-end backup
  4. Berikutnya setelah checklist, maka fitur enkripsi end-to-end terbaru WhatsApp untuk proses backup pun resmi aktif.

Saat ini, fitur enkripsi end-to-end terbaru WhatsApp telah resmi rilis. Akan tetapi, masih terbatas hanya untuk platform WhatsApp for iOS. Akan tetapi, perusahaan hanya merilis fitur tersebut bagi orang-orang yang terpilih sebagai beta tester saja. Untuk perilisannya ke publik hingga saat ini belum dapat kita ketahui secara pasti.

Dengan menggunakan fitur enkripsi terbaru WhatsApp, pihaknya memastikan tidak akan ada yang dapat membaca data chat pengguna terenkripsi. Baik dari pihak WhatsApp itu sendiri maupun para operator seluler. (R10/HR-Online)

- Advertisment -