Selasa, Mei 17, 2022
BerandaTeknologiAplikasiGanti Nomor WhatsApp di HP Android dan iPhone, Ikuti Cara Ini

Ganti Nomor WhatsApp di HP Android dan iPhone, Ikuti Cara Ini

Ganti nomor WhatsApp dapat dilakukan tanpa menghapus akun. WhatsApp memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk memindahkan informasi akun, mulai dari nama, foto profil, info, chat grup, chat pribadi, dan setelan nomor telepon lama ke baru.

Mengganti nomor telepon WhatsApp memungkinkan semua orang tidak akan melihat nomor lama Anda kembali pada kontak mereka. Namun Anda tak perlu menghapus akun Anda untuk memiliki nomor terbaru.

Baca Juga: Cara Membuka WhatsApp Web di HP Android, Gunakan Jalur Praktis!

Cara Ganti Nomor WhatsApp di HP

Pada dasarnya, penggantian nomor WhatsApp penting diketahui semua kotak yang ada di telepon Anda. Anda bisa memberitahukan kontak penggantian nomor baru atau tidak. Namun untuk tetap terhubung dengan kontak pengguna, sebaiknya mengkonfirmasi kepada kontak mengenai nomor baru sebelum menggantinya.

Hal yang perlu diingat, jika Anda berencana mengganti nomor WhatsApp, maka gunakan telepon yang sama untuk nomor yang baru. Kemudian Anda bisa menggunakan fitur ganti nomor yang baru.

Mengganti Nomor di HP Android

Sebelum melakukan penggantian, sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut. Pertama, Anda pastikan terlebih dahulu nomor telepon baru apakah dapat menerima SMS atau terhubung ke internet. Selain itu, pastikan nomor yang baru sudah terverifikasi di HP Android Anda.

Kemudian Anda lakukan pengecekan dengan membuka WhatsApp. Untuk langkah selanjutnya, Anda perlu memilih tombol menu dengan simbol ikon titik tiga pada pojok kanan atas.

Lalu masuk ke Setelan dan ketuk foto profil. Jika Anda telah memastikannya, maka Anda tinggal mengganti nomor WhatsApp di Android dengan memasukkan kartu SIM baru ke HP. Jika Anda memiliki ponsel dengan kartu SIM ganda, maka hal ini akan lebih mudah.

Selanjutnya, Anda buka aplikasi WhatsApp dan pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas. Untuk ganti nomor WhatsApp, Anda masuk ke Setelan. Kemudian klik Akun dan pilih Ganti Nomor.

Baca Juga: ColorOS 12 Android 12 Global Version Resmi Meluncur, Intip Informasinya

Di sini Anda bisa memasukkan nomor telepon lama di kotak atas dan masukkan nomor telepon baru di kotak bagian bawah. Pastikan nomor yang Anda masukkan sudah benar, maka lanjutkan ketuk Berikutnya.

Opsi Memberitahukan Ganti Nomor WhatsApp

Anda akan diminta memilih antara dua opsi yakni beri tahu kontak saya untuk menginformasikan ganti nomor WhatsApp ke seluruh kontak yang ada pada HP Android Anda.

Sedangkan khusus, pilihan ini untuk menginformasikan perubahan nomor ke kontak tertentu yang ingin Anda berikan informasi perubahan nomor. Jika sudah menentukan pilihan, maka pilih selesai. Nah terakhir, verifikasi nomor telepon baru.

Apabila Anda ingin mentransfer riwayat chat, maka Anda perlu membuat cadangan Google Drive di telepon lama. Hal ini memungkinkan Anda mentransfer cadangan secara manual.

Mengganti Nomor di HP iPhone

Untuk pengguna iPhone, melakukan ganti nomor WhatsApp bisa dengan memasukkan kartu SIM nomor baru ke HP pengguna. Setelah itu, Anda buka pengaturan WhatsApp, lalu klik Akun dan pilih Ganti Nomor. Jangan lupa untuk klik Lanjut.

Setelah itu, masukkan nomor telepon lama di bagian pertama dan nomor telepon baru di bagian kedua. Namun Anda perlu memastikan nomor lama dan baru dalam format internasional dengan kode negara. Kemudian klik Lanjut.

Seperti penggantian nomor di Android, pada iPhone Anda juga perlu memilih mana yang harus Anda nyalakan.

Baca Juga: Cara Restart iPhone Saat Bermasalah Paling Tepat dan Lengkap

Pertama, menyalakan beri tahu kontak saya, maka Anda dapat menentukan pilihan untuk memberitahukan ke seluruh kontak atau memilih khusus. Setelah itu, klik Selesai.

Chat grup Anda secara otomatis muncul informasi ketika pengguna ganti nomor WhatsApp. Pengguna perlu mendaftarkan nomor telepon baru.

Sementara untuk mentransfer riwayat chat, maka Anda perlu membuat cadangan iCloud atau komputer pada telepon lama.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi situs web dukungan Apple untuk memberikan informasi lengkap dalam memulihkan cadangan.

Anda bisa menggunakan telepon baru dengan menginstall WhatsApp, lalu daftarkan kembali nomor baru pengguna dan pulihkan cadangan. Ganti nomor WhatsApp di HP akan semakin mudah jika Anda mengetahui cara tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -