Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruHadits Tentang Zalim, Jadi Peringatan Bagi Manusia Semasa Hidupnya

Hadits Tentang Zalim, Jadi Peringatan Bagi Manusia Semasa Hidupnya

Hadits tentang zalim sudah seharusnya menjadi peringatan untuk kita supaya tidak melakukan hal tercela tersebut.

Pasalnya kedudukan dari Hadits sendiri sangat tinggi sebagai sumber hukum utama dalam Islam setelah Al-Quran. Berarti sudah seharusnya kita menjadikan Hadits sebagai peraturan yang akan mengatur kehidupan kita.

Islam merupakan agama yang sempurna, penuh dengan keadilan dan semua yang menganut ajaran tersebut akan terhindar dari kezaliman.

Oleh sebab itu juga, Islam juga memberikan perintah kepada untuk tetap berbuat adil juga memberikan larangan kepada yang melakukannya.

Namun, sekarang ini masih banyak kita temui orang yang masih mau melakukan hal yang demikian. Padahal, mereka itu Islam. Lantas bagaimana? Apakah mereka tidak menganut ajaran yang sama?

Tentu saja, semua orang Islam itu menjadikan Al-Quran dan Hadits sebagai aturan dalam kehidupan. Seharusnya, mereka juga tidak melakukannya. Jika masih ada yang melakukannya, sudah pasti mereka tidak menaati ajaran dari Allah SWT.

baca juga: Hadits Tentang Menutupi Aib Orang Lain Peringatan untuk Umat Islam

Hadits Tentang Zalim yang Menjadi Peringatan

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya, bahwa zalim adalah anjuran dalam agama Islam.

Untuk itu, jangan sampai kita melakukannya. Pasalnya, semua yang kita lakukan itu pasti akan ada pertanggung jawabannya. Allah itu adil, hakim yang paling adil.

Zalim atau Az-Zhulmu memiliki arti, meletakkan sesuatu kepada yang bukan menjadi tempatnya. الظُّلْمُ: و ضْع الشيء في غير مو ضعه. Artinya adalah, “Az-Ahulmu adalah meletakan sesuatu yang bukan pada tempatnya”.

Akan tetapi, secara istilah, zalim mempunyai arti melakukan sesuatu yang melenceng jauh dari kebenaran, baik itu kurang maupun melebihkan.

Dalam Hadits riwayat muslim menjelaskan bahwa, Allah SWT sudah berfirman: Wahai hamba-Ku, sungguh Aku itu mengharamkan kezaliman terhadap diri-Ku. Aku haramkan juga kezaliman untuk kalian. Oleh sebab itu jangan pernah kalian melakukan perbuatan tersebut.

Selain itu Hadits tentang zalim yang selanjutnya adalah, terdapat dalam Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, “Jauhilah kezaliman, karena sesungguhnya zalim hanya akan menjadi kegelapan saat hari kiamat”.

Kedua Hadits tersebut sudah mengajarkan kepada kita, untuk tidak melakukan perbuatan tidak terpuji dan merugikan banyak orang tersebut.

Allah yang sudah menciptakan semua yang ada di bumi dan langit saja sudah mengharamkannya. Jadi, kita tidak punya alasan lagi untuk tetap melakukannya.

Selain itu, perbuatan tersebut juga akan memberikan kegelapan ketika hari kiamat nanti tiba. Jangan hanya karena zalim, lantas kita menjadi penghuni neraka. Sungguh itu adalah hal yang sangat merugikan bukan?

Mungkin Anda untung ketika di dunia. Namun, jangan menganggap Anda akan selamat dari semua yang sudah menjadi ketetapan Allah. Karena itu tidak akan mungkin, Allah itu Hakim yang paling Adil.

baca juga: Hadits Larangan Mengambil Hak Orang Lain, Harus Kita Jauhi!

Hadits Riwayat Muslim No 2564

Bukan hanya itu saja Hadits tentang zalim. Akan tetapi terdapat juga Hadits yang lainnya yang menjelaskan mengenai hal tersebut.

Seperti halnya dalam Hadits riwayat Muslim nomor 2564. Seorang muslim itu merupakan saudara bagi muslim yang lainnya. Maka, janganlah kalian itu menzaliminya serta jangan juga menelantarkannya.

baca juga: Hadits Larangan Meminta-Minta dalam Islam yang Ternyata Haram

Dampak Perbuatan yang Merugikan

Karena bukan perbuatan saja yang Islam anjurkan, akan tetapi juga mempertimbangkan akibatnya yang akan kita terima nantinya.

Jika dalam Hadits bagian atas dampaknya membuat kita mendapatkan kegelapan saat hari kiamat tiba, maka perlu Anda ketahui bahwa doa yang terzalimi Allah akan kabulkan, tepat pada saat itu juga.

Mengapa demikian? Karena doa mereka tidak ada penghalangnya.

Tidak hanya itu saja, melainkan kita nantinya juga akan mendapatkan qishash, balasan yang sama dengan apa yang sudah kita lakukan. Nantinya juga Allah SWT akan melaknat pelaku zalim.

Supaya kita terhindar dari semua akibat tersebut, mari bersama mengamalkan Hadits tentang zalim tersebut dan menjadikan Hadits tersebut sebagai rem atau peringatan dalam kehidupan kita.

Dengan adanya Hadits yang terakhir tersebut juga kembali mempertegas perbuatan merugikan yang lainnya itu adalah tidak boleh atau terlarang.

Nah, bisa kita katakan mereka yang muslim masih melakukan perbuatan tercela tersebut mereka hanya sebatas Islam saja, atau bisa hanya Islam KTP saja, tidak dengan hati dan perbuatannya.

Karena pada dasarnya, sesama muslim itu adalah saudara. Tidak seharusnya melakukan hal yang demikian kepada saudaranya sendiri.

Seharusnya juga, mereka tidak tega menyakiti atau merugikan saudaranya sendiri. Tidak hanya Islam KTP saja, tetapi mereka juga tidak mengenal Tuhan yang dekatnya hanya seurat nadi saja.

Dengan demikian, penting sekali mengetahui, memahami serta mengamalkan Hadits tentang zalim ini. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -