Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita BisnisGreen House Hidroponik, Ini Ragam Desain untuk Usaha Rumahan

Green House Hidroponik, Ini Ragam Desain untuk Usaha Rumahan

Green house hidroponik merupakan suatu rumah hijau yang seringkali menjadi tempat bagi budidaya tanaman hidroponik. Tren kembali ke alam membuat banyak orang yang lebih menyukai hasil budidaya dari teknik hidroponik ini.

Konsep rumah hijau yang biasanya kita gunakan untuk menanam tanaman hidroponik memang sedang menjadi tren dalam dunia pertanian. Padahal teknik bertanam semacam ini sudah cukup lama ada dan berkembang.

Sayuran yang tumbuh dalam teknik budidaya ini memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini karena tanaman mendapatkan siraman sinar matahari yang cukup dan tumbuh pada lahan hidroponik yang terkelola dengan baik.

Desain Green House Hidroponik

Ada banyak desain yang bisa kita buat untuk budidaya tanaman hidroponik. Lantas seperti apa saja ragam desain green house hidroponik yang bagus, kita akan membahasnya untuk Anda!

Desain Piggyback

Piggyback merupakan desain green house yang cocok kita pakai untuk lingkungan dengan iklim tropis. Menanam tanaman hidroponik dengan konsep green house semacam ini juga cocok.

Baca Juga : Sistem Tanaman Hidroponik, Keuntungan dan Media Tanamnya

Apalagi jika Anda ingin memiliki tanaman hidroponik di halaman yang luas. Desain piggyback jika kita lihat dari desainnya tampak menyerupai rumah, namun ventilasinya pada bagian dinding dan atapnya transparan.

Untuk bagian atap tersebut bisa kita biarkan terbuka sedikit sebagai bentuk ventilasi utamanya. Ventilasi tersebut nantinya akan kita jadikan sebagai tempat pertukaran udara, dan penting juga untuk menjaga kelembaban suhu dalam area green house.

Desain Multispan

Multispan adalah perpaduan bentuk green house hidroponik yang memadukan antara desain piggyback dan tunnel.

Bagi Anda yang belum tahu green house tunnel, konsep green house ini berbentuk dinding dan atapnya menyatu serta berbentuk melengkung setengah lingkaran seperti kubah.

Biasanya desain ini umum kita temukan sebagai media tanam pada daerah bukit. Namun desain ini sebenarnya kurang cocok untuk kita jadikan green house tanaman hidroponik.

Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik, Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Lain halnya jika Anda memadukan antara desain tunnel dan piggyback menjadi desain multispan yang lebih fungsional. Jadi konsep atapnya kita buat seperti desain tunnel yaitu melengkung setengah lingkaran.

Sementara bagian dindingnya seperti piggyback dengan model transparan. Kesan desain ini akan tampak sangat ergonomis yang akan Anda dapatkan dari desain yang satu ini.

Desain Hoop House

Hoop house merupakan desain green house hidroponik dengan bentuk setengah lingkaran. Untuk membangunnya relatif cukup mudah. Bahkan desainnya hanya menggunakan plastik dengan penutup yang tebal.

Manfaat desain hoop house ini sangat banyak dan konsepnya sederhana. Membangun green house dengan konsep hoop house ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan. Berikut manfaat yang akan Anda terima dari bentuk ini.

  • Biaya lebih sedikit
  • Ukuran rumah kaca dapat disesuaikan
  • Cocok untuk iklim sub tropis dan tropis

Meski demikian, pada desain tipe ini Anda perlu mengeluarkan tenaga yang lebih guna mengatur suhu dingin dan panas.

Baca Juga : Membuat Media Tanam Sayuran dalam Polybag yang Mudah dan Praktis

Desain Gothic

Bentuk atap desain greenhouse hidroponik ini sekilas menyerupai atap bangunan notre dame yang dibuat melengkung dan runcing di bagian atas.

Jika Anda tertarik membangun green house sederhana namun terlihat tetap unik, ide arsitektur bergaya gothic ini bisa Anda lakukan.

Saat ini ada banyak kebun raya yang memiliki green house dengan desain gothic. Desain ini memang memungkinkan bagi mereka untuk membuat ruangan yang lebih besar dan tinggi tanpa perlu adanya perluasan lebar.

Desain Lean to Greenhouse

Jika ingin memiliki green house untuk tanaman hidroponik namun tidak memiliki lahan besar, maka lean to greenhouse sangat cocok menjadi desain yang Anda pilih.

Ada banyak orang saat ini memanfaatkan desain yang satu ini. Hal ini karena memungkinkan bagi siapa pun menempelkan struktur langsung ke rumah, untuk mendapatkan akses yang jauh lebih mudah.

Pintu masuknya pun kita buat menyambung dengan dinding rumah utama kita. Desain konsep yang matang juga penting dalam membangun green house.

Mulai dari izin pembangunan, material, rincian biaya sampai dengan jenis tanamannya pun bisa Anda pilih.

Itulah berbagai ide green house hidroponik yang bisa menjadi ide andalan Anda yang ingin menjalankan teknik budidaya tanaman ini. Anda juga bisa berkreasi dengan menyesuaikan desain yang ada dengan kondisi lingkungan Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -