Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruGangguan Kesehatan Ibu Hamil yang Wajib Kita Waspadai

Gangguan Kesehatan Ibu Hamil yang Wajib Kita Waspadai

Gangguan kesehatan ibu hamil lumrah terjadi. Kehadiran janin dalam rahim akan mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan ibu. Mengenal gangguan ini sejak awal sangat penting untuk penanganan yang cepat dan tepat.

Kehamilan akan memberikan tanda yang khas. Tantangan terbesar ibu hamil adalah pada periode awal trimester. Tak hanya perubahan fisik, hormon dan psikis ibu hamil juga akan mengalami perubahan.

Bentuk tubuh yang mulai berubah menjadikan ibu hamil seringkali merasa kurang nyaman dengan badannya. Bahkan selain rasa ketidaknyamanan tersebut, gangguan kesehatan juga akan sering kali muncul dan terjadi.

Gangguan Kesehatan Ibu Hamil Perlu Diwaspadai

Lantas, gangguan kesehatan apa sajakah yang sering terjadi dan ibu hamil rasakan? Berikut ini sejumlah jenis gangguan kesehatan ibu hamil yang perlu kita ketahui dan waspadai.

Anemia

Perubahan yang signifikan sering terjadi selama kehamilan. Secara umum, ibu hamil berisiko mengalami anemia jauh lebih tinggi ketimbang wanita normal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gangguan Kehamilan, Mencegah Dampaknya Pada Janin

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya janin yang tumbuh dalam Rahim. Kondisi inilah yang mengakibatkan kebutuhan pasokan darah melonjak pesat, sehingga anemia pun bisa terjadi.

Sebenarnya anemia merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap ibu hamil. Namun American Society of Hematology mengingatkan pentingnya mewaspadai terjadinya anemia ini.

Menurutnya, ketika anemia tidak terdeteksi sejak awal maka, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur pada bayi. Bahkan bayi beresiko lahir dengan berat lahir jauh dibawah normal.

Hipertensi

Selain bisa mengalami anemia, ibu hamil juga berpotensi mengalami hipertensi. Ini juga merupakan jenis gangguan kesehatan ibu hamil yang harus kita waspadai sejak awal.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi selama kehamilan terjadi ketika tekanan darah mencapai 140 mm Hg. Angka ini lebih tinggi dari nilai normal yang seharusnya 90 mm Hg.

Ketika kehamilan sudah menginjak periode trimester kedua, tekanan darah pada ibu hamil sebenarnya bisa menurun. Akan tetapi jika tidak terkontrol, kondisinya malah semakin membahayakan bagi kesehatan ibu dan juga janin.

Baca Juga : Makanan Penyebab Keguguran saat Hamil Muda yang Wajib Anda Tahu

Mood Swing

Ketika kehamilan terjadi, depresi dan kecemasan juga sudah menjadi salah satu gangguan kesehatan ibu hamil yang sering sekali terjadi dan ibu hamil alami.

Kondisi mood swing merupakan masalah kesehatan mental yang lumrah. Namun gangguan ini akan semakin parah setelah memasuki trimester kedua, atau hendak menuju trimester ketiga kehamilan.

Perubahan hormon dan stres sebelum melahirkan biasanya yang akan menyebabkan hal tersebut terjadi. Jika kondisi mood swing masih bisa teratasi, sebenarnya bukan menjadi masalah yang berarti.

Akan tetapi jika sudah sangat membahayakan bahkan bagi ibu dan janin, maka hal tersebut harus segera mendapat penanganan. Anda perlu secepatnya berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusinya.

Sembelit

Pada awal masa kehamilan Anda mungkin akan sering mengalami sembelit karena perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mencegah dan mengatasi sembelit, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan,  antara lain:

Baca Juga : Punggung Sakit saat Hamil, Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti halnya roti gandum dan sereal, buah dan sayuran serta kacang dan biji-bijian. Setidaknya setiap hari Anda harus mengonsumsi 30 sampai 40 gram.
  • Olahraga secara rutin. Hal ini sangat penting kita lakukan untuk menjaga agar otot tubuh tetap kencang.
  • Jalan kaki setiap pagi juga bisa Anda lakukan.
  • Setidaknya konsumsi air mineral 8 atau 9 gelas setiap hari

Wasir

Kondisi janin yang semakin membesar juga berpotensi mengakibatkan ibu hamil mengalami wasir. Ini juga merupakan gangguan kesehatan ibu hamil yang sering terjadi. Untuk mengatasinya, cara yang Anda bisa lakukan antara lain:

  • Bungkus air dingin atau es batu dengan kain bersih lalu tempelkan pada anus. Hal ini perlu kita lakukan untuk mengurangi terjadinya iritasi dan pembengkakan pada area yang mengalami wasir.
  • Jaga area anus agar selalu bersih dengan cara mencuci lembut setiap kali Anda buang air besar

Ibu hamil yang memiliki riwayat ambeien sebelum hamil biasanya akan mengalami wasir. Bahkan kondisinya bisa semakin parah, terlebih pada trimester ketiga kehamilan. Karena itu selalu kontrol secara rutin kondisi kesehatan Anda dan janin.

Itulah beberapa kondisi yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan ibu hamil. Pastikan agar Anda selalu berusaha menjaga kesehatan Anda setiap hari secara rutin dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -