Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruGanti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Ganti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Ganti velg mobil tidak bisa sembarangan. Sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal untuk membuat kendaraan tetap nyaman saat digunakan.

Mobil tentu memiliki banyak sekali komponen penting untuk bisa memaksimalkan kinerjanya. Salah satu komponen penting pada jenis kendaraan ini yaitu velg.

Karena velg memiliki peran yang cukup penting sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan secara tepat. Bahkan Anda bisa melakukan penggantian ketika sudah waktunya.

Sayangnya saat ini sudah banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi pada mobil. Salah satunya pada bagian velg. Sebelum menggantinya sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal.

Mulai dari bahan, ukuran dan faktor keamanan. Pada pemilihan velg pastikan juga sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi medan yang biasa dilalui.

Tidak ada salahnya mengganti velg mobil agar tampilan kendaraan lebih oke. Bahkan performanya juga semakin tangguh. Agar bisa mendapatkan yang tepat ganti velg mobil tidak bisa sembarangan.

Baca Juga : Velg Mobil Panas dan Bagaimana Mengatasinya Secara Tepat

Tips Sebelum Memutuskan Ganti Velg Mobil

Mengganti velg mobil tidak bisa sembarangan. Apalagi saat ini velg menjadi salah satu komponen yang banyak dimodifikasi. Sehingga ukuran dan tampilannya cukup beragam.

Namun karena penggantian velg tidak bisa sembarangan pastikan Anda bisa menggunakan tips yang tepat. Untuk kenyamanan dan keamanan berkendara mengganti ban dan pelek adalah hal yang penting.

Namun sebelum memutuskan untuk menggantinya perhatikan tips tepat ganti velg mobil berikut ini.

Desain dan Modelnya

Tips ganti velg mobil yang pertama yaitu menentukan desain dan model yang tepat. Anda bisa sesuaikan keduanya dari kebutuhan mobil setiap harinya. Ada banyak sekali rekomendasi desain velg yang beredar di pasaran.

Misalnya dari jenis luxury, off-road, sporty dan touring. Sedangkan untuk modelnya yaitu berbentuk satu bagian hingga tiga bagian. Untuk model satu bagian atau one price biasanya akan lebih tahan lama.

Baca Juga : Kelebihan Velg Racing Mobil Beserta Kekurangannya

Sebab model velg yang satu ini dirancang dalam bentuk kesatuan utuh. Namun pada umumnya memiliki bobot lebih berat.

Sedangkan untuk model tiga bagian atau three pieces unggul pada bagian komponen pengganti. Memilih model velg yang tepat juga akan berpengaruh pada gaya mobil Anda.

Lebar

Pada bagian selanjutnya sebelum Anda ganti velg mobil yaitu perhatikan lebarnya. Semakin besar ukuran velg maka lebarnya juga akan mengikuti.

Jika velg semakin lebar area cengkraman ban juga semakin besar. Hal ini akan membantu meningkatkan body roll dan gejala under street kendaraan itu sendiri.

Bahan

Ganti velg mobil tidak bisa sembarangan. Hal utama yang juga harus Anda perhatikan yaitu bahan velg. Ada banyak material pembuatan velg yang dijual di pasaran.

Baca Juga : Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya komponen mobil yang satu ini terbuat dari jenis logam ringan. Misalnya dari baja billet, magnesium atau paduan logam. Sebagian bahan velg memiliki bobot lebih ringan dari bahan baja.

Adapun keunggulan dari velg bahan ringan yaitu mengurangi bobot keseluruhan mobil. Sehingga akan berpengaruh pada kinerja mesin yang tidak terlalu berat.

Mengetahui Risiko Melakukan Modifikasi

Saat ini modifikasi kendaraan memang sedang trend. Bahkan untuk modifikasi velg mobil sekalipun. Untuk itu, sebelum melakukannya Anda tahu bagaimana tips memilihnya.

Jika Anda ingin mengganti ukuran velg menjadi lebih besar ketahui risikonya. Semakin tipis ban tentu defleksinya juga akan semakin kecil. Hal ini akan mengurangi kenyamanan Anda, bahkan juga memperpendek umur kaki mobil.

Pilih Toko Terpercaya

Banyaknya penyedia velg mobil tentu sehingga Anda harus lebih cermat dalam memilih. Pastikan memilih toko terpercaya karena tidak akan mengurangi kualitas velg yang dibutuhkan.

Kualitas Velg

Selain model, desain dan bahan pastikan kualitas velg terbaik. Ada banyak model velg dan Anda harus bisa memilih kualitasnya sendiri. Sehingga pemakaian velg akan cukup lama.

Perhatikan Pitch Circle Diameter (PCD)

Pada tips selanjutnya pastikan memberikan perbaikan lebih.Salah satunya Pitch Circle Diameter (PCD). Sebaiknya Anda tahu ukuran velg yang tepat.

Untuk spesifikasinya bisa Anda lihat sendiri pada bagian velg. Misalnya pada velg terlihat 4×100 maka tandanya terdiri dari 4 lubang pada ukuran PCD dan 4 lubang dengan PCD 100 mm.

Modifikasi velg bisa saja Anda lakukan. Namun sebelum melakukannya perhatikan penjelasan tentang apa yang perlu Anda perhatikan sebelum ganti velg mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Eva