Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruGejala Gangguan Ginjal, Kenali Sejak Awal Sebelum Parah

Gejala Gangguan Ginjal, Kenali Sejak Awal Sebelum Parah

Mengenal gejala gangguan ginjal sejak awal sangat penting untuk mencegah kondisinya menjadi semakin parah. Apalagi fungsi ginjal sangat penting dalam menjaga beragam fungsi organ tubuh lainnya.

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang sangat vital karena fungsinya yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring dan membuang limbah seperti garam berlebih, urea dan racun.

Terganggunya fungsi ginjal bisa terjadi karena banyak faktor. Seperti gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya asupan air putih untuk tubuh, hingga karena adanya pengaruh dari suatu penyakit tertentu.

Orang yang mengalami gangguan ginjal sebenarnya lumrah terjadi. Namun dengan mengenali berbagai tanda atau ciri gangguan pada fungsi ginjal yang kita rasakan sangat penting untuk mencegah kondisi menjadi parah.

Baca Juga: Gangguan pada Ginjal Akan Picu Penyakit Berbahaya, Waspadalah!

Ragam Gejala Gangguan Ginjal

Sangat penting mengenal apa saja tanda atau ciri yang kita alami dan rasakan saat ginjal mengalami gangguan. Nah, berikut sejumlah gejala gangguan ginjal yang sebaiknya Anda waspadai. Segera konsultasikan dengan dokter saat Anda mengalaminya.

Mudah Merasa Lelah

Tanda adanya gangguan pada fungsi ginjal yang pertama adalah mudah merasa lelah. Hal ini terjadi karena fungsi ginjal yang mengalami penurunan dan mengakibatkan terjadinya penumpukan racun dan kotoran dalam darah.

KOndisi ini akan mengakibatkan tubuh terasa mudah lemah, lelah, dan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Kondisi ini pada beberapa kasus menyebabkan terjadinya anemia dan membuat tubuh sering terasa lemas dan lunglai.

Nafsu Makan Yang Menurun

Menurunnya nafsu makan yang kerap terjadi juga bisa menjadi salah satu gejala gangguan ginjal yang perlu kita kenali sejak awal.

Penurunan nafsu makan menjadi salah satu tanda yang cukup umum yang banyak terjadi. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penumpukan racun dalam tubuh.

Kulit Kering dan Gatal

Kulit yang kering dan gatal tiba-tiba terkadang bukan menjadi suatu indikasi adanya penyakit kulit. Bahkan orang yang mengalami gagal ginjal stadium lanjut akan mengalami ciri atau tanda ini.

Kulit kering atau gatal yang sering terjadi pada penderita gagal ginjal juga perlu kita waspadai. Hal ini bisa terjadi sebagai suatu tanda bahwa ginjal sudah tidak lagi mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal, Anak Muda Sering Melakukannya

Pembengkakan Pergelangan Tangan dan Kaki

Kondisi retensi natrium bisa terjadi karena fungsi ginjal yang menurun. Kondisi ini bisa berpotensi menimbulkan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang paling rentan mengalami pembengkakan antara lain pada bagian kaki, tangan, lengan, dan wajah. Karena segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan gejala gangguan ginjal ini belum parah.

Keluar Darah Ketika Buang Air Kecil

Fungsi ginjal bagi tubuh manusia salah satunya adalah memisahkan limbah yang sudah tidak berfungsi dari darah. Kemudian limbah tersebut akan keluar dari tubuh dalam bentuk urin.

Ketika penurunan fungsi ginjal terjadi, hal tersebut membuat darah pada akhirnya akan tercampur ke dalam urin.

Selain menandakan adanya kegagalan fungsi ginjal atau ginjal yang bermasalah, kondisi kencing yang berdarah juga bisa menjadi indikasi penyakit lain, Hal ini seperti terjadi pada penyakit batu ginjal ataupun infeksi.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat Pesat

Ada baiknya agar Anda waspada terhadap kebiasaan meningkatnya frekuensi buang air kecil khususnya pada malam hari. Kondisi semacam itu menjadi salah satu gejala gangguan ginjal.

Oleh sebab itu segera lakukan pemeriksaan jika kondisi ini terjadi pada diri Anda bahkan sampai mengganggu waktu tidur Anda.

Peningkatan frekuensi buang air kecil juga bisa karena adanya faktor lain. Antara lain seperti infeksi saluran kemih atau terjadinya pembesaran prostat yang terjadi pada pria.

Urine Berbusa

Menurut National Kidney Foundation, busa yang terdapat pada urine menjadi suatu tanda fungsi ginjal yang mengalami gangguan. Busa yang muncul saat buang air kecil menjadi suatu tanda bahwa terdapat protein dalam urine.

Protein yang biasa kita temukan dengan mudah dalam urine adalah albumin. Ini merupakan suatu protein yang bisa kita temukan juga pada telur. Jika protein dalam urine berlebih mengakibatkan urine berbusa.

Itulah sejumlah gejala gangguan ginjal yang harus kita waspadai. Jika Anda merasa mengalami salah satu dari tanda tersebut bisa jadi ginjal Anda sedang terganggu. Segera cek ke dokter untuk mengetahui status kesehatan Anda. (R10/HR Online)

- Advertisment -