Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruGoogle Pixel 6 Pro Baru Saja Rilis, Pakai Chipset Buatan Sendiri

Google Pixel 6 Pro Baru Saja Rilis, Pakai Chipset Buatan Sendiri

Smartphone Google Pixel 6 Pro baru saja rilis pada Kamis (28/10/2021). Ponsel pintar buatan Google ini membawa beberapa peningkatan dari seri sebelumnya.

Peningkatan tersebut mulai dari performa, fotografi sampai kecerdasan buatan yang terpasang pada perangkat tersebut.

Baca Juga : Energizer Hard Case G5, HP dengan Spesifikasi Lebih dari Rata-rata

Sehingga dengan spesifikasi dan fitur yang meningkat tersebut, maka tentunya ponsel cerdas Pixel 6 Pro ini akan lebih mumpuni.

Spesifikasi dan Harga Smartphone Google Pixel 6 Pro

Bukan hanya varian Pro, Google juga meluncurkan varian lainnya yang lebih standar. Varian terbaru yang berbarengan rilis tersebut adalah Pixel 6.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki atau meminang HP Pixel 6 Pro ini, berikut ulasan dari spesifikasi dan harganya.

Gunakan Chipset Sendiri

Berbeda dengan smartphone lainnya yang kebanyakan membawa chipset besutan Qualcomm yang terkenal atau MediaTek, namun untuk HP Google Pixel 6 Pro ini malah memasang ‘otak’ buatan sendiri.

Mengutip dari GSM Arena, Kamis (28/10/2021), ponsel pintar ini menggunakan prosesor Google Tensor dengan fabrikasi 5 nm.

Sebagai informasi, bahwa inspirasi dari nama Tensor tersebut adalah dari hardware atau perangkat keras machine learning.

Google mengklaim bahwa dengan chipset tersebut, maka performa dari CPU maupun GPU akan lebih kuat.

Setidaknya, menurut Google bahwa CPU akan lebih cepat 80 persen dari seri sebelumnya. Sedangkan untuk GPU lebih cepat 370 persen dari Pixel 5.

RAM dan ROM Besar

Selain membawa chipset buatan sendiri, smartphone Google Pixel 6 Pro juga memiliki RAM dan internal memori (ROM) dengan kapasitas besar.

Google membekali ponsel terbarunya itu dengan RAM berkapasitas 12 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Kemudian, RAM 12 GB dan ROM 256 GB, dan varian paling tinggi RAM 12 GB dan ROM 512 GB.

Baca Juga : Nokia 6310 Reborn, Ponsel Jadul yang Tahan Banting

Sehingga dengan perpaduan antara chipset dan RAM serta ROM tersebut, maka performa dari Pixel 6 Pro ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

Layar dan Desain

Sementara untuk layarnya, smartphone Google Pixel 6 Pro memiliki ukuran yang lega yaitu 6,71 inci. Layarnya tersebut juga beresolusi tinggi, sampai 1440 x 3120 piksel dengan aspek rasio 19.5:9.

Kelebihan lain dari layar yang terpasang tersebut, panel menggunakan LPTO AMOLED, refresh rate 120Hz, fitur HDR10+.

Sehingga berkat adanya spek dan fitur tersebut, maka layar dari Pixel 6 Pro lebih jernih, jelas, makin responsive.

Selain itu, untuk proteksi layar dari goresan dan sejenisnya, menggunakan Corning Gorilla Glass Victus. Bukan hanya bagian depan saja, namun proteksi itu juga tersemat pada bodi belakang.

Baca Juga : HP Nokia C30 Meluncur, Harga Rp 2 Jutaan dengan Baterai Besar

Sedangkan pada sisi desain, smartphone Google Pixel 6 Pro terlihat kokoh dan trendi. Terlebih dibalut oleh warna Sorta Sunny, Cloudy White dan Stormy Black.

Pada posisi kamera belakang berdesain memanjang atau horizontal. Letak kamera tersebut menjadi pemisah dari warna.

Ponsel pintar Pixel 6 Pro ini memiliki dimensi ukuran 163.9 x 75.9 x 8.9 mm, dengan berat mencapai 210 gram.

Kelebihan lainnya adalah sudah memiliki sertifikat IP68. Sehingga, smartphone tersebut tahan terhadap debu dan percikan air. Bahkan, masih bisa bertahan dalam air pada kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Kamera Beresolusi Tinggi

Tidak berbeda dengan smartphone flagship lainnya, untuk Google Pixel 6 Pro ini juga membawa kamera dengan resolusi dan kualitas yang mumpuni.

Seperti pada bagian belakang terpasang 3 kamera, yang masing-masing resolusinya 50 MP bukaan f/1.9 (wide). Kamera utama ini memiliki fitur omnidirectional PDAF, Laser AF, dan OIS.

Kemudian, kamera kedua berkekuatan 48 MP dengan aperture f/3.5 (telephoto), dan bisa melakukan 4x optical zoom. Dan terakhir 12 MP sebagai lensa ultrawide yang bisa mengambil sudut pandang 114 derajat.

Sedangkan pada bagian depan terpasang satu lensa dengan resolusi 11.1 MP, bukaan f/2.2 (ultrawide). Sama seperti bagian belakang, kamera selfie ini juga bisa merekam video sampai resolusi [email protected]

Baterai Kapasitas Besar

Kelebihan lain dari smartphone Google Pixel 6 Pro adalah dari sisi daya baterainya. Ponsel ini mengemas baterai berkapasitas yang tidak main-main, yaitu sampai 5003 mAh.

Pihak Google sendiri mengklaim bahwa daya tahan dari baterai yang terpasang pada seri terbarunya ini, mampu bertahan sampai 48 jam dalam keadaan mode Extreme Battery Saver.

Selain itu juga tersedia fitur pengisian cepat 30W, yang bisa mengisi daya baterai sampai 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Kemudian, fitur fast wireless charging 23W, Reverse wireless charging dan juga USB Power Delivery 3.0.

Sehingga, dengan spesifikasi yang menjadi kelebihan dari Google Pixel 6 Pro, maka tidak salah jika harganya saat ini berbanderol kisaran 12,7 jutaan. (R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto